Dihantam Post-Holiday Blues! Ikuti 8 Tips Kembali Bersemangat Pasca Liburan

Libur lebaran memang sangatlah menyenangkan. Apalagi setelah berkumpul bersama keluarga besar yang sudah lama tidak berjumpa.

Momen lebaran merupakan momen paling membahagiakan yang paling ditunggu-tunggu. Adanya libur panjang juga menjadi poin penting sehingga setiap orang pasti tidak akan menyia-nyiakan waktu libur panjang ini untuk berlibur.

Namun, waktu tetaplah berjalan. Kini saatnya kembali ke rutinitas seperti biasa karena liburan telah usai.

Sebagian orang pasti akan merasa malas untuk kembali ke rutinitas sehari-hari. Inilah yang dapat memicu timbulnya masalah setelah liburan panjang.

Bagaimana cara memulihkan semangat pasca liburan Panjang? Simak beberapa tipsnya berikut ini.

1.    Sisakan 1 Hari untuk Istirahat Total

Waktu libur panjang merupakan waktu paling tepat untuk berlibur bersama orang tersayang di luar kota. Namun, jangan melupakan rutinitas sehari-hari yang harus Anda hadapi seperti halnya sebelum libur datang.

Sisihkan 1 hari saja untuk Anda agar dapat beristirahat total setelah kembali dari tamasya atau mudik lebaran. Hal ini dapat memulihkan semangat untuk menyelesaikan pekerjaan di esok harinya.

2.    Siapkan Perlengkapan Pekerjaan di Malam Hari

Terlambat bangun saat di hari kerja pasti akan cukup merepotkan. Hari-hari yang biasanya santai, mungkin akan sedikit berantakan saat hari pertama bekerja.

Oleh karena itu, siapkan segala perlengkapan pekerjaan di malam hari sebelum bekerja, mulai dari pakaian, sepatu, hingga buku agenda.

Jika Anda datang terlambat, maka itu bisa berpengaruh pada pekerjaan Anda. Datang ke kantor terlalu siang juga dapat membuat Anda terjebak dalam kemacetan.

3.    Datang Lebih Pagi

Rasa malas adalah musuh utama Anda saat kembali bekerja. Namun, malas harus dibuang sejauh mungkin.

Tinggalkan kebiasaan bangun siang selama liburan dan mulailah untuk bangun lebih awal di hari bekerja agar semangat dalam memulai hari.

Datanglah lebih pagi agar rasa malas lebih dapat dihindari sehingga lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan/

4.    Membuat Daftar Kegiatan

Agar semangat bisa kembali pasca liburan Panjang, Anda bisa mengatasinya dengan membuat daftar kegiatan yang harus Anda lakukan di hari pertama bekerja.

Bisa jadi akan ada banyak kegiatan yang harus Anda lakukan. Dengan membuat daftar kegiatan, Anda bisa memilah kegiatan mana dulu yang diprioritaskan sehingga bisa langsung dikerjakan.

5.    Review Project yang Tertinggal Selama Liburan

Saat liburan, mungkin Anda tidak menyentuh hal apapun yang berkaitan dengan peerjaan. Namun, jangan sampai Anda lupa akan pekerjaan terakhir yang Anda lakukan sebelum liburan.

Review beberapa project yang Anda kerjakan sebelum liburan. Apakah ada perkembangan? Atau project yang masih belum terselesaikan. Dengan begitu, pekerjaan Anda akan jauh lebih mudah.

6.    Mulai Bekerja Secara Perlahan

Hari pertama kerja mungkin akan sedikit merepotkan karena Anda harus menyelesaikan pekerjaan regular sekaligus mengejar keterlambatan.

Dengan begitu, kerjakanlah secara perlahan dan jangan terlalu dipaksakan untuk menyelesaikan semuanya. Semua hal yang dipaksakan bisa berakhir dengan tidak sempurna. Selesaikan dengan baik dan teliti.

Baca juga:

Atasi Sindrom “I Hate Monday” Sepulang Liburan, Ikuti 10 Tipsnya

 

7.    Atur Waktu dengan Baik

Bermalas-malasan saat hari pertama kerja bukanlah hal yang bagus. Perhatikan segala kegiatan yang Anda lakukan. Selesaikan pekerjaan Anda dengan tepat waktu agar tidak molor ke hari-hari berikutnya.

Dengan begitu, Anda tidak perlu pulang larut malam untuk menyelesaikan tugas yang menumpuk.

Dengan waktu yang sudah tertata, maka pekerjaan akan jauh lebih mudah dan Anda tidak perlu kerja lembur setiap harinya.

8.    Bekerja dan Menabung

Liburan sudah terlewat, kini saatnya Anda kembali fokus dengan segala rutinitas setiap harinya. Jangan lupa untuk menabung agar liburan selanjutnya bisa lebih mengesankan.

Semakin giat Anda bekerja, maka semangat untuk menabung juga akan semakin meningkat.

Kembali ke rutinitas seperti biasa memang hal yang cukup berat dilakukan setelah lebaran. Namun, hidup harus tetap berjalan.

Ada baiknya jika Anda bekerja lebih baik dan lebih giat lagi agar dapat mendapat hidup yang lebih maju. Persiapkan pula segala hal untuk liburan selanjutnya. Semangat menjalani hari!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.