Bikin Paspor Makin Mudah dan Cepat, Manfaatkan Whatsapp dan Aplikasi Antrian

Jika para traveler berencana ingin pergi berlibur ke luar negeri, paspor adalah hal penting yang harus Anda bawa. Paspor diperlukan karena harus ditunjukkan ketika memasuki perbatasan suatu negara walaupun di negara tersebut ada beberapa perjanjian yang membolehkan warga suatu negara tertentu dapat memasukinya dengan dokumen selain paspor.

Pembuatan paspor secara manual sangatlah rumit dan memakan banyak waktu. Di era digital ini Direktorat Keimigrasian, Kementerian Hukum dan HAM memberikan kemudahan bagi Anda yang akan membuat paspor, yaitu dengan aplikasi “Antrian Paspor” dan melalui pesan instan whatsapp. Kemudahan yang ditawarkan adalah pemesanan antrean, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama di Kantor Imigrasi hanya untuk menunggu nomor antrean Anda dipanggil. Berikut ini adalah cara pemesanan antrean dengan aplikasi “Antrian Paspor” dan melalui whatsapp.

Aplikasi Antrian Paspor

Kemudahan Aplikasi “Antrian Paspor” dapat diunduh di app store ataupun google play store. Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi ini, Anda juga bisa mengaksesnya di https://antrian.imigrasi.go.id. Sistem aplikasi ini tidak bisa Anda gunakan jika Anda ingin mengganti paspor yang hilang atau rusak dan perubahan data identitas diri.

Jika sudah mengunduh aplikasi maka Anda bisa pilih menu masuk. Apabila belum memiliki akun maka lakukanlah registrasi terlebih dahulu. Setelah itu Anda akan mendapatkan email untuk verifikasi akun Anda. Bila Anda tidak menemukan email di kotak masuk cobalah cek di spam. Lalu cobalah masuk ke akun Anda. Selanjutnya akan ditampilkan daftar Kantor Imigrasi, pilihlah Kantor Imigrasi yang akan Anda tuju untuk melakukan permohonan paspor.

Kemudian Anda bisa menentukan jadwal yang Anda inginkan untuk membuat paspor. Jika sudah, Anda akan menerima file berformat pdf yang harus diunduh dan kemudian dicetak untuk dibawa saat Anda datang ke Kantor Imigrasi.

Baca juga:

Liburan Ke Kalimantan Barat, Kunjungi 9 Tempat Ini

 

Melalui Whatsapp

Pendaftaran paspor melalui whatsapp ini merupakan alternatif bagi Anda yang tidak bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi “Antrian Paspor”. Pada Senin, 7 Agustus 2017 layanan pendaftaran melalui whatsapp ini serentak diluncurkan di 26 kantor imigrasi yang ada di wilayah Indonesia dengan pemohon paspor 150 per hari. Perlu diperhatikan bahwa untuk paspor yang rusak atau hilang tidak dapat diajukan melalui whatsapp.

Untuk mendaftar melalui whatsapp Anda harus memastikan bahwa kantor imigrasi tujuan Anda sudah menggunakan whatsapp untuk pendaftaran membuat paspor. Selanjutnya cari tahu nomor whatsapp kantor imigrasi tujuan karena setiap daerah memiliki nomor yang berbeda.

Setelah itu simpan nomor whatsapp tersebut, tidak lama kemudian Anda akan mendapatkan serangkaian pesan balasan. Yang pertama pilihlah tanggal layanan dengan mengetikkan #tgllayanan. Selanjutnya kirim kembali pesan dengan format #nama#tanggal lahir#tanggal yang dipilih. Kemudian akan dikirim konfirmasi penjadwalan layanan paspor lalu ketikkan kode persetujuan yang diberikan. Anda akan mendapatkan jadwal lengkap antrean paspor dan kode pemesanan.

Bagaimana.. mudah, kan? Anda tidak perlu datang pagi hari untuk mendapatkan antrean terdepan. Hanya dengan duduk manis di rumah Anda sudah mendaftarkan antrean. Selanjutnya Setelah Anda mendapatkan jadwal antrean bawalah kode pemesanan di whatsapp atau file pdf yang sudah dicetak jika Anda menggunakan aplikasi “Antrian Paspor”. Anda harus datang 30 menit sebelum jadwal yang sudah ditentukan.

Persyaratan lain yang harus Anda bawa ke kantor imigrasi, antara lain :

  1. E-KTP
  2. Kartu keluarga
  3. Akta kelahiran atau surat baptis
  4. Akta perkawinan atau buku nikah, ijazah
  5. Paspor lama jika ingin memperpanjang paspor

Paspor untuk anak memiliki persyaratan yang hampir sama, hanya saja ada beberapa tambahan berkas. Berikut persyaratan yang harus Anda siapkan :

  1. KTP kedua orang tua yang masih berlaku
  2. Kartu keluarga
  3. Akta kelahiran atau surat baptis
  4. Buku nikah orang tua atau akta perkawinan
  5. Paspor lama bagi yang memilikinya

Sebaiknya semua berkas yang dibawa adalah dokumen asli dan masing-masing sudah difotokopi. Bagaimana? Mudah bukan? Kalau sudah begini ayuk cuss ke luar negeri..

Mengurus dokumen untuk ke luar negeri semakin mudah dan praktis. Sama halnya untuk merancang liburan ke seluruh destinasi di Indonesia. Tak perlu ribet kesana – kemari, serahkan saja pada agen travel wisata terpercaya, Jari Adventure. Yuk, hubungi WA : 0877 – 78906999 untuk pemesanan atau info selengkapnya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *