Budget Ekonomis, Inspirasi Masakan Sehat ala Anak Kos

Makanan para anak kos biasanya terkenal dengan makanan yang instant dan itu-itu saja. Bahkan kebanyakan anak kos terutama laki-laki tidak bisa memasak. Sedangkan, hidup sendiri tidaklah mudah.

Biasanya makanan akan terhidang rapi di meja saat di rumah, namun apa kabar dengan anak kos yang harus memasak sendiri setiap hari.

Lalu, bagaimana membuat masakan sehat anak kos? Membuat makanan sehat tidak harus ribet meskipun hanya dikerjakan seorang diri.

Dengan bahan dan peralatan minimalis, masakan sehat yang mudah bisa Anda dapatkan. Apa saja inspirasi makanan sehat ala anak kos yang patut Anda coba? Simak berikut ini.

1.    Omelet dan telur rebus

Semua orang pasti suka dengan omelet maupun telur rebus. Omelet merupakan makanan sehat dan mudah disajikan.

Untuk variasi, tambahkan pula keju, cabai, bawang Bombay, dan tambahan lainnya yang dapat membuat omelet Anda semakin lezat. Jika Anda kehabisan bumbu, telur rebus bisa menjadi solusi.

2.    Kentang kukus

Selain nasi, Anda bisa mengonsumsi kentang kukus sebagai pengganti karbohidrat yang sehat. Jangan melulu soal mie ketika tidak makan nasi. Meskipun dimasak tanpa bumbu, kentang kukus tetap terasa nikmat bahkan lebih mengenyangkan dibandingkan nasi.

3.    Nasi Goreng

Selanjutnya, salah satu makanan sehat untuk anak kos dengan budget murah meriah adalah nasi goreng. Bahan-bahannya cukup mudah untuk didapat. Tambahkan lauk seperti telur atau abon untuk menambah asupan gizi di dalamnya.

Selain itu, membuat nasi goreng bisa menjadi pilihan Anda ketika Anda bosan dengan nasi putih seperti biasa. Sisa nasi dingin semalam yang belum tercium bau tentu bisa dimanfaatkan untuk disulap menjadi nasi goreng sebagai menu sarapan Anda.

4.    Roti Bakar

Ketika lapar menyerang namun tidak ada bahan makanan untuk dimasak, Anda bisa memilih roti bakar sebagai menu makanan Anda. Siapkan saja roti, meses, atau buah-buahan yang ada dalam kulkas. Selanjutnya, bakar menggunakan setrika.

Namun harus diingat, pastikan untuk membalut setrika dengan aluminium foil atau kertas agar roti tidak lengket di bagian setrika.

5.    Sup Sayur

Saat cuaca dingin, biasanya perut akan terasa lapar dan ingin makan yang hangat-hangat. Jangan langsung mengambil mie dan memasaknya. Pilihlah masakan yang lebih sehat seperti sup sayur.

Masukkan wortel, jamur, dan sayuran lainya yang mudah ditemukan di penjual sayur atau pasar. Membuat sup sayur juga cukup mudah dan tak membutuhkan waktu lama.

baca juga:

Bukan Cuma Gantungan Kunci, Inilah 8 Oleh oleh dari Pattaya Thailand

 

6.    Pancake

Bosan dengan makanan dengan cita rasa Indonesia? Bagaimana dengan pancake? Meskipun Anda adalah anak kos, namun membuat pancake tentu tidak ada salahnya.

Cukup siapkan terigu, telur, susu, dan sedikit gula lalu buatlah adonan pancake. Untuk topping, Anda bisa variasikan sendiri seperti buah, madu, atau cokelat.

7.    Sayur bayam bening dan sayur cah kangkung

Menjadi seorang yang jauh dari orang tua memang cukup menyulitkan. Sebagai anak kos, Anda harus tetap mencukupi nutrisi harian yang Anda makan. Terutama sayuran.

Tidak perlu ribet, Anda bisa memasak sayur bayam bening atau sayur cah kangkung sebagai menu disamping nasi. Kedua masakan ini tidak sulit untuk dimasak dan butuh waktu yang cukup singkat.

8.    Gandum

Jika Anda adalah orang yang suka memakan camilan sambil mengerjakan tugas sekolah atau tugas kuliah, maka pilihlah camilan yang mengandung nutrisi baik.

Jangan sering memakan camilan yang mengandung msg atau pengawet karena tidak baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah gandum.

Ada banyak camilan yang berbahan dasar gandum. Selain itu, gandum dapat membuat Anda lebih kenyang sehingga Anda tidak perlu makan camilan dalam sekali duduk.

Mengendalikan nafsu makan camilan cukup penting agar lemak tidak tertumpuk dalam tubuh Anda.

Itulah beberapa makanan sehat ala anak kos yang bisa Anda coba. Sebagai anak kos yang terkenal dengan kata hemat, makanan di atas tentu tidak akan menguras kantong Anda.

Apalagi memasaknya hanya membutuhkan waktu yang singkat. Untuk menu hari ini, menu apa yang ingin Anda coba?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.