Eksis Selama Travelling? Begini Cara Hemat Baterai HP di Perjalanan

Di era milenial, semua orang memiliki smartphone sebagai salah satu benda yang paling penting dalam menunjang aktivitas sehari – hari.

Terlebih bagi para kaum milenial pecinta travelling, pastinya benda yang satu ini selalu digenggam dan dibawa kemana pun ia pergi. Bukan tanpa alasan, smartphone saat ini tidak sekadar sebagai alat komunikasi semata. Tetapi, juga sangat membantu untuk menunjukkan arah peta lokasi, menerjemahkan bahasa, memesan kamar hotel, dan yang paling utama adalah mengabadikan momen liburan untuk dipamerkan ke teman – teman di akun media sosial.

Mengingat kegunaan smartphone yang sangat beragam dan dipakai dalam waktu yang lama, tidak jarang baterai smartphone cepat habis selama perjalanan. Nah, agar pemakaian lebih maksimal dengan daya baterai yang lebih hemat, yuk intip langkah – langkah mudah berikut:

1. Aktifkan Battery Saver

Sesuai namannya, fitur ini memang bertujuan untuk menghemat daya baterai. Dengan fitur Battery Saver, pengguna bisa sementara menon-aktifkan berbagai jenis aplikasi yang tidak dipakai pada hari itu. Seolah – olah aplikasi – aplikasi tersebut “mati suri” untuk sementara waktu. Smartphone hanya akan menjalankan aplikasi yang sedang dioperasikan jadi daya baterai pastinya akan lebih hemat dan efisien.

2. Menon-aktifkan location

Tanpa disadari aplikasi  pencarian Location yang dinyalakan akan memakan daya baterai karena harus terhubung internet dan memperbarui lokasi pengguna setiap saat. Bila sedang tidak mencari atau mengirimkan alamat tertentu, sebaiknya fitur ini dimatikan saja karena akan menggerus daya baterai dalam waktu singkat.

3. Pilih intensitas cahaya seperlunya

Ada beberapa orang yang mungkin terbiasa membuat layar smartphonenya terang maksimal. Padahal, hal ini menguras tenaga baterai lebih cepat daripada umumnya. Pilih saja intensitas cahaya sedang atau diminimalisir bila sedang tidak digunakan. Setidaknya, baterai akan lebih awet untuk dipakai dalam kondisi mendesak nantinya.

4. Jangan terlalu sering restart

Mungkin saat Hp atau smartphone hang, Anda segera menekan tombol restart untuk mencoba memperbaiki keadaan. Nah, patut diingat ketika smartphone dalam posisi mati kemudian menyala kembali juga membutuhkan power yang memakan daya baterai. Jangan terlalu sering restart smartphone bila tidak mendesak atau benar – benar perlu agar pemakaian fungsi baterai lebih maksimal.

5. Non aktifkan fitur update

Pada bagian pengaturan update aplikasi, pilih opsi yang menyatakan untuk update manual. Tanpa disadari, terkadang ada banyak jenis aplikasi yang akan mengupdate program aplikasi di belakang layar sehingga tanpa terlihat mencolok, tiba  – tiba angka baterai hanya tinggal separuh atau bahkan habis. Selain itu, hapus aplikasi yang tidak dipakai atau dimatikan pada bagian application manager. Tindakan ini akan membantu meringankan tingkat konsumsi baterai smartphone.

6. Simpan smartphone di suhu ruang

Tetap pertahankan agar smartphone berada di lingkungan yang bersuhu sejuk dan sedang antara 25 – 26 derajat celcius. Pasalnya, kondisi suhu yang terlalu tinggi akan menyebabkan baterai cepat panas dan boros tenaga. Terlebih jika Anda terbiasa menaruh smartphone di atas dashboard mobil yang terkadang terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Baca juga:

Terpikat Rasa Nikmat dan Sehat Mie Titi-Makassar

 

7. Aktifkan mode Airplane

Hanya dalam sekali sentuh, maka smartphone sementara akan “mati suri” dan tidak akan menghabiskan tenaga baterai untuk menjalankan aplikasi atau program apa pun. Langkahnya pun tergolong mudah hanya menekan mode airplane yang bergambar logo pesawat di menu paling atas smartphone. Selama masa “istirahat” ini, Anda juga bisa sementara beristirahat dari HP untuk lebih menikmati pemandangan atau berbincang dengan rekan sesama traveller.

***

Nah, pintar – pintarlah menggunakan smartphone atau HP Anda selama perjalanan. Terutama bagi Anda yang menggunakan smartphone non stop untuk memperbarui status atau mengunggah foto – foto travelling yang paling keren.

Agar perjalanan liburan Anda makin maksimal, percayakan kepada agen travel wisata yang profesional dan berpengalaman selama bertahun – tahun. Jari Adventure merupakan agen travel wisata yang sudah melayani ribuan klien untuk berbagai kebutuhan perjalanan wisata.

Mulai dari gathering, outbond, exhibition, study tour, training, dan rombongan perjalanan wisata ke berbagai destinasi di Indonesia dan mancanegara.

Jadikan Jari Adventure sebagai mitra sejati perjalanan wisata Anda yang paling berkesan dengan pelayanan berkualitas. Selamat berlibur ya..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *