Hindari Pusing dan Mual Saat Berkendara Mobil, Simak Panduannya

Melakukan perjalanan jauh tentu membutuhkan persiapan yang cukup matang. Mulai dari barang bawaan, hingga kondisi fisik yang prima.

Apalagi jika Anda menaiki kendaraan pribadi seperti mobil. Sebagian orang ada yang merasa selalu mual ketika naik kendaraan seperti bus atau mobil.

Menurut peneliti, semua itu bisa saja terjadi akibat konflik dalam sensor tubuh setiap manusia. Perjalanan yang jauh akan terasa menyebalkan jika tubuh mengalami mabuk darat.

Agar tubuh tidak drop dan merasa mabuk maupun mual, ikuti tips hindari mabuk ketika bepergian menaiki mobil yang akan dibahas berikut ini.

1.    Cari Udara Segar

Jika Anda adalah salah satu orang yang sering mabuk perjalanan, sebaiknya Anda memilih tempat duduk yang dekat dengan jendela.

Udara segar bisa Anda rasakan sehingga mengurangi rasa mual. Hindari hal-hal yang beraroma kuat agar tidak memicu rasa mual seperti makanan atau bensin.

Jika ada bebauan yang kuat, cepat cari udara segar yang bisa menghilangkan aroma tersebut dan rasa mual bisa dihindari.

2.    Banyak Makan dan Minum

Salah satu alasan mengapa perut terasa mual adalah kekurangan cairan atau dehidrasi. Ketika melakukan perjalanan jauh, pastikan diri Anda untuk minum air yang banyak agar dehidrasi bisa dihindari.

Makanan juga penting, lho! Perut kosong bisa memicu magh dan rasa mual. Banyak makan dalam konteks ini bukanlah makan besar dalam porsi yang banyak, ya!

Hanya saja, hindari perut kosong dalam perjalanan agar mual tidak datang. Hindari pula makanan pedas, berlemak, atau makan hingga kekenyangan.

3.    Kontrol Situasi

Orang-orang yang merasa mual saat perjalanan biasanya bukanlah pengemudi, melainkan para penumpang di kursi belakang. Pengemudi jarang merasa mual karena ia harus tetap berpikir dan fokus untuk mengontrol mobil.

Duduk di kursi depan bisa membantu Anda menghindari rasa mual. Pandangan akan lurus ke depan sehingga Anda tidak akan merasa pusing.

Jangan lupa untuk mengobrol Bersama pengemudi atau penumpang lainnya agar rasa mual tidak muncul.

4.    Pilih Posisi Duduk

Jika Anda menaiki bus, pastikan untuk memilih duduk di bagian depan. Pandangan akan jauh lebih luas sehingga pusing tidak muncul dan tidak menyebabkan rasa mual.

Hindari tempat duduk yang pas dengan posisi ban karena ketika terjadi guncangan akan terasa lebih kuat.

5.    Tidak Mengonsumsi Obat Anti Mabuk

Sebagian orang memilih untuk mengonsumsi obat anti mabuk untuk menghindari rasa mual saat berada dalam perjalanan.

Pastinya mereka akan tertidur selama perjalanan. Namun, hal itu bisa Anda hindari. Anda tidak perlu mengonsumsi obat anti mabuk.

Konsumsi air yang banyak agar tubuh tidak  merasa dehidrasi. Cukup tidur juga akan mengurangi rasa mual yang timbul akibat kelelahan.

6.    Konsumsi Permen Jahe

Banyak riset yang menyatakan bahwa mengonsumsi permen jahe bisa mengurangi rasa mual.

Konsumsi satu atau dua permen jahe sekitar 1 jam sebelum berangkat akan membantu Anda menghindari mabuk perjalanan.

7.    Cek ke Dokter

Jika Anda merasa mual dan mabuk perjalanan sudah sangat parah, konsultasikan langsung dengan dokter.

Biasanya dokter akan memberikan saran bahkan resep yang bisa membantu Anda mengurangi rasa mual yang berlebihan.

8.    Cukup Tidur

Perjalanan yang jauh tentu sangat melelahkan. Ada baiknya jika Anda memiliki waktu tidur yang cukup sebelum memulai perjalanan. Badan akan terasa segar sehingga rasa mual bisa dihindari.

9.    Atur Mindset

Jangan sampai rasa takut muntah menguasai diri Anda sebelum keberangkatan. Sugestikan diri Anda sebelum bepergian.

Yakinkan diri sendiri kalau Anda tidak akan merasa mual. Setidaknya ini bisa sedikit membantu untuk mencegah datangnya rasa mual.

10. Minum Obat

Jika ke 9 tips di atas sudah Anda lakukan namun tetap tidak berhasil, cara terakhirnya adalah dengan minum obat. Obat anti mabuk sebaiknya dikonsumsi 30-60 menit sebelum keberangkatan.

Rasa mual memang bisa saja datang tiba-tiba ketika berada dalam perjalanan. Trek jalanan yang berkelok atau berbatu juga bisa memicu datangnya rasa mual. Hilangkan rasa cemas Anda agar rasa mual terhindarkan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.