Deg – degan Mau Naik Pesawat Terbang Pertama Kali! Ingat Baik – baik Tips Ini

Hendak menjangkau lokasi yang jauh ataupun dekat dalma waktu singkat? Pastinya moda transportasi udara seperti pesawat terbang, mutlak menjadi pilihan banyak orang.

Apalagi, jika kamu merupakan seorang traveller sejati. Melanglang buana hingga ke luar negeri juga bakal dilakoni.

Namun, ada kalanya bagi seseorang yang begitu khawatir dan takut saat naik pesawat terbang untuk pertama kalinya. Perasaan cemas, takut, antusias bercampur menjadi satu.

Selalu ada yang pertama kali untuk semua hal. Oleh karena itu, tidak perlu cemas berlebihan saat akan menumpang pesawat terbang. Kamu hanya butuh beberapa trik dan tips berikut.

Ingat baik – baik tips berikut ya…

Masukkan tiket pesawat dan dokumen dalam tas selempang badan

Kemungkinan besar, dokumen – dokumen penting seperti kartu identitas dan tiket pesawat terbang akan menjadi barnag yang sering kamu keluarkan dari tempatnya untuk ditunjukkan ke petugas imigrasi ataupun petugas bandara.

Oleh karena itu, lebih baik tempatkan saja dokumen seperti visa, paspor dan KTP di tas selempang yang ditempatkan di depan dada atau pinggang. Jadi, kamu tak harus mengambil di dalam tas ransel atau koper lagi.

Waspada batasan berat bagasi

Bepergian ke luar negeri, sebenarnya wajar saja jika membawa banyak barang seperti pakaian atau mungkin barang – barang, makanan untuk oleh –oleh dan sebagainya. Biasanya ada batasan tertentu bagi setiap penumpang. Rata – rata 10 – 20 kg tergantung ukuran pesawat terbang.

Jika kamu membawa barang atau tas yang terlalu banyak, maka siap – siap membayar tagihan karena ada biaya tambahan bagasi yang dikenakan setiap kilogramnya.

Baca dengan cermat

Tiket pesawat adalah petunjuk penting yang harus kamu baca dengan jeli. Di situ tercantum penomoran kursi tempat duduk di pesawat, terminal berapa dan banyak petunjuk penting lainnya. Untuk menaiki pintu pesawat terbang, sebaiknya cek kembali nomor terminal yang tertera di dalam tiket pesawat. Jika tidak, kamu bisa terlambat datang dan ketinggalan pesawat.

Datanglah 30 menit – 60 menit sebelumnya

Perhatikan juga jam keberangkatan atau lepas landas jadwal penerbanganmu. Karena, sebelum 30 menit keberangkatan, para penumpang pesawat diharuskan untuk check-in tiket dan juga memeriksa barang –barang bawaan. Jangan datang terlalu mepet karena ada banyak hal yang harus diurus dan kamu pasti tak ingin membuat terlambat penerbangan atau bahkan kamu ketinggalan pesawat.

Datang ke loket untuk check-in

Setelah melakukan security check awal, kamu bisa langsung menuju loket untuk check in. Di loket itu, kamu akan mendapat boarding pass kamu. Tak hanya itu, barang-barang berukuran besar seperti koper juga harus diserahkan untuk ditimbang dan masuk bagasi.

Saat menukar boarding pass, kamu bisa meminta petugas untuk memberikan tempat duduk yang nyaman untukmu. Misalnya saja kamu lebih memilih duduk di samping jendela atau di tengah.

Baca juga:

Tips Hemat Travelling Rame-rame ke Raja Ampat

Tunggu di gate awal pesawat dan tunggu di ruangan yang tersedia

Pintu gerbang untuk memasuki pesawat atau gate keberangkatan setiap penumpang berbeda tergantung jenis maskapai penerbangan. Kamu bisa memeriksa gate enter di bagian tiket yang kamu pegang, lalu segera check in di sana. Tunggu di ruangan yang tersedia dan jangan terlalu jauh dari gate. Pasalnya, terkadang jika ada perubahan jadwal atau informasi terbaru akan disiarkan dari gerbang ini.

Hindari mendengarkan musik dengan earphone

Ada banyak informasi yang bakal disiarkan secara langsung dari pengeras suara yang terdapat di ruang tunggu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu jangan memakai earphone untuk mendengarkan musik. Karena bisa ketinggalan informasi terkini karena tak mendengarnya.

Masuk pesawat, siapkan dokumen yang dibutuhkan

Sebelum memasuki pesawat terbang, petugas bakal memeriksa kartu identitas dan tiket boarding pas. Siapkan keduanya di dalam genggaman agar tak bingung mengeluarkan dari dalam tas.

Duduk sesuai penomoran boarding pass

Sesaat memasuki pesawat terbang tunjukkan kartu boarding pass kepada petugas atau staf pesawat seperti pramugari untuk menunjukkan nomor kursi yang sesuai.

Jangan terburu – buru turun setelah mendarat

Setibanya di kota destinasi atau bandara tujuan, tidak perlu tergesa – gesa turun. Periksa kembali barang – barang bawaan di bagasi sesuai nomor penerbangan.

***

Semoga berbekal tips – tips di atas, penerbangan bisa berjalan mulus dan lancar tanpa halangan apa pun. Ingin berlibur ke destinasi di seluruh Indonesia? Pastikan kamu telah menjadikan Jari Adventure sebagai mitra perjalanan yang siap mengakomodir kebutuhan wisata termasuk akomodasi, tiket pesawat terbang, dan lain – lain.

Hubungi agen travel wisata, Jari Adventure untuk perjalanan wisata yang praktis, bebas ribet dan pastinya bujet terjangkau. Selamat berlibur…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *