Bisa Dimasak dalam 10 Menit, 6 Menu Sahur Praktis untuk Anak Kos

Kini kita akan menyambut bulan Ramadhan, waktu dimana setiap orang muslim akan berpuasa selama 1 bulan lamanya.

Ada banyak kenikmatan dan pengalaman seru ketika bulan Ramadhan berlangsung. Mulai dari takjil yang mulai dijual dimana-mana, buka Bersama keluarga dan sahabat, hingga waktu sahur.

Semua itu tidak akan Anda rasakan di bulan-bulan lainnya.

Namun, hal ini mungkin akan terasa berbeda untuk kalangan anak kos. Anak kos terkenal dengan super praktis, hemat, dan tidak ribet.

Keadaannya yang merantau atau jauh dari orang tua mungkin akan menyulitkan diri sendiri ketika berada di bulan puasa.

Meskipun begitu, pastikan Anda untuk tetap mengonsumsi makanan yang sehat agar puasa tetap bertenaga. Apalagi di waktu sahur.

Jika Anda terlalu malas untuk masak, namun ingin hemat maka cobalah menyajikan menu sahur yang praktis saja. Jadi gizi tetap akan terpenuhi, namun tidak memakan banyak waktu dan biaya.

Apa saja menu sahur praktis yang cocok untuk anak kos? Simak berikut ini.

1.    Aneka Variasi Telur

Telur adalah makanan yang sangat praktis untuk dimasak. Telur juga memiliki beragam variasi menu yang bisa Anda coba mulai dari telur dadar, rebus, hingga telur orak arik.

Tambahkan kornet dan kecap sebagai pelengkap menu Anda. Setiap olahan telur tentu membutuhkan waktu yang tidak lama, apalagi menu ini sangat hemat untuk anak kos.

Telur juga memiliki gizi yang cukup serta akan membuat Anda bertenaga setiap harinya. Olah menu telur yang berbeda-beda agar Anda tidak mudah bosan.

2.    Lauk yang digoreng Tepung

Makanan yang digoreng tentu akan lebih cepat untuk disajikan. Bagi Anda yang suka dengan makanan gorengan, maka cukup siapkan lauk yang tersedia seperti ayam, udang, cumi, dan yang lainnya lalu lumuri dengan tepung.

Dengan begitu, tidak terasa porsi akan menjadi sedikit lebih besar, lho! Tenang saja, ada banyak tepung cepat saji yang terjual di pasaran sehingga Anda tidak perlu meracik bumbu lagi.

3.    Sayur

Meskipun Anda termasuk golongan anak kos yang malas atau tidak ingin ribet, maka tetap jangan lupakan asupan sayur.

Sayur itu wajib dikonsumsi agar gizi tetap seimbang. Tidak perlu ambil contoh terlalu jauh, coba saja tumis kangkung. Tumis kangkung bisa dibuat cepat, lho! Dengan begitu, gizi Anda untuk berpuasa akan tetap terpenuhi.

4.    Salad

Bosan dengan menu Indonesia yang identic dengan nasi? Maka coba saja membuat salad. Selain cepat, salad buah maupun sayur sangat menyehatkan dan mengenyangkan.

Pilih buah atau sayur yang Anda inginkan, lalu potong kecil-kecil. Tambahkan juga dressing olive oil dan mayonnaise. Menu yang satu ini akan membuat sahur Anda menjadi ala kebarat-baratan.

5.    Martabak Mie

Meskipun mie memiliki banyak varian rasa, namun pasti akan terasa bosan jika cara olahnya selalu itu-itu saja. Oleh karena itu, coba saja martabak mie.

Olahan ini hanya membutuhkan telur sebagai bahan tambahannya. Setelah mie siap dan sudah dibumbui, campur mie dengan telur lalu goreng.

Rasanya? Dijamin nikmat! Porsinya juga akan semakin banyak dan bisa untuk sharing Bersama teman.

6.    Sereal dan Susu

Jika Anda bangun terlambat dan buru-buru untuk sahur, siapkan saja sereal dan susu dalam kotak. Menu ini tentu saja tidak ribet, bukan?

Kurang dari 5 menit, menu sahur sudah siap di atas meja. Menu ini juga cukup bergizi, namun mungkin rasa kenyang akan mudah cepat hilang.

Sereal dan susu juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak punya bayak waktu untuk sahur.

7.    Oatmeal Siap Saji

Selain sereal dan susu, oatmeal bisa menjadi jawaban Anda ketika tidak punya banyak waktu untuk sahur. Oatmeal terkenal akan gizinya yang menyehatkan jantung dan mudah untuk disajikan.

Rebus saja oatmeal dengan air panas lalu sajikan dengan topping sesuka hati Anda. Bisa tambahkan abon, atau campurkan susu dengan topping buah di atasnya.

8.    Salmon Rebus

Salmon? Terlihat sulit? Tentu saja tidak semua olahan salmon itu sulit. Jika Anda sedang memiliki uang lebih dan ingin makan ala Jepang, daripada beli lebih baik buat saja sendiri.

Rebus salmon yang telah diberikan garam secukupnya. Ternyata, salmon rebus memiliki tekstur lembut dan juga enak. Anda harus mencobanya!

Baca  juga:

Bak Tanah Khayalan, Wujudkan Mimpi ke Kawah Ijen Dengan 9 Tips Ini

 

9.    Mie goreng

Menu Mie goreng di sini bukan mie instant, ya! Mie yang satu ini bisa Anda kreasikan sesuai selera.

Setelah mie di rebus, tambahkan bumbu dapur serta sedikit sayuran agar lebih nikmat lalu goreng.

10.  Nasi Goreng

Untuk menu yang satu ini sepertinya menjadi menu praktis yang diandalkan semua orang.

Ketika Anda hanya memiliki nasi dan beberapa lauk, maka nasi goreng bisa menjadi pilihan. Selain masaknya cepat, nasi goreng juga pasti disukai banyak orang.

Itulah beberapa makanan praktis untuk anak kos yang patut Anda coba. Selain hemat, gizi untuk berpuasa juga tetap terpenuhi. Selamat mencoba!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.