Libur Lebaran ke Yogyakarta, Ini 5 Tips Wisata ke Maliboro yang Patut Diketahui

Setiap momen liburan terutama seperti libur Lebaran, kawasan Malioboro Yogyakarta akan dipadati pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia. Seolah – olah tidak mau melewatkan kesempatan waktu libur panjang sekolah selama Lebaran, maka banyak keluarga yang memanfaatkan untuk rame – rame berwisata ke Yogyakarta.

Kawasan Jalan Malioboro yang berada di pusat kota lantas sudah pasti akan menjadi jujukan para pelancong. Deretan pedagang makanan seperti gudeg, nasi liwet, nasi kucing, sate dan lain – lain, menjadi pemandangan yang khas.

Selain berbelanja dan kuliner, wisatawan juga bisa menikmati seni musik dari para musisi jalanan di Malioboro  yang tidak kalah mahir memainkan bermacam lagu. Mengingat libur Lebaran nanti kawasan Malioboro akan semakin ramai, ikuti dulu yuk tips aman dan nyaman wisata di jalan Malioboro berikut:

1. Gunakan Gmaps atau bertanya ke warga lokal

Saat ini teknologi GPS seperti Google Maps sudah bisa diandalkan untuk mencari lokasi destinasi. Gunakan juga ulasan Google untuk mendapatkan tempat kuliner, berbelanja atau tempat atraksi wisata menarik di sepanjang jalan Malioboro.

Dengan beragam ulasan menarik dari para pengguna di seluruh jagat bumi, maka informasi juga akan lebih terupdate dan realistis.

Dari Malioboro, pengunjung juga masih bisa mencari akomodasi yang menarik dan bertema tradisional Yogyakarta yang jaraknya tidak terlalu jauh. Seperti di kawasan Prawirotaman.

2. Berjalan kaki

Kawasan Jalan Malioboro sangat padat saat liburan. Jangankan mobil, sepeda motor pun harus mengantri lama untuk bisa melaju di puncak kemacetan lalu lintas. Agar tidak makan waktu lama di perjalanan, lebih baik pilih saja berjalan kaki. Kenapa begitu? Selain lebih mempercepat akses menuju ke tempat yang Anda tuju, berjalan kaki juga lebih mudah untuk singgah ke beberapa toko untuk melihat souvenir unik atau yang mungkin menarik perhatian. Tentu hal ini akan sulit jika naik kendaraan karena di Jalan Malioboro tidak bisa parkir sembarangan.

3. Beranikan diri untuk menawar

Asyiknya, belanja di Malioboro, para wisatawan masih bisa menawar harga untuk mendapatkan tarif yang lebih murah. Semakin banyak jumlah barang yang dibelanjakan, maka akan semakin mudah mendapatkan potongan harga. Tips tawar menawar harga di Malioboro adalah sekitar 50% hingga 20% dari harga yang ditawarkan pedagang.

Tapi, jangan khawatir jika Anda tidak pandai menawar. Karena masih banyak toko – toko di sepanjang jalan Malioboro yang menawarkan harga pasti tanpa boleh ditawar lagi.

4. Mencoba aktivitas lain di Malioboro

Usai berbelanja di Jalan Malioboro, jangan buru – buru pulang. Pasalnya, masih ada sejumlah kegiatan menarik yang bisa dicoba pelancong. Selain mencoba aneka kuliner khas Yogyakarta, wisatawan juga bisa berkeliling naik becak atau delman.

Selain itu, ada banyak kafe – kafe bertema unik yang bakal menambah keseruan liburan bersama teman atau orang – orang terdekat. Pokoknya, dijamin Instagrammable banget deh!

5. Memilih area parkir

Sudah bukan rahasia lagi, wisatawan yang berkunjung ke Malioboro, wajib mencari tempat parkir yang strategis agar tidak terlalu jauh berjalan ke kawasan Malioboro atau dari destinasi yang dikunjungi. Bila ingin parkir di tempat yang jaraknya mendekati Malioboro datang saja dari sore, karena Malioboro akan dipadati pengunjung saat malam hari.

Sebisa mungkin pilih lokasi parkir yang berada di antara Malioboro dan destinasi Anda agar tak perlu capek karena berjalan kaki terlalu jauh saat menuju mobil.

baca juga:

5 Cafe Terkenal di Bali yang Sering Jadi Langganan Artis Nongkrong

 

***

Jalan – jalan bersama rombongan teman, keluarga atau rombongan orang – orang terdekat? Tak perlu bingung, segera hubungi Jari Adventure. Agen travel wisata berpengalaman yang akan membantu Anda mengakomodir semua kebutuhan perjalanan wisata Anda.

Liburan ke Yogyakarta dengan harga paket liburan paling hemat dan sesuai budget. Harga termasuk akomodasi, tiket atraksi wisata, dan transportasinya. Kemana pun tujuan liburan Anda, pastikan hanya Jari Adventure sebagai mitra terbaik perjalanan liburan Anda.

Yuk, hubungi Jari Adventure sekarang juga via aplikasi Whatsapp 0877 – 78906999 untuk pemesanan maupun info lebih cepat dan lengkap.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *