Jaga Kelestarian Bumi Tercinta, Pahami 5 Cara Jadi Petualang Bijak

Setiap orang termasuk para pekerja keras harus merasakan travelling yang teratur. Dengan travelling, pikiran akan menjadi fresh dan tubuh juga lebih sehat.

Meskipun Anda seorang pekerja keras, waktu untuk berlibur juga harus disiapkan. Pekerjaan dan suasana yang itu-itu saja bisa membuat seseorang menjadi mudah stress dan kurang berbaur dengan sesama.

Selain memiliki banyak manfaat, travelling juga dapat menjadi sumber penghasilan. Dengan travelling, sejenak Anda dapat melupakan segala pikiran yang melelahkan. Nah, sisi negatifnya ialah semakin banyak orang yang travelling, maka akan berpengaruh pada lingkungan yang dikunjunginya. Tidak semua traveler bertanggung jawab dengan wisata yang dikunjungi. Banyak alam yang mulai rusak akibat traveler yang kurang bertanggung jawab.

Agar travelling tetap lancar dan lokasi wisata tetap terjaga baik, pengunjung harus ikut menjaga lingkungan travelling agar tetap cantik. Sebagai smart traveler, Anda harus tahu beberapa tips menjaga tempat wisata ketika sedang travelling. Apa saja? Simak berikut ini.

1.    Tidak Sembarangan Membuang Sampah

Point pertama yang paling penting untuk diterapkan ketika travelling adalah membuang sampah di tempatnya. Dengan begitu lingkungan akan tetap terjaga dan jauh dari sampah yang berserakan. Meskipun sudah ada bagian kebersihan, namun kita sebagai wisatawan wajib untuk menjaga lingkungannya juga.

Salah satu contoh permasalahan yang sedang terjadi di Indonesia adalah sampah-sampah yang kini mengotori pantai-pantai di Bali.

Seperti yang kita ketahui, Bali memiliki banyak sekali wisatawan yang datang setiap harinya. Mungkin itu adalah salah satu penyebab kenapa sampah sangat perserakan di pantainya.

Jika Anda membuang sampah di laut, Anda sama saja dengan meracuni bahkan membunuh hewan laut di dalamnya. Banyak sekali gambar-gambar yang menunjukkan hewan laut yang mati karena terjerat jaring, terjerat botol minuman, dan yang lainnya.

2.    Menjaga Kawasan Wisata

Salah satu daya Tarik dari kawasan wisata adalah keindahannya. Jadi, sebagai pengunjung kita harus menjaga kawasan wisata agar tetap indah seterusnya. Jika wisata tetap indah dan terjaga, maka kawasan wisata tersebut akan terus dikunjungi pengunjung bahkan bisa berkembang lebih baik.

Setiap wisata pasti memiliki peraturan. Peraturan itu harus dipatuhi oleh pengunjung yang datang. Jika Anda peraturan dilarang mencoret tembok, atau menginjak-injak bunga yang tumbuh, maka patuhilah peraturan tersebut.

3.    Hemat Air dan Listrik

Berwisata di tempat yang belum pernah dikunjungi dan jauh dari rumah pasti membutuhkan tempat bermalam seperti hotel. Memang, ketika kita menginap di hotel, air dan listrik sudah gratis karena termasuk kedalamnya. Anda bisa menggunakannya sesuka hati. Akhirnya, itu membuat para pengunjung menjadi boros ketika menggunakan air dan listrik.

Meskipun begitu, alangkah baiknya jika Anda bisa berhemat. Tidak perlu buang-buang air ketika mandi atau selalu menyalakan AC meski Anda sedang tidak berada di kamar. Dengan sedikit menghemat, Anda sudah dapat membantu memerangi pemanasan global.

Baca juga:

Ada Kapal Pinisi Seharga 2 Milyar, Mendamba Pesona Bulukumba yang Jelita

4.    Kurangi Penggunaan Plastik

Seperti yang kita ketahui, plastic bisa melebur dan hancur setelah bertahun-tahun. Oleh karena itu, penggunaan plastic yang berlebihan akan membuat lingkungan semakin tercemar. Anda bisa memanfaatkan tote bag yang bisa digunakan berkali-kali dan fleksibel dibawa kemana saja.

Untuk membeli makanan atau barang souvenir, ada baiknya jika Anda membawa tote bag sendiri untuk semua yang Anda beli. Dengan mengurangi plastic seperti tas plastik dan sedotan plastic, Anda sudah bisa membantu lingkungan untuk lebih bersih.

5.    Kurangi Kertas

Selain plastik, Anda bisa mengurangi penggunaan kertas ketika sedang travelling. Mengapa? Kita semua tahu bahwa kertas terbuat dari bahan serat kayu. Semakin banyak kertas yang digunakan, maka semakin banyak pohon yang ditebang. Padahal, pohon berfungsi sebagai penghasil oksigen untuk manusia.

Agar bumi selalu hijau dan tetap terjaga alamnya, maka Anda bisa mengurangi penggunaan kertas mulai kini. Selain kertas, penggunaan tissue juga bisa Anda kurangi. Gunakan sapu tangan jika sedang membutuhkan tissue. Simpan segala foto dalam bentuk file di komputer daripada dicetak di atas kertas.

Itulah beberapa tips untuk menjaga tempat wisata ketika sedang travelling. Patuhi segala peraturan, dan pahami alam lebih jauh. Dengan menjaga tempat wisata yang Anda kunjungi, itu sudah sangat bermanfaat untuk membuat Bumi tetap terjaga dan asri. Jagalah kelestarian alamnya, serta nikmati keindahannya. Selamat Travelling!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.