Mudah dan Murah, Cara Liburan Hemat untuk Budget Mahasiswa

Butuh info liburan hemat yang gak bikin kantong mahasiswa merana? Jangan khawatir, ada banyak hal seru yang bisa dilakukan.

Sebagai mahasiswa yang masih lajang, Anda bisa lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Coba bandingkan dengan mereka yang sudah bekerja atau berkeluarga, kesempatan yang Anda punya tidak boleh disia-siakan.

Sayangnya, terkadang liburan hemat bisa sedikit menantang karena masalah uang. Tenang saja! Dengan budget terbatas, Anda masih bisa menikmati liburan. Berikut simak daftarnya!

 

1. Staycation

Cara termudah menghemat uang dan menikmati liburan budget terbatas adalah staycation. Liburan ini tidak perlu jauh-jauh ke luar kota. Tetapi, cukup menikmati tempat-tempat menarik di dalam kota sendiri.

Anda akan menemukan betapa banyak tempat wisata menarik setempat dan tidak butuh uang transportasi yang mahal. Jangan lewatkan wisata menyenangkan di kota asal Anda dan sekitarnya untuk menikmati staycation yang seru dan penuh kenangan.

 

2. Taman Nasional

Liburan ke Taman Nasional sangat bagus untuk menghemat anggaran. Karena, umumnya biayanya murah dan bahkan bisa gratis. Anda mungkin hanya butuh sedikit uang untuk menginap di homestay atau rumah penduduk setempat.

Memang bukan perjalanan glamor, tapi siapa yang mau menukar keindahan pemandangan alam, berkemah, dan pastinya siap-siap mendapatkan foto-foto pesona alam yang terbentang.

 

3. Penginapan Homestay

Nggak bisa kemana-mana selama pandemi? Jangan khawatir, masih banyak kok situs web online, di mana Anda bisa tinggal di Homestay. Ini bisa menjadi liburan yang seru sekaligus hemat.

Tentunya, Anda harus memilih homestay yang kredibel dan aman. Terutama, homestay yang sudah memiliki reputasi nama baik di kalangan wisatawan.

 

4. Agen Travel

 

Jika Anda memang berniat melakukan perjalanan liburan panjang selama musim libur kuliah, tak ada salahnya pergi ke agen travel. Soalnya, mereka biasanya menyediakan paket liburan khusus untuk mahasiswa yang ramah budget.

Antara lain seperti open trip, tour, outbound, dan sebagainya. Semuanya dirancang dengan durasi waktu dan tujuan wisata yang keren. Bahkan, ada juga yang sampai ke luar negeri selama beberapa hari.

Agen travel memiliki banyak informasi menarik tempat wisata paling populer, tempat menginap yang ekonomis, serta juga punya relasi orang dalam di industri pariwisata.

 

5. Sukarelawan

 

Yes, daripada bengong di rumah nggak ngapa-ngapain, lebih baik manfaatkan waktu yang ada dengan berkualitas dan membantu orang lain. Sukarelawan saat ini dibutuhkan di berbagai Lembaga sosial.

Entah itu, panti asuhan, panti jompo, pemadam kebakaran, sampai rumah sakit. Anda mungkin tidak mendapatkan pengalaman bersantai di tepi pantai atau menginap di villa mewah, namun bukankah pengalaman menjadi sukarelawan yang membantu orang lain akan sangat menginspirasi dan membanggakan?

 

baca juga:

Waspada Penipuan! 9 Tips Memilih Agen Umroh yang Profesional dan Terpercaya

 

6. Berkemah

 

Beberapa tempat wisata mungkin masih belum sepenuhnya menerima pengunjung. Maka itu, tidak ada salahnya melakukan perjalanan untuk berkemah dan melintasi alam.

Di alam, Anda bisa banyak belajar dan mendapatkan ketenangan. Pastikan membawa perbekalan yang memadai, dan memantau iklim cuaca melalui aplikasi.

Jika kondisi cuaca ekstrim atau tidak memungkinkan, Anda bisa memilih berkemah di camping ground lokal.

 

7. Pengabdian Masyarakat

Sebagai mahasiswa, tentu Anda sudah memahami kegiatan ini. Biasanya, pengabdian masyarakat sering dikenal juga dengan istilah “KKN” atau kuliah kerja nyata.

Meskipun memasuki waktu liburan kuliah, tidak ada salahnya bergabung dengan program Pengabdian Masyarakat ini. Terutama, jika Anda memilih jurusan pariwisata.

Di dalam kegiatan ini, Anda akan diajak untuk terjun langsung menangani berbagai kendala di suatu tempat wisata. Bagaimana mencari solusi dan meningkatkan atau mengembangkan potensi wisata yang ada. Mulai dari turut membersihkan lingkungan tempat pariwisata, mengelola tempat dan fasilitas umum, membina masyarakat lokal soal rumah makan, membuat oleh-oleh khas, dan masih banyak hal positif lainnya.

 

Nah, terbukti kan, waktu luang saat liburan kuliah itu nggak selamanya harus dihabiskan dengan liburan mahal atau bahkan jauh-jauh menyeberang benua berbeda.

Cukup di kota sendiri atau di negeri sendiri, masih banyak hal menarik yang bisa menciptakan pengalaman sekaligus pelajaran berharga untuk masa depan mahasiswa. Selamat bertualang!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.