Cuma 8 Jutaan, Begini Tips Umrah ala Backpacker

Semua orang Islam pasti ingin dirinya untuk pergi ke tanah suci Mekkah dan Madinah, yaitu Umrah dan Haji. Umrah lebih sering dipilih banyak orang mengingat biayanya yang tidak sebanyak haji.

Untuk Umrah, Anda bisa pergi kapan saja. Tidak seperti haji yang harus menunggu bertahun-tahun. Umrah bukan berarti Anda berwisata seperti mengunjungi negara-negara lainnya.

Persiapan untuk Umrah harus benar tanpa ada kekurangan sebelum berangkat ke Arab Saudi. Ada banyak agen travel yang akan mempermudah perjalanan Anda menuju tanah suci.

Salah satunya adalah paket Umrah regular yang menjanjikan fasilitas seperti penginapan dan tiket pesawat. Anda hanya perlu memilih travel agen yang menjanjikan.

Sayangnya, niat beribadah bisa berakhir jika Anda salah memilih agen travel untuk umrah. Anda pasti tahu tentang berbagai kasus mengenai agen umrah yang menyalahgunakan uang atau dana dari pelanggannya?

Daripada salah pilih dan khawatir, ternyata ada beberapa cara yang dapat menekan harga perjalanan menjadi lebih murah. Apa saja? Simak berikut ini.

1.    Waktu Keberangkatan

Faktor yang harus dipersiapkan pertama kali saat berniat untuk umrah adalah waktu keberangkatan. Pastikan Anda memilih waktu yang tepat dan tidak bertubrukan dengan jadwal Anda yang lainnya.

Perkirakan tanggal yang tepat untuk tiket pesawat, visa, hingga cuaca di hari yang Anda pilih. Umumnya, waktu pendaftaran visa biasanya dibuka hanya pada bulan Shafar hingga bulan Ramadhan yang bisa Anda hitung sekitar 8 bulan efektif.

Perhatikan pula high season yang biasanya terjadi di bulan Rajab, Sya’ban, dan Ramadhan. Di bulan itu biasanya peminat umrah semakin banyak. Jangan lupa untuk mencari tahu suhu di Arab Saudi. Biasanya, cuaca di sana bersahabat di bulan Februari sampai Mei.

2.    Tiket Pesawat

Sebaiknya, Anda memesan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum mendekati hari keberangkatan yang Anda rencanakan.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Harga juga tergantung dengan maskapai yang Anda guakan. Selalu cari informasi mengenai harga tiket pesawat terutama tiket promo.

Untuk menekan biaya, Anda bisa memilih tujuan ke negara dengan minoritas muslim di dekat Jeddah atau Madinah atau negara tetangga lainnya yang tidak memerlukan pengurusan visa seperti Singapura, Thailand, Laos, Filiphina, atau Myanmar. Dengan begitu, pengurusan visa yang ribet bisa Anda langkahi.

3.    Penginapan

Yang pasti, penginapan atau hotel di sekitar pusat ibadah berupa hotel bintang 4 dan 5. Tentu saja akan cepat membuat kantong terbakar habis.

Namun, untuk menekan biaya, Anda dapat memilih hotel yang agak jauh dari pusat ibadah. Meskipun membutuhkan stamina lebih untuk mencapai pusat ibadah, namun biaya bisa Anda tekan.

Ada beberapa hotel bintang 3 yang harganya sekitar 200 SAR, yaitu 750 ribu rupiah. Ada juga apartemen murah dengan harga 50-100 SAR saja atau 182-375 ribu rupiah.

Cukup terjangkau, ya? Tak hanya itu, kamarnya bisa diisi 3-4 orang. Untuk lebih menghemat biaya, Anda dapat bermalam di kawasan Masjidil Haram atau Masjid Nabawi.

4.    Makanan

Ketika berada di Arab Saudi, maka waktunya Anda untuk pandai-pandai memilih makanan yang akan Anda konsumsi.

Bukan soal jenis makanan, namun soal harga. Carilah makanan yang harganya sesuai dengan kantong Anda. Beberapa diantaranya bisa Anda cari di makanan kaki lima di sekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Harga 1 porsi makanan bisa dihitung kira-kira 10-30 SAR, yaitu 37-112 ribu rupiah.

Selain itu, bisa juga untuk memesan catering hotel yang biasanya digunakan oleh jamaah umrah dan harus kembali ke hotel tepat waktu.

Biasanya dibandrol dengan harga 30-40 SAR, yaitu sekitar 112-1590 ribu rupiah. Keuntungan lainnya menggunakan catering hotel adalah rasanya bisa jadi sesuai dengan lidah orang Indonesia.

baca juga:

Mirip Negeri Khayalan, 5 Destinasi Wisata di Sri Lanka yang Menghipnotis

 

5.    Transportasi Lokal

Untuk poin yang satu ini memang cukup merepotkan. Apalagi jika Anda tidak tahu sama sekali mengenai Arab Saudi sendiri.

Namun, Arab Saudi memiliki transportasi umum yang tersedia 24 jam untuk memudahkan perjalanan Anda menuju pusat ibadah.

Untuk harga taksi dari Jeddah menuju Masjidil Haram adalah 200-300 SAR, sekitar 750 ribu hingga 1,1 juta rupiah.

Dengan menggunakan bus, maka Anda akan menekan biaya perjalanan berkali-kali lipat karena dikenai harga 30 SAR, sekitar 112 ribu rupiah sekali jalan. Jika Anda pandai bersosialisasi, Anda dapat menumpang secara gratis, lho!

6.    Mengurus Visa

Sebelum umrah, Anda harus menyiapkan visa. Tidak semua agen travel yang menyediakan fasilitas untuk membantu dalam pengurusan visa.

Anda dapat dikenai biaya sekitar 2,8-4,2 juta rupiah tergantung musim dan negosiasi Anda. Dengan mengikuti umrah murah ala backpacker ini tentu akan membuat dana menjadi lebih kecil.

Memang agak merepotkan, namun patut untuk dicoba dan diterapkan agar biaya tidak terbuang terlalu banyak. PIlih yang mana? Ala backpacker? Atau menggunakan jasa agen travel?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.