Gak Sabar Pengen Diving di Era New Normal! Cek Dulu Persiapan Menyelam Ini

Sebagai negara berstatus bahari, Indonesia tentu memiliki beragam kekayaan bawah laut yang mengagumkan. Tak hanya wisatawan lokal, tak sedikit wisatawan mancanegara yang terkagum akan keindahan bawah laut Indonesia.

Keindahan bahari Indonesia memang tak diragukan lagi. Bahkan ada beberapa wisata bawah laut yang namanya tersohor di dunia.

Menikmati keindahan bawah laut bisa dengan beberapa cara, salah satunya dengan diving atau menyelam. Dengan aktivitas diving, Anda dapat melihat kekayaan negeri yang menakjubkan.

Diving tentu berbeda dengan snorkeling. Aktivitas snorkelling hanya membuat diri Anda melihat dari permukaan air laut saja.

Sedangkan, diving membutuhkan kriteria khusus sebelum masuk ke dalam air. Termasuk peralatan-peralatan untuk membantu Anda ketika menyelam.

Bagi Anda yang belum pernah mencoba diving, simak beberapa tips aman sebelum diving di bawah ini:

 

  1.       Punya Lisensi

Menyelam membutuhkan banyak peralatan khusus, sehingga mengharuskan Anda untuk berlatih lebih dulu sebelum memulai aktivitas.

Untuk membiasakan diri dengan peralatan menyelam, Anda bisa berkunjung ke tempat pelatihan untuk diving. Tak perlu khawatir, tempat pelatihan ini cukup banyak dan sudah mudah untuk ditemukan.

Dari latihan tersebut, Anda akan mendapatkan sertifikat atau lisensi. Lisensi inilah yang digunakan sebelum Anda mengajukan untuk ikut aktivitas menyelam.

Jika tidak memiliki lisensi, setidaknya Anda harus didampingi instruktur khusus selama menyelam ke bawah air. Instruktur akan menemani Anda selama menyelam. Instruktur diberikan saat Anda akan melakukan diving.

Dengan pendamping instruktur, Anda akan mendapat banyak informasi mengenai tata cara menyelam yang aman. Mematuhi aturan dan arahan yang diberikan membuat diving Anda semakin aman dan nyaman.

 

  1.       Perhatikan Kondisi Fisik dan Stamina

Sama halnya dengan jenis olahraga lainnya, salah satu syarat utama sebelum memutuskan untuk menikmati keindahan alam bawah laut ialah kondisi tubuh yang prima.

Melakukan diving memerlukan tingkat konsentrasi yang cukup tinggi serta stamina yang kuat. Berada di dalam air perlu gerakan yang kuat untuk mendorong arus, serta konsentrasi ketika berenang dalam air.

Sebelum menyelam, pastikan Anda tidur dengan cukup serta makan teratur agar kondisi fisik Anda tetap baik dan stamina terjaga.

Biasakan berolahraga santai setiap hari sehingga tubuh tidak “kaget” dengan atmosfer lautan. Stamina yang baik merupakan kunci utama.

baca juga:

Lebih Teliti yuk! Ini Barang yang Sering Terlupa Saat Liburan

 

  1.       Periksa Keamanan Alat Diving

Hal yang satu ini tak boleh Anda lewatkan. Pastikan untuk memeriksa keamanan alat yang akan digunakan sebelum menyelam. Periksa  setiap bagian peralatan, apakah ada yang robek, lecet, atau kurang berfungsi dengan baik.

Anda akan dikenalkan dengan berbagai peralatan menyelam yang akan digunakan. Cek satu persatu dan pastikan semua dalam kondisi baik. Jika ada yang dirasa kurang baik atau cacat, langsung hubungi petugas agar diganti dengan yang aman.

Peralatan menyelam adalah bagian yang penting. Jika salah satu ternyata tidak berfungsi, keamanan Anda adalah taruhannya.

 

  1.       Bisa Berenang

Aktivitas diving memang dilengkapi dengan pelampung sehingga tubuh tidak mudah tenggelam. Namun, usahakan untuk tetap menguasai kemampuan dasar berenang.

Paling tidak, Anda sudah terbiasa dengan air. Itulah mengapa latihan sebelum diving sangat penting demi kenyamanan diri Anda.

Beberapa orang yang belum terbiasa akan merasa panik saat masuk ke dalam air. Serangan panik inilah yang dapat membuat diving semakin kacau sehingga membahayakan diri saat berada dalam air. Serangan panik saat berenang bisa berupa kehilangan konsentrasi atau kram di beberapa bagian tubuh, yang dapat membuat kehilangan banyak stamina.

Untuk itu, berusaha tenang dan sabar menjadi pegangan kuat saat menyelam. Sikap tenang dan mengikuti arahan akan membantu Anda terhindar dari rasa panik yang membahayakan.

Diving adalah salah satu olahraga air yang paling diminati wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan alam bawah laut Indonesia bagai candu yang memikat.

Sangat indah! Ada banyak sekali lokasi diving paling diminati di Indonesia, salah satunya bisa menjadi destinasi Anda selanjutnya.

Bagaimana, sudah siap mencoba aktivitas seru ini?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.