Galau Liburan Sendirian? Ini 6 Alasan Kamu Harus Coba Solo Travelling dan Tipsnya

Liburan sendiri merupakan sebuah hal yang tidak semua orang menyukainya, bahkan kebanyakan orang tidak akan melakukan liburan sendiri alias solo travelling jika mereka belum pernah melakukannya. Pada umumnya liburan akan dilakukan dengan cara bersama – sama dengan teman, sahabat, keluarga, dan lain – lain.

Tapi kenapa sih kita takut liburan sendiri? Padahal dengan liburan sendiri sebenarnya kita bisa mendapatkan kelebihan dan juga manfaat yang banyak sekali lho. Nah, di kesempatan hari ini kita akan berbagai mengenai tips liburan sendiri dan apa saja yang membuat kamu menjadi tidak takut untuk liburan sendiri.

Jadi jangan sampai ketinggalan info tips liburan dari kami ya?

Mental Dan Kepercayaan Diri

Perjalanan wisata sendiri sangat baik untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu. Biasanya kamu takut untuk pergi berlibur sendiri karena tidak merasa percaya diri, sehingga kamu tidak memiliki cukup mental untuk melakukan perjalanan itu.

Dengan memaksakan diri untuk berjalan sendiri atau melakukan liburan sendiri kamu akan lebih memiliki kepercayaan diri yang begitu baik sehingga kamu akan memiliki mental yang juga kuat. Kamu akan belajar bagaimana lebih mandiri dan melakukan berbagai hal sendiri.

Lebih Bisa Menikmati Liburan

Saat berlibur bersama kita tidak akan bisa semau kita menghabiskan masa liburan dan memilih tempat wisata semau kita, berbeda saat kita berlibur sendiri. Dengan berlibur sendiri kita akan dengan bebas menentukan dan menikmati liburan dan apa saja yang akan nikmati, dan juga kemana saja kita akan berkunjung.

Dengan pertimbangan tersebut kita menjadi lebih bisa menikmati perjalanan liburan kita. Saat berlibur sendiri ego kita lebih terpuaskan daripada saat berlibur bersama yang tentunya harus menjaga ego kita dan memenuhi kepentingan kelompok.

Menjadi Lebih Mudah Untuk Beradaptasi

Cepat beradaptasi adalah hal yang sangat sulit. Untuk bisa beradaptasi kita harus melatihnya, salah satu caranya adalah dengan pergi liburan sendiri alias solo travelling. Mungkin saat melakukan perjalanan solo travelling dan juga liburan sendiri kita berada di tempat yang asing dan memiliki bahasa yang berbeda terutama jika pergi liburan ke luar negeri.

Mau tidak mau kita harus bisa beradaptasi dengan cepat agar perjalanan liburan kita menjadi lancar dan terus berjalan dengan baik. Untuk itu setelah pulang dari liburan sendiri kamu akan bisa memiliki pengalaman untuk mengatasi berbagai masalah dengan beradaptasi dengan cepat.

Barang Bawaan Yang Tidak Terlalu Berat

Tentunya kita harus tetap memperhatikan barang bawaan atau perlengkapan pribadi yang penting seperti obat, baju ganti, ataupun perlengkapan pendukung liburan lainnya. Enaknya liburan sendiri adalah kita membawa barang bawaan yang cukup untuk kita sendiri, dengan demikian tidak terlalu banyak.

Dengan membawa keperluan seadanya kamu tidak perlu membawa barang yang sangat banyak dimana akan menghambat perjalan kamu nantinya.

Melatih Untuk Lebih Aktif Dan Juga Sabar

Liburan tidak selalu berjalan dengan baik. Dimana kita tentunya harus juga belajar untuk bersabar. Selain itu kita juga tidak selalu mengetahui tempat mana yang bisa kita kunjungi, sehingga kita harus lebih aktif untuk bertanya.

Yang dimaksudkan adalah bertanya rekomendasi tempat wisata, makan atau kuliner dan juga tempat – tempat yang mungkin akan sangat berkesan untuk kamu.

Dengan aktif bertanya kamu akan mendapatkan rekomendasi yang akan menambah pengalaman liburan kamu.

Tapi Tetap Perhatikan Keamanan Dan Keselamatan

Menjaga diri sangatlah penting terutama saat bepergian sendiri dan liburan sendiri. Solo traveller harus bisa menjaga diri mereka sendiri.

Ada baiknya jika bepergian sendiri tidak memperlihatkan barang – barang berharga yang terlalu mencolok.

Sehingga kamu terlihat tetap sederhana dan santai. Selain itu perhatikan waktu dan jam karena kamu tidak mau bepergian terlalu larut malam ditempat asing bukan, yang mungkin bisa mengancam keselamatan kamu.

***

Demikian beberapa tips dan juga kelebihan yang bisa kamu dapatkan saat berlibur sendiri. Dengan memiliki pemikiran yang sudah ada di atas kamu tidak akan merasa ketakutan saat harus berlibur sendiri.

Bisa – kamu malah ketagihan untuk melakukan solo traveling. Jadi apakah kamu sudah mencoba untuk liburan sendiri? Coba deh pasti kamu tidak akan menyesal.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.