Liburan Pasca Coronavirus, Simak Panduan Menginap Hotel Mewah yang Aman selama New Normal

Tak bisa dipungkiri, Virus Corona sudah mengubah tatanan kehidupan baru seluruh masyarakat di dunia. Tak terkecuali, di sektor pariwisata. Hotel dan resort mewah yang menerima berbagai macam tamu dari penjuru bumi, mulai mempersiapkan diri dengan prosedur keamanan dan keselamatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Layanan Pemeriksaan Kesehatan Virtual

CDC atau Badan Pengawas Penyakit Amerika, merilis pedoman kesehatan termasuk untuk hotel. Panduan ini membuat banyak hotel dan resort bekerjasama dengan klinik kesehatan atau rumah sakit terkemuka untuk memberikan layanan perawatan virtual pada para tamu hotel.

 

Shuttle Bus Pribadi

Bagi mereka yang bertekad untuk liburan ke luar negeri, setelah setibanya di Bandara, tentunya Anda ingin segera dijemput atau diantar oleh bus menuju ke hotel/ resort.

Resort mewah yang tetap buka pada situasi pandemi ini menawarkan pengantaran dengan bus pribadi dari bandara. Bahkan, ada juga resort mewah yang menawarkan layanan antar-jemput memakai helicopter. Seperti hotel dan resort mewah yang ada di Pulau Utara, Seychelles. Semua unit sudah disteril dan disemprot disinfektan.

 

Minim Kontak Langsung

Begitu sampai di resort, para tamu akan dipersilakan check-in tanpa harus berkontak fisik dengan resepsionis.

Misalnya, seperti The Ocean Club, Four Seasons Resort, yang dibuka kembali pada bulan Mei, menawarkan check-in tanpa kontak melalui aplikasi Four Seasons. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk berkomunikasi dengan staf hotel tanpa harus menggunakan telepon di kamar atau membuat kontak pribadi.

Selain itu, hotel lain yang menawarkan opsi check-in dan checkout tanpa kontak adalah The Roundtree, Amagansett, yang akan dibuka kembali pada 1 Juni.

Eh, jangan salah! Resort mewah ini bukan di luar negeri. Tapi, di Pulau Dewata, Bali. Sebelum masuk, para tamu akan dicek suhu badannya. Kemudianpara tamu di The Roundtree, serta di Mulia Villas Bali, akan diperiksa pada saat kedatangan dengan thermometer scan. Di Mulia Villas Bali, koper yang tiba juga akan dibersihkan dengan disinfektan sebelum memasuki hotel.

 

Baca juga:

Hotel Murah Terbaik Lisbon, Dilengkapi Kolam Renang Rooftop dan Bar 24 Jam

 

Ruang dan Aktivitas Publik

Tak seperti dulu yang lebih leluasa, pasca virus corona menyerang, kemungkinan besar ruang publik terutama yang menciptakan kerumunan orang akan diawasi dengan ketat.

Setiap sudut, akan ditempatkan hand sanitizer serta tempat mencuci tangan. Perabotan dan dekorasi hotel juga akan dikurangi agar menciptakan ruang gerak yang lebih luas bagi para tamu. Sehingga, dapat mendukung physical distancing yang lebih memadai.

Area lalu lintas tinggi dan peralatan rekreasi, yang biasanya disanitasi pada malam hari ketika tidak ada orang di sekitar, akan dibersihkan secara rutin sepanjang hari (pagi, siang, sore dan malam).

Bahkan, saat ini sebuah resort yang ada di Paws Up, misalnya. Hanya menawarkan aktivitas tertentu saja. Mereka masih menutup kegiatan liburan lura ruangan seperti rafting maupun rappelling.

 

Restoran dan Layanan Kamar

Salah satu manfaat utama yang dihadirkan oleh banyak hotel dan resort saat ini adalah bermacam-macam makanan untuk para tamu. Namun, sepertinya kondisi yang mengharuskan physical distancing akan membuat resort dan hotel menata ulang tempat makan di restoran hotel.

Restoran akan ditempatkan di luar ruangan seperti taman atau bahkan teras / roof top hotel yang bisa menampung lebih banyak orang dengan tetap menjaga jarak antar kursi pengunjung sekitar 1 meter.

Hotel dan resort juga menyediakan layanan pengantaran makanan ke dalam kamar hotel agar mengurangi kontak fisik antar tamu. Termasuk, para staf menggunakan sarung tangan dan face shield secara ketat.

Selain itu, ada juga beberapa resort yang membungkus makanan dalam bentuk paket- paket agar lebih steril. Para tamu nantinya bisa memesan langsung via aplikasi ponsel agar tidak perlu bertatap langsung atau kontak fisik dengan staf hotel.

Beberapa barang yang biasanya ada di atas meja, seperti garam dan merica, sekarang juga akan disediakan hanya bila diminta tamu.

 

Secara keseluruhan, protokol kesehatan dan keselamatan baru masih diusulkan dan diuji di berbagai resort dan hotel seluruh dunia. Namun, satu hal yang pasti: Anda masih bisa berlibur selama situasi New Normal ini dengan menerapkan standar kesehatan yang ketat. Bagaimana, siap berlibur untuk menyambut situasi New Normal ini?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.