Kebelet Pengen Travelling ke Luar Negeri? Yuk, Simak 4 Cara Cepat Bikin Paspor

Ketika ingin pergi ke luar negeri untuk berlibur atau yang lainnya, maka hal pertama yang wajib Anda miliki adalah paspor.

Paspor merupakan identitas yang wajib Anda miliki saat akan melancong ke luar negeri. Namun, orang-orang merasa sulit sekali untuk mendapatkan paspor karena harus antre dari pagi sekali agar mendapatkan antrian yang terdepan. Apalagi jika Anda berada di kota besar yang pasti akan ramai saat tiba di kantor imigrasi.

Ternyata, ada beberapa cara untuk membuat paspor secara cepat tanpa harus datang subuh dan mengantre.

Bahkan termasuk Anda yang berada di kota besar sekalipun. Membuat paspor ternyata bisa rampung dalam waktu 1 jam saja. Bagaimana? Simak berikut ini.

1.    Melakukan Pendaftaran Online

Daripada Anda datang sebelum subuh untuk mendapatkan antrian terdepan, buka saja situs antrian https://antrian.imigrasi.go.id atau applikasi layanan paspor online yang bisa Anda unduh di Play Store atau App Store. Dengan begitu Anda dapat memilih jadwal antrian paspor yang sesuai dengan keinginan dan waktu kosong Anda.

Pendaftaran online hanya dapat dilakukan di hari Jumat jam 2 siang hingga hari Minggu di jam 4 sore. Pilihlah kantor imigrasi yang dekat dengan tempat tinggal Anda agar memudahkan perjalanan.

Tempat kantor imigrasi tidak perlu sama dengan KTP jadi akan lebih mudah dalam mendaftar bagi Anda yang merantau.

Ketika mendaftar online, Anda akan diminta untuk mengisi data diri serta tanggal antrean paspor sesuai yang Anda bisa. Perhatikan pula kuota yang masih tersedia di kantor imigrasi pilihan Anda.

Setelah berhasil, maka Anda akan mendapatkan jadwal jam kunjungan sesuai dengan hari yang Anda pilih. Ada juga QR Code yang harus Anda tunjukkan saat tiba di kantor imigrasi.

Jika Anda tidak datang saat jadwal yang Anda ilih, maka Anda baru bisa registrasi kembali 30 hari setelah tanggal yang Anda pilih sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan jadwal yang Anda pilih sudah sesuai dengan jadwal pekerjaan Anda.

2.    Siapkan Segala Berkas yang Diperlukan

Ketika Anda telah mendapatkan jadwal kunjungan untuk mengurus paspor lengkap dengan QR Codenya, maka saatnya untuk menyiapkan berkas permohonan untuk membuat paspor.

Beberapa berkas yang diperlukan adalah e-KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Akta Nikah, dan ijazah terakhir. Tambahkan paspor lama jika Anda berniat untuk melakukan penggantian paspor.

Setelah terkumpul, maka langsung difotokopi sebanyak 1 lembar. Bawa berkas aslinya ketika datang ke kantor imigrasi.

Sebelum menuju kantor imigrasi, siapkan satu buah materai yang nantinya akan ditempelkan pada formulir pembuatan paspor. Untuk berkas e-KTP dan Akta Nikah setelah Anda fotokopi, tidak perlu dipotong.

3.    Datang ke Kantor Imigrasi Sesuai Jadwal

Datanglah ke kantor imigrasi sesuai dengan jadwal yang Anda dapatkan. Pastikan untuk datang tepat waktu.

Nantinya Anda akan diberi ID Card pengunjung serta pengecekan awal oleh petugas sekaligus formulir permohonan pembuatan paspor yang harus Anda isi sebelum masuk ke ruangan pembuatan paspor.

Di loket pengecekan tersebut, Anda akan diarahkan ke ruangan pembuatan paspor. Setelah formulir diisi lengkap, serahkan berkas data diri yang telah Anda siapkan ke petugas verifikasi agar mengecek kekurangan dokumen.

Jika persyaratan telah lengkap, maka Anda akan mendapat nomor antrean untuk wawancara, pengambilan sidik jari serta foto.

Ketika Anda sudah dinyatakan lulus tahapan itu, maka Anda akan mendapat bukti pengantar pembayaran paspor.

Baca juga:

Berburu Promo Liburan Akhir Tahun 2018, Simak 6 Tips Travelling Ala Milenial

4.    Pembayaran Paspor

Ketika Anda telah lulus tahap permohonan pembuatan paspor, kini saatnya melakukan pembayaran paspor. Bisa melalui teller bank, ATM, Internet Banking, hingga mobile Banking.

Selain itu, Anda dapat membayarnya lewat Kantor Pos layanan gerak yang biasanya tersedia di depan kantor imigrasi sendiri namun hanya menerima cash.

Setelah lunas, simpan bukti pembayaran tersebut dan tunjukkan saat akan mengambil paspor. Paspor dapat diambil setelah 3 hari sejak tanggal pembayaran yang Anda lakukan. Semakin cepat Anda bayar, maka paspor akan semakin cepat selesai.

Kini tidak perlu antre berjam-jam untuk memproses permohonan pembuatan paspor. Bahkan hanya dalam hitungan jam dengan persiapan berkas yang matang, permohonan paspor bisa selesai dalam sekejap.

Kini bukan jamannya datang subuh hanya untuk mengantri. Manfaatkan teknologi yang ada untuk mempermudah kebutuhan Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.