Hati – Hati Saat Selfie! 5 Hal Wajib Dijaga Saat Berkunjung ke Taman Bunga Nasional

Tak hanya di Belanda dan negara-negara Eropa lainnya, Indonesia juga telah memiliki banyak wisata taman bunga dengan area dan pemandangan yang indah dan nuansa alam yang sejuk.

Mulai dari Kampoeng Tulip Ciwastra di Jawa Barat, hingga Kampung Flory di Yogyakarta. Taman-taman tersebut memiliki pemandangan dan tata taman bunga yang tak kalah indah dari taman-taman bunga di Eropa.

Agar keindahan taman bunga terus terjaga, tanggung jawab tidak hanya datang dari perawat taman, namun juga anda sebagai pengunjung.

Salah satu aspek yang membuat taman dan tempat hiburan Indonesia sering kali tidak berumur panjangan disebabkan oleh tindakan pengunjung yang tidak bertanggung jawab.

Jangan sampai bikin malu, berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan saat berkunjung ke taman bunga nasional.

1. Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Jalan-jalan di taman bunga terkadang melelahkan dan membuat anda ingin beristirahat sejenak. Taman bunga pada umumnya sudah menyediakan area rumput yang boleh dipijak sebagai tempat beristirahat. Duduk di bawah pohon bisa menjadi tempat istirahat yang sempurna sambil makan cemilan dan minum.

Namun, setelah makan cemilan, jangan lupa membuang kemasan pada tong sampah yang telah tersedia. Jika tidak ada tong sampah terdekat, simpan kemasan tersebut di plastik atau tas anda. Bahkan satu bungkus permen sekalipun, lebih baik anda simpan dalam saku.

Hal inilah yang dilakukan orang barat ketika memiliki sampah kecil. Mereka cenderung sungkan membuang sampah di tempat yang sudah terjaga kebersihannya. Selain itu ada denda yang kuat jika di negeri barat.

Karena denda sampah di tempat wisata Indonesia belum kuat, anda sebagai pengunjung ada baiknya sadar diri.

2. Melihat Peta Keseluruhan Taman

Agar tidak melewatkan area satupun, anda patut melihat peta taman bunga yang anda kunjungi. Beberapa taman bunga nasional pada umumnya pasti memiliki denah taman secara keseluruhan dengan keterangan pada setiap areanya.

Ada pula yang menyediakan brosur dengan peta di dalamnya. Jika tak anda brosur, anda bisa memotret peta sebagai antisipasi.

Pilih rute paling ideal supaya anda tidak melewati satu area pun di taman bunga yang luas. Perhatikan pula area toilet dan tempat istirahat yang sempurna agar kunjungan anda terasa menyenangkan.

3. Memilih Lokasi yang Tepat Untuk Selfie

Mengunjungi taman bunga pastinya merupakan kesempatan untuk mengambil selfie terbaik. Namun, jangan sampai hanya demi gambar yang sesuai harapan, anda harus melanggar peraturan dan merupakan bunga maupun tanaman lainnya.

Jangan berdiri di tengah-tengah hamparan bunga hanya untuk hasil foto yang dramatis dan bagus. Hindari pula area-area yang seharusnya tidak anda pijak dengan sepatu.

Biasanya akan ada papan peraturan dan papan petunjuk. Jangan hanya sibuk mengambil foto, perhatikan pula peraturan yang ada sebagai pengunjung yang cerdas.

4. Nikmati Keindahan Taman Bunga Secara Maksimal

Taman Bunga merupakan salah satu tempat wisata yang bisa menghilangkan stres dan membuat anda terasa lebih santai. Berjalan di taman dengan pohon yang rimbun dan pemandangan bunga secara langsung akan membuat pikiran kita lebih jernih.

Jangan sampai anda hanya melihat taman bunga melalui kamera smartphone anda. Terkadang kita sibuk mengambil foto atau mengambil video saat berwisata.

Mungkin anda bisa coba mengurangi kecenderungan mendokumentasikan segala kegiatan anda ketika sedang di taman bunga. Nikmati keindahan sekitar dengan mata anda secara langsung.

baca juga:

Asyiknya Berwisata Bersama Keluarga di Taman Budaya Sentul

 

5. Menggunakan Busana yang Nyaman dan Lotion Serangga

Jalan-jalan di taman bunga merupakan kegiatan santai yang cukup memakan tenaga. Hal ini karena iklim Indonesia yang tropis dan membuat anda mudah berkeringat meski hanya berjalan santai. Gunakan busana yang nyaman seperti kaos dan jeans, atau dress terusan yang ringan. Gunakan pula sepatu nyaman agar anda lebih leluasa saat berjalan. Hindari sepatu dengan hak sependek apapun haknya.

Bagi anda yang memiliki kulit sensitif, jangan lupa menggunakan lotion serangga. Lotion serangga bisa melindungi kulit anda dari iritasi dan gatal-gatal. Anda bisa menggunakan lotion nyamuk yang dijual secara luas.

Itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkunjung ke taman bunga nasional. Lakukan persiapan untuk kunjungan yang menyenangkan dan jadilah pengunjung yang bertanggung jawab. Selamat berlibur!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.