Fakta Rapid Antigen Sebelum Wisata Keempat Daerah Ini

Menjelang libur akhir tahun, sejumlah kepala daerah membuat kebijakan baru untuk wisatawan yang ingin masuk ke daerahnya yaitu dengan menyerahkan hasil tes rapid antigen.

Nah sebelum mengetahui apa itu Rapid Antigen tersebut, yuk kita bahas lebih dulu tentang daerah mana saja yang membutuh surat keterangan sehat dengan hasil negatif.

 

Bali

Bali menjadi salah satu daerah yang mewajibkan surat keterangan rapid test antigen paling lama 2×24 jam sebelum keberangkatan. Sedangkan melalui udara, harus menyertakan surat negatif swab dengan metode PCR.

 

DKI Jakarta

Menjadi salah satu kawasan zona merah, Jakarta menerapkan bagi setiap orang yang keluar masuk DKI Jakarta yang menggunakan transportasi umum harus menyertakan surat rapid test antigen

 

Jawa Barat

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Jawa Barat harus menyertakan Rapid test antigen saat liburan natal dan tahun baru.

 

Jawa Tengah

Begitulah dengan Jawa Tengah, siapa saja yang memasuki Jawa Tengah wajib menyertakan hasil tes baik melalui angkutan umum, udara, kereta dan bus.

 

 

baca juga:

Bukit Langit Hingga Waduk Sempor, Destinasi Wisata di Kebumen yang Tiada Terlupakan

 

Nah setelah mengetahui daerah mana saja yang mengharuskan hasil test rapid antigen, ada baiknya mari mengenal apa itu Rapid Antigen ini. Beberapa hal penting yang wajib diketahui seputar Tes Antigen untuk deteksi Covid-19.

 

Digunakan untuk diagnosis patogen pernafasan

Menurut FDA AS (badan pengawasan obat dan makanan) memberikan izin penggunaan darurat untuk uji antigen yang dapat mendeteksi SARS-CoV-2 melalui diagnosis patogen pernapasan termasuk virus influenza dan virus syncytial.

 

Mendeteksi keberadaan antigen virus

Immunoassay ini dapat mendeteksi keberadaan antigen virus yang menunjukkan infeksi virus saat tubuh terdeteksi. Rapid ini dilakukan dengan cara yang sama seperti swab yaitu melalui nasofaring atau nasal yang ditempatkan melalui buffer ekstraksi atau Reagen tes. Pengambilan antigen virus ini melalui lendir dari hidung & tenggorokan.

 

Lebih akurat dari tes antibodi

Rapid test antigen ini digadangkan mampu memberi hasil yang lebih akurat daripada rapid test antibodi karena dapat mendeteksi langsung antigen virus COVID-19. Namun keakuratan rapid test antigen ini tergantung pada waktu pemeriksaannya.

 

Relatif murah & cepat

Hasil dari rapid test antigen sekitar 15 sampai 30 menit dan sebagian besar dapat digunakan di tempat perawatan.

 

Hasil pemeriksaan berlaku 14 hari

Surat keterangan rapid test antigen ini berlaku selama 14 hari. Jadi sesuaikan waktu liburan kalian sebelum melakukan rapid antigen ini.

 

Disetujui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

WHO telah memutuskan untuk membuat rapid test COVID-19 bagi negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah di seluruh dunia. Negara-negera yang berpenghasilan rendah dan menengah masing-masing seharga 5 USD atau bahkan kurang

 

Lalu Apa itu Rapid Test antibody?

Tes yang dilakukan untuk mendeteksi secara cepat COVID-19 yang dijalankan dalam aliran darah. Ketika terinfeksi corona, tubuh akan menghasilkan antibodi dalam beberapa hari atau sepekan kemudian.

 

Menurut penelitian, respons antibodi pada sebagian besar pasien Covid-19 akan muncul pada pekan kedua setelah terinfeksi. Namun respons tubuh berbeda pada setiap orang seperti pengaruh dari umur, nutrisi, tingkat keparahan penyakit dan adanya penyakit penyerta.

 

Rapid test antigen

Antigen merupakan Pembentukan zat kekebalan tubuh dan memicu sistem imunitas untuk mengancam benda asing misalnya racun, kuman atau virus yang ada dan masuk ke dalam tubuh dan antigen ini dianggap berbahaya bagi tubuh. Dan reaksi ini merupakan bentuk pertahanan tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit. Nah kalau didalam tubuh kita terdapat virus corona maka akan terdeteksi sebagai antigen oleh sistem imunitas.

 

Dengan metode pengambilan rapid test antigen melalui sampel lendir dari hidung atau tenggorokan melalui proses swab. Rapid test antigen dilakukan paling lambat 5 hari setelah muncul gejala Covid-19 agar memperoleh hasil yang akurat.

 

Beberapa perbedaan antara Tes PCR, Rapid Test Antigen dan Rapid Test Antibodi

Walaupun saling berdekatan pemeriksaan rapid test dan tes PCR menjadi jenis pemeriksaan yang berbeda. Perbedaan antara tes PCR, rapid test antigen & rapid antibodi.

 

Durasi pemeriksaan

Untuk hasil yang singkat, maka pemeriksaan rapid test, baik antigen maupun antibodi yang hanya membutuhkan waktu 30 hingga 60 menit. Sedangkan tes PCR paling cepat sekitar 1 hari. Namun karena begitu banyak sampel yang diperiksa sementara ketersediaan alat ini terbatas sehingga membutuhkan waktu sekitar 1 minggu.

 

Tingkat akurasi

Untuk mendeteksi virus Corona yang paling akurat adalah tes PCR dengan tingkat akurasi mencapai 80-90% sedangkan rapid antigen memiliki tingkat ketepatan sedikit di bawah tes PCR. untuk tingkat akurasi paling rendah adalah rapid test antibodi dengan ketepatan 18%

 

Sampel yang digunakan

Baik tes PCR & Antigen dilakukan pengambilan sampel lendir dari hidung atau tenggorokan yang diambil dengan metode swab. Sedangkan rapid test antibodi menggunakan sampel darah.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.