Liburan Longtrip Akhir Tahun, Ide Segar di Tengah Pandemi

Meskipun pemerintah telah memutuskan untuk memangkas durasi liburan akhir tahun 2020, yang awalnya berjumlah total 11 hari menjadi 8 hari dengan dua periode terpisah bukan berarti kamu tidak jadi liburan lho.

Kamu bisa lho memanfaatkan periode liburan ini dengan naik kendaraan pribadi sehingga mengurangi kemungkinan bertemu dengan orang asing selain rombongan.

 

Nah kamu bisa lho memanfaatkan dengan road trip ke Jawa Barat ataupun langsung nyebrang ke Pulau Sebelah tepatnya di Lampung. Berikut road trip ke Jawa Barat

 

Road Trip ke Jawa Barat

Mulai lah dengan mengunjungi Kota Bogor, sempatkan untuk sarapan di Surya Kencana, Jalan-jalan di kebun Raya Bogor ataupun mengunjungi enam museum di sekitar Kebun Raya Bogor.

Nah, untuk menginap pilihlah camping ground area Sentul, karena di hari berikutnya kamu bisa berwisata di sekitar Sentul yakni Trekking ke tiga curug yang ada di Sentul.

Yaitu Curug Ciburial, Curug Kembar dan Curug Hordeng.kalau kamu kelaparan tinggal ke Pasar Ah Poong, lanjutkan perjalananmu yakni ke Purwakarta dan beristirahat untuk melepas lelah.

 

Nah besok paginya, kamu bisa memulai hari dengan sarapan Sate Maranggi spesial di Sate Maranggi Haji Yetty. Setelah kenyang lanjut untuk mencari spot foto cantik di Tebing Boyer, sambil melihat alam dari ketinggian di Bukit Panenjoan.

Makan malam di Saung Manglid yang sudah terkenal dengan makanan yang memiliki tema tempat duduk yang berbeda.

Bisa juga kamu bercocok tanam atau memetik buah dan sayur di Saung Manglid ini. Dari Purwakarta, bisa melanjutkan perjalanan ke arah Bandung dengan masuk melalui jalur Subang dan Lembang.

 

Tempat Menginap

Sesampainya di Lembang, gunakan waktu sebaik mungkin untuk beristirahat di Sari Ater Hotel & Resort, dimana kamu bisa sekalian berendam di kolam air panas untuk melepas lelah.

Besoknya mulai lah untuk berpetualang dengan sarapan sate kelinci yang disepanjang perjalanan menuju Lembang tak pernah sepi.

Jangan lupa untuk mampir ke Kawah Tangkuban Perahu yang bisa membiusmu dengan keindahan dan kesejukkannya. Selanjutnya isi perut sambil piknik di alam terbuka yang ada di Orchid Forest, Cikole.

Untuk menambah ilmu tentang binatang maka mampirlah ke Lembang Park and Zoo setelah puas berwisata di Lembang saatnya turun ke Kota Bandung.

Tak lupa pula untuk berhenti di Prima Rasa Bakery Pastry, pusat oleh-oleh yang bisa kamu bawakan untuk orang di rumah. Waktu perjalanan pulang mampir sebentar untuk mencicipi Mie Kocok Mang Dadeng saat hendak ke Jakarta.

Setelah puas menjelajah Jawa Barat dengan memulai perjalanan dari Bogor, kini saatnya kamu untuk mencoba melakukan road trip ke Lampung saat libur tahun baru tiba.

 

baca juga:

Seru Nih! Intip 10 Tempat Wisata yang Paling Instagrammable Liburan ke Bogor

 

Road Trip ke Lampung

Manfaatkan waktu luang kamu dengan melakukan road trip ke daerah lain yang tak kalah menarik lainnya dan wilayah tempuh pun tak begitu jauh dari Jakarta yaitu sekitar 4 – 5 jam Jakarta – Bandar Lampung.

Perjalanan akan dimulai ketika kamu sudah menyeberang melalui pelabuhan Bakauheni, lalu melanjutkan ke Bandar Lampung.

Ketika tiba di Lampung, istirahatlah sejenak di hotel agar kondisimu kembali fit dan siap melakukan aktivitas keesokan harinya.

 

Pulau Pahawang

Pagi harinya, saat yang pas untuk mengunjungi pulau yang sangat populer di Lampung yaitu Pulau Pahawang.

Berenanglah, snorkeling atau sekedar duduk santai di tepian pantai sambil mendengarkan suara ombak.

Dijamin semua penat dan hingar bingar ibukota lepas begitu saja dan kembali dalam keadaan fresh.

Setelah puas bermain ke Pulau ini dan kembali ke pusat kota, menikmati makan malam di Mie Khodon Lampung yang sudah terkenal sejak 1960 sudah berdiri dan masih memiliki cita rasa yang sama.

 

Sebaiknya kamu memantau informasi terbaru untuk pergantian tahun terkait acara pergantian tahun yang dilakukan di Bandar lampung atau hotel tempat kamu menginap.

Setelah sudah menemukan waktu yang pas untuk kembali pulang, lebih dulu mampir untuk mengisi perut lebih dulu di Mie Lampung III.

Setelah kenyang, saatnya untuk bermain bersama gajah di Taman Nasional Way Kambas dan menikmati Bakso Sony yang terkenal di daerah Lampung.

Hari berikutnya saatnya kamu menjelajah wisata pantai di Lampung. Salah satu pilihan wajib ketika berada di Lampung adalah dengan datang ke Teluk Kiluan.

Di teluk ini, kalian dapat melihat kawanan lumba-lumba berenang dan menjelajah lautan bersama kamu dan kapal yang kamu sewa.

 

Saat malam hari, isi perut mu dengan aneka hidangan laut Seafood Jumbo yang ada di Bandar Lampung. Nikmati juga masakan khas Lampung dengan mampir ke Toko Mie Asang. Kedai ini terkenal untuk mencicipi locupan yang khas dan setelah perut sudah kenyang saatnya kembali menuju ke Jakarta.

Eits, masih ada tempat wisata yang bisa kamu datangi yaitu Air Terjun Way Kalam untuk main air yang sejuk. Setelah puas mari kembali melanjutkan perjalanan pulang ke Jakarta dan mengakhiri waktu liburanmu.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.