Waspadalah! Hindari Hal-hal Bahaya di Pesawat yang Sering Dilakukan Penumpang

Salah satu transportasi andalan saat akan pergi traveling ialah pesawat. Selain harga yang terjangkau, ada banyak pilihan pesawat yang bisa dipilih para traveler.

Semua pilihan memberikan plus dan minus masing-masing sesuai tingkat efisiensinya.

Ada beberapa peraturan yang perlu dipatuhi para penumpang pesawat. Sayangnya, tidak semua penumpang bijak saat bepergian dengan pesawat.

Ada beberapa hal yang tak boleh Anda lakukan saat melakukan penerbangan, bahkan bisa berbahaya untuk diri Anda, lho! Apa saja? Berikut pembahasannya.

 

  1. Meletakkan Tas dan Koper Sembarangan

Chicago Tribune

Tas dan koper yang diperbolehkan masuk ke dalam biasanya berukuran kecil. Untuk itu, Anda dapat meletakkannya dalam tempat yang tersedia di atas tempat duduk.

Sayangnya, masih banyak penumpang yang menaruh tas dan koper sembarangan. Bahkan ada yang menaruhnya jauh dari tempat duduk sehingga membuat penumpang lainnya harus menaruh barang di tempat lain.

Hal ini cukup membuat orang lain kesulitan. Apalagi saat akan turun dari pesawat, dipastikan akan ribet dengan barang bawaan sendiri.

 

  1. Tertidur saat Landing atau Takeoff

Travel Channel

Tidur di pesawat memang diperbolehkan, apalagi perjalanan yang cukup jauh. Namun, hindari tertidur saat Anda akan takeoff atau landing. Sebab, hal ini bisa menyebabkan gangguan pada telinga yang membuat diri Anda tidak nyaman setelahnya.

Tekanan udara yang berubah cepat dapat mempengaruhi telinga sehingga telinga bisa berdengung hingga sakit.

 

  1. Menutup jendela saat Takeoff dan Landing

airfarewatchdog

Biasanya, jendela dibuka saat penumpang ingin melihat pemandangan dari ketinggian. Lalu ditutup saat penumpang mulai silau terkena cahaya matahari.

Sayangnya, menutup jendela saat Takeoff dan Landing masih sering dilakukan para penumpang. Untuk itu, bukalah jendela saat landing dan takeoff karena hal ini bisa membantu kru untuk melihat keadaan di luar sana.

 

  1. Tidak Memakai Sabuk Pengaman

traveller

Meskipun menaiki pesawat, Anda tetap tidak dapat memprediksikan guncangan yang terjadi saat terbang di udara. Untuk itu, setiap pesawat biasanya menghimbau penumpang untuk tetap menggunakan sabuk pengaman.

Nyatanya, masih banyak penumpang yang tutup telinga soal peraturan yang satu ini.

 

  1. Tidak Mengonsumsi Air Mineral

The Washington Post

Tekanan udara yang berubah-ubah membuat udara dalam kabin cenderung kering. Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi air mineral yang cukup saat penerbangan berlangsung.

Udara yang kering dapat membuat tenggorokan tidak nyaman bahkan dehidrasi.

 

baca juga:

Sulit Lupakan Mantan? 5 Keindahan Desa Wisata Apau Ping Malinau Bakal Menghipnotis Anda

 

  1. Memakai Sandaran Tangan Penumpang Lain

CNET

Untuk 3 seat pada pesawat, biasanya tersedia sandaran di setiap sisinya. Bila Anda duduk di aisle atau dekat jendela, maka sandaran tangan hanya ada di pinggir.

Sandaran tangan d bagian tengah harusnya milih penumpang bagian tengah. Untuk itu, jangan gunakan sandaran tersebut bila Anda duduk di sisi kanan atau kiri tempat duduk.

Hal ini dapat mengganggu kenyamana penumpang yang duduk di bagian tengah.

 

  1. Mengabaikan Penjelasan Kru

flybluecrane

Sebelum penerbangan dimulai, kru biasanya memberikan penjelasan soal keselamatan penumpang. Meskipun seperti membosankan, Anda harus tetap mendengarkan dengan seksama.

Tidak ada yang dapat memprediksi hal yang akan terjadi. Mendengarkan arahan kru bisa membuat keselamatan Anda dan penumpang lainnya lebih terjaga.

 

  1. Bercanda Hal Mengerikan

insider

Bercanda memang diperbolehkan, namun jangan sampai mengganggu penumpang lainnya. Seperti contohnya soal bom di pesawat atau ledakan lainnya yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Hal ini bisa membuat penumpang lainnya panik dan terganggu. Bila dibawa ke jalur hukum, Anda dapat dijatuhi hukuman serius.

 

  1. Mematikan Pendingin Udara

achrnews

Pendingin Udara dalam pesawat harus diatur sedang atau tinggi. Hal ini juga bertujuan untuk menghempaskan kuman dalam kabin, mengingat pesawat selalu tertutup.

Anda boleh mengatur pendingin udara yang ada di atas seat, namun jangan dimatikan, ya!

 

  1. Tidak Mematikan Barang Elektronik

USA Today

Saat berada di pesawat, hendaknya Anda mematikan barang elektronik terutama yang menggunakan sinyal seperti smartphone.

Terdapat fitur airplane mode yang bisa Anda gunakan. Mengabaikan larangan ini dapat mengganggu navigasi, komunikasi, bahkan control penerbangan, lho! Tentunya bisa membahayakan pesawat.

 

Itulah beberapa hal yang harus Anda hindari saat naik pesawat. Demi keamanan dan kenyamanan sesama penumpang, alangkah baiknya Anda menghindari 10 hal di atas.

Dari ke-10 poin, manakah yang pernah Anda lakukan?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.