Halal Travelling: Haruskah Saya Batal Puasa Sunnah Karena Bepergian?

Puasa sunnah merupakan ibadah yang bisa menjadi penambah pahala selain puasa wajib di bulan Ramadhan. Setiap hari Senin dan Kamis, umat Muslim boleh melaksanakan puasa sunnah. Namun, rupanya bagi sejumlah traveller muslim, puasa bukanlah halangan untuk melakukan travelling.

Memang tidak mudah untuk menahan haus dan lapar ketika berlibur karena akan menguras lebih banyak tenaga. Namun, jika Anda melakukannya dengan tepat, travelling bisa lancar dan tubuh Anda akan tetap fit.

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika akan memulai travelling saat bulan puasa atau sedang berpuasa.

Mencari Tahu Waktu Sahur dan Berbuka di Lokasi Tujuan Liburan

Hal terpenting dari travelling di kala puasa adalah mengetahui waktu berbuka dan sahurnya. Tidak semua lokasi di dunia ini memiliki waktu berbuka dan sahur yang sama.

Oleh itu, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu di internet atau bertanya kepada teman. Di zaman yang lebih canggih, beberapa applikasi sudah tersedia fitur yang menyediakan jam sahur dan berbuka puasa.

Tidak Dianjurkan Untuk Melakukan Aktivitas Berat

pixabay.com

Ketika berpuasa, energi yang tersedia akan mudah habis. Jika Anda ingin melakukan aktivitas berat seperti olahraga, pilihlah olahraga yang ringan seperti jalan santai. Jangan memilih travelling berupa naik gunung, trekking, bahkan arum jeram.

Untuk beraktivitas, pilihlah wisata yang ringan seperti berkunjung ke museum, ke tempat ibadah, wisata sejarah, hunting di galeri seni, belanja d outlet perbelanjaan, dan yang lainnya.

Pilih Destinasi Travelling yang Ramah Akan Muslim

Tidak semua tempat ramah akan masyarakat muslim. Maksudnya, meskipun di bulan puasa, biasanya masih banyak rumah makan yang buka dari pagi hingga petang.

Oleh itu, pilihlah kawasan yang ramah Muslim. Kawasan ini biasanya lebih menghargai bulan puasa dimana rumah makan akan tutup di siang hari.

Ketika waktu sudah menunjukkan waktu berbuka atau sahur, banyak rumah makan yang mulai buka. Di sini Anda bisa dengan mudah mencari makanan sahur dan berbuka yag halal.

Jangan Melewatkan Ibadah

Meskipun travelling tak kenal waktu dan tempat, ibadah tetap menjadi nomor 1. Dimanapun Anda berapa, pastikan tetap ingat waktu ibadah yang wajib Anda lakukan.

Hal ini juga bertujuan agar iman dan puasa Anda semakin lancar. Berhenti sejenak untuk ibadah juga sebagai istirahat sejenak dikala Lelah.

Menyediakan Camilan dan Air Putih dalam Tas

Puasa bukan berarti Anda tidak perlu menyediakan cadangan makanan di dalam tas. Cemilan dan air putih adalah hal wajib untuk dibawa kala travelling.

Hal ini bertujuan untuk jaga-jaga jika saat waktu berbuka sudah tiba namun Anda belum menemukan resto atau rumah makan halal yang tepat, Anda bisa berbuka dengan air putih dan camilan terlebih dahulu.

Lebih baik lagi jika camilan yang Anda punya adalah berupa makanan manis yang dianjurkan oleh agama Islam.

Pilih Transportasi yang Nyaman

Transportasi juga berpengaruh oleh lelah tidak nya seseorang. Jika Anda ingin pergi ke tempat wisata yang lokasinya cukup jauh, janganlah berjalan kaki dari hotel menuju lokasi.

Pilihlah kendaraan umum yang nyaman berupa bus atau kereta agar Anda tidak kelelahan dan kehabisan tenaga hingga waktu berbuka.

Jangan Lewatkan Sahur

Berpuasa memerlukan energi yang cukup untuk beraktivitas. Oleh karena itu, sahur harus tetap terlaksana. Biasanya, ketika travelling akan membuat traveler menjadi malas bangun pagi karena kelelahan, apalagi bangun untuk sahur sebelum shubuh.

Namun, tetap laksanakan sahur dengan makan makanan bernutrisi cukup agar energi tubuh Anda terpenuhi. Dengan tenaga yang cukup, maka travelling Anda juga akan lancar.

Jangan sampai Anda kehabisan tenaga lalu sakit dikala travelling. Tentu itu akan menyusahkan kerabat terutama diri Anda sendiri. Untuk sahur dan berbuka, pilihlah makanan yang sehat dan hindari junkfood.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.