Cocok buat Kaum Milenial, 5 Tips Liburan ke Jerman Dengan Prinsip Go Green

Jerman merupakan salah satu negara di Eropa yang menjadi destinasi wisata impian orang Indonesia. Udara yang sejuk dan tata kota yang klasik dan elegan memberikan suasana baru bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di negara ini.

Udara yang sejuk dan lingkungan yang bersih di Jerman tidak terlepas dari gaya hidup para penduduk lokalnya. Orang Jerman sangat rajin dalam mengimplementasikan prinsip go green.

Negara jerman merupakan salah satu negara yang menyadari pentingnya merawat lingkungan dan menghemat sumber daya alam mereka. Hal ini perlu anda perhatikan jika sedang berlibur ke negara satu ini. Selain menjaga kebersihan, berikut beberapa tips liburan ke Jerman dengan prinsip go green.

1. Membawa tas sendiri saat berbelanja.

Saat sedang berlibur di Jerman, anda juga pasti akan berbelanja di supermarket setempat. Supermarket dan pasar di Jerman tidak menyediakan kantong plastik untuk belanjaan anda.

Oleh karena itu, membawa tas belanja sendiri merupakan hal yang esensial. Hal ini merupakan salah satu tindakan kecil dari masyarakat Jerman yang hendak mengurangi penggunaan plastik.

Anda bisa membeli di supermarket tersebut dengan harga yang cukup terjangkau atau membawa tas sendiri sebelumnya.

Setelah membayar di kasir, masuk barang belanjaan kembali ke keranjang anda. Lalu cari tempat untuk memasukan barang-barang anda ke dalam tas dengan santai. Jangan sampai anda menghalangi orang telah mengantri berikutnya.

2. Sistem daur ulang yang wajib diperhatikan.

Membuang sampah saja anda wajib memperhatikan tong sampah yang ada. Di Jerman, tersedia berbagai tong sampah dengan berbagai kode warna yang harus anda perhatikan.

Biru untuk sampah kertas, cokelat untuk sampah sisa makanan, kuning untuk berbagai kemasan (kardus, sterofoam, dan sebagainya), hijau untuk gelas kaca, dan hitam untuk barang lainnya yang tidak termasuk dalam kategori yang sudah disebutkan.

Pengelompokan sampah ini untuk memudahkan petugas sampah kota mendaur ulang sampah kaca atau plastik. Masih banyak lagi jenis-jenis tong sampah di Jerman untuk setiap barang. Mulai dari untuk baterai hingga sampah kain seperti pakaian.

3. Botol bekas bisa jadi uang.

Jika anda ingin mendapat uang tambahan, anda bisa menjual botol bekas anda. Ketika sedang berlibur ke Jerman, jangan cepat-cepat membuang sampah botol anda. Anda bisa menukarnya dengan uang melalui mesin khusus. Adapun supermarket yang menyediakan jasa penukaran botol daur ulang.

Perhatikan saja supermarket dengan tanda Pfund. Pertama anda perlu pastikan kemasan botol, apa ada tanda daur ulangnya. Botol plastik bisa dihargai hingga 25 cent, sementara botol kaca biasanya lebih murah. Dari sampah, anda bisa menyisihkan uang untuk kebutuhan tambahan anda selama berlibur di Jerman.

baca juga:

8 Alasan Kenapa Subang Cocok Jadi Destinasi Favorit Jawa Barat

4. Susah mendapatkan air mineral di Jerman.

Air mineral merupakan barang mewah di Jerman. Berbeda dengan negara-negara Eropa lainnya, anda tidak akan menemukan keran air mineral di jalan-jalan atau taman di Jerman. Air mineral juga bukan minuman gratis di cafe atau restoran.

Sebagai ganti air putih, biasanya mereka akan menyuguhkan soda bening. Anda bisa meminta air mineral namun harganya akan cukup mahal.

Air mineral botolan di supermarket juga cukup mahal. Oleh karena itu, anda perlu menghemat persediaan minum anda. Jika anda menginap di hostel atau penginapan yang menyediakan air, bawalah tumbler untuk menyimpan air minum.

5. Semua toko pada hari Minggu tutup.

Tak hanya peduli lingkungan, Jerman juga peduli dengan kualitas hidup dan istirahat setiap penduduknya. Setiap hari Minggu, hampir semua toko di Jerman tutup, seperti toko obat hingga supermarket.

Hal ini karena toko-toko tersebut telah buka 24 jam selama seminggu. Jadi, jangan lupa belanja berbagai keperluan sebelum hari minggu.

Namun, jangan khawatir, restoran, cafe, dan tempat-tempat wisata masih buka pada hari Minggu. Anda masih bisa bersenang-senang dan menghabiskan waktu di tempat-tempat tersebut.

Itu tadi berbagai tips liburan ke Jerman dengan memperhatikan prinsip go green. Jagalah kebersihan dan jangan malas mengikuti peraturan yang telah disebutkan. Jerman memiliki hukum legal yang ketat soal menjaga kebersihan lingkungan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.