Hindari Kemacetan Lalu Lintas, 5 Rahasia Mudik Bebas Hambatan

Di bulan Ramadhan, salah satu tradisi yang dilakukan oleh setiap orang di Indonesia adalah mudik. Momen mudik akan terus berlangsung hingga beberapa hari setelah lebaran.

Ada yang dinamakan arus mudik, ada juga yang mengatakan arus balik saat lebaran berlalu. Setiap orang pasti ingin berkumpul dengan orang tersayang di kampung halaman. Itulah sebabnya mengapa mudik menjadi musim tersendiri di Indonesia.

Indonesia terkenal akan kemacetannya, terutama di kota besar. Ketika mudik berlangsung, jumlah kendaraan akan semakin bertambah.

Akses jalan yang belum mendukung juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya macet Panjang. Mudik Bersama keluarga dengan jarak yang cukup jauh ditambah dengan macet tentu menyebalkan rasanya.

Akan tetapi, ternyata ada beberapa cara yang ampuh untuk menghindari macet saat mudik lebaran. Setidaknya rasa Lelah di perjalanan Panjang bisa dikurangi dengan mengikuti beberapa tips berikut ini. Check this out!

1.    Pilih Waktu Berangkat yang Tepat

Biasanya, macet Panjang akan terjadi ketika jumlah pemudik meningkat di waktu yang bersamaan bahkan terlampau banyak. Sehingga terjadi ledakan sejumlah pengguna jalan yang besar dan terjadilah macet yang menyebalkan.

Untuk menghindari macet di perjalanan, sebaiknya Anda mensiasati diri untuk memilih waktu yang tepat agar tidak terkena macet.

Cerdas-cerdaslah dalam memilih waktu mudik yang tepat. Karena biasanya, pemudik akan memilih waktu yang sama sehingga jumlah pengguna jalan melonjak tinggi.

Lebih baik berangkat lebih awal sebelum hari libur Panjang dimulai. Dengan begitu, jumlah pemudik masih sangat keciil.

Apalagi jika Anda bukan seorang pekerja di instansi negara atau perusahaan yang memberi hari libur secara serentak sehingga waktu mudik bisa menjadi lebih fleksible.

2.    Pantau Informasi Mengenai Seputar Arus Mudik

Sebelum mudik, pastikan Anda terus mengupdate informasi seputar arus mudik terutama di jalur yang akan Anda lewati.

Informasi bisa Anda dapatkan melalui media social atau di televisi. Dengan informasi ini, setidaknya Anda dapat mengetahui bagaimana kondisi keramaian setiap jalur mudik.

Perhatikan betul-betul agar Anda dapat memilih jalur mudik terbaik agar terhindar dari kemacetan.

Salah satu cara untuk selalu mendapatkan informasi seputar arus mudik di media social adalah dengan memfollow akun resmi satuan lalu lintas setempat.

Biasanya, mereka akan selalu mengupdate infromasi terbaru seputar aktivitas mudik setiap harinya.

3.    Kuasai Jalur Mudik

Pastikan untuk mengetahui segala informasi mengenai arus mudik di berbagai jalur, terutama yang akan Anda gunakan.

Dengan begitu, Anda bisa memilih jalur yang tepat dan terhindar dari macet. Ketahui jalur mana saja yang rawan macet agar Anda bisa menghindarinya.

4.    Persiapkan Jalur Alternatif

Setelah memilih jalur terbaik, pastikan untuk tetap menyediakan jalur alternative untuk jaga-jaga terjadi kemacetan di jalur yang Anda lewati.

Kini ada banyak teknologi navigasi yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah google maps. Anda bisa melihat bagaimana aktivitas jalan di maps dan mencari jalur alternative lainnya.

Jalur alternative bisa menghindarkan diri Anda dari macet. Selain itu, dapat memberikan pengalaman baru agar Anda semakin fresh meskipun berada dalam perjalanan Panjang.

Baca juga:

Hasilkan Foto Menghentak, 6 Tips Aman Foto Prewedding di Gunung

 

5.    Jangan Gunakan Kendaraan Pribadi

Sebagai masyarakat yang baik, kurangilah kemacetan yang terjadi di jalan besar terutama di perkotaan. Kini sudah ada banyak transportasi umum yang bisa digunakan untuk menekan angka kemacetan.

Menaiki kendaraan pribadi hanya akan menambah tingkat kemacetan di jalan, terutama saat musim mudik berlangsung.

Bayangkan saja, jika dalam 1 mobil pribadi ada 5 orang penumpang dan ada 5 mobil di suatu jalan, maka totalnya menjadi 25 orang.

Sebanyak 25 orang itu untuk 5 mobil yang berderetan. Sedangkan, jika dibandingkan dengan angkutan umum seperti bus, 25 orang bisa terisi setengah lebih dari isi penumpang. Lebih hemat dan menekan kemacetan, bukan?

Menaiki kendaraan umum juga akan membuat mudik Anda semakin lebih hemat dibandingkan kendaraan pribadi. Rasanya juga tidak terlalu melelahkan karena tidak perlu menyetir sendiri.

Itulah beberapa tips ampuh untuk menghindari kemacetan di mudik lebaran. Berhati-hatilah di jalan, keluarga sedang menunggu Anda. Selamat mudik!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.