Biar Tak Kehabisan Ongkos, Begini Cara Hemat Biaya Travelling

Traveling seakan menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap oran di zaman ini. Pekerjaan yang menumpuk serta aktivitas padat menjadi sebab orang-orang melakukan traveling dan berlibur.

Persiapan yang harus dilakukan sebelum traveling sangat penting dan wajib dilakukan agar mudah ketika berlibur. Salah satu hal yang menjamin berjalannya traveling adalah alokasi biaya traveling.

Salah satu masalah terhambatnya traveling adalah masalah biaya yang kurang atau ragu-ragu soal pengeluaran yang takut melunjak. Bahkan sebagian orang mengatakan bahwa traveling hanya dilakukan oleh orang yang memiliki uang lebih saja. Tentu itu adalah pernyataan yang salah.

Alokasi dana dan penghematan uang saat traveling adalah salah satu kunci keberhasilan dan kenyamanan berlibur sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi akan kehabisan uang secara tiba-tiba. Apa saja tips menghemat uang saat traveling? Mari intip tips yang ada di bawah ini.

  1. Menyiapkan jadwal dan rute perjalanan

Dengan memilih rute perjalanan yang terdekat akan membuat uang transportasi lebih hemat serta akan menghemat waktu. Persiapkan rute perjalanan sebelum melakukan traveling.

Anda dapat melihat rute perjalanan di aplikasi seperti Google Maps, Waze, atau GPS.Aplikasi ini akan memudahkan Anda mencari rute dan menghindari Anda untuk tersesat.

Schedule atau jadwal dengan alokasi waktu yang tertata membuat semua agenda traveling Anda tepat waktu dan dapat dikunjungi secara lengkap.

  1. Bawa barang secukupnya

Pastikan Anda membawa barang-barang yang Anda butuhkan ketika traveling, namun jika dirasa barang tersebut tidak terlalu penting maka jangan Anda bawa karena akan membuat tas atau backpacker menjadi lebih penuh.

Usahakan beberapa barang diantaranya fleksibel dibawa kemana-mana seperti sepatu yang bisa dilipat, sikat gigi lipat lengkap dengan pasta gigi kecil, sabun yang bahannya seperti kertas, dan beberapa barang ringkas lainnya.

Pisahkan alat mandi, baju, dan kebutuhan lainnya agar lebih rapi dan memberikan banyak ruang.

  1. Pilih lokasi yang sedang trend di lokasi traveling

Memilah dan memilih wisata di lokasi traveling Anda ternyata dapat membuat Anda sedikit lebih hemat. Anda dapat membandingkan biaya yang harus dikeluarkan saat melakukan traveling.

Banyak aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk mengecek tempat wisata yang trendi. Anda juga dapat membandingkan harga transportasi dan pernak pernik di tempat tujuan agar dapat menghemat uang.

Jangan lupa untuk mengunjungi wisata kuliner, alam, dan segala macam khas dari lokasi traveling Anda agar liburan terasa lebih lengkap.

  1. Traveling Rombongan

Seperti yang Anda ketahui, sekarang sudah banyak acara seperti family gathering yang sangat menguntungkan dari segi biaya.

Selain bersama keluarga, Anda dapat pergi traveling bersama teman kantor atau yang lainnya. traveling secara rombongan akan membuat Anda lebih hemat karena biaya akan ditanggung bersama.

Apalagi jika Anda berlibur bersama kantor dan biaya ditanggung oleh pihak kantor. Tentu sangat menguntungkan bukan? Namun usulan wisata dan tujuan lainnya perlu dibahas bersama agar dapat menampung semua keinginan peserta traveling.

  1. Menyiapkan beberapa plan untuk antisipasi

Meski Anda sudah membuat jadwal dan agenda traveling, bisa saja ada hal yang membuat rencana tidak sesuai, seperti terhambat macet, cuaca, atau kondisi alam.

Untuk antisipasi hal yang akan terjadi, maka Anda harus menyiapkan plan A, B, atau C dan seterusnya agar tidak kebingungan untuk mengatasi keterhambatan yang terjadi.

Jika terjadi kendala di plan A, maka dengan sigap Anda harus menggantinya dengan plan B agar traveling tetap berjalan dan tidak membuang banyak waktu.

Baca juga:

7 Landmark Kota London yang Paling Mengagumkan Untuk Dijelajahi Tour Jalan Kaki

 

  1. Tetap stylish dan modis

Stylish dan modis tidak perlu mahal. Anda harus menghindari untuk membeli pakaian dan aksesoris yang terjual di lokasi wisata yang Anda kunjungi jika ingin lebih berhemat.

Harga produk di tempat wisata tentu lebih mahal daripada di luar tempat wisata. Selain itu, Anda tetap bisa eksis dengan berfoto tanpa harus membeli atau menyewa kamera SLR atau DSLR.

Perkembangan smartphone yang pesat dapat membuat hasil jepretan Anda tetap bagus dan cantik sehingga tetap dapat Anda upload ke media sosial.

Itulah beberapa tips berhemat ketika traveling yang dapat Anda terapkan. Berhemat itu penting karena dapat membuat Anda memiliki uang lebih untuk simpanan traveling selanjutnya. Selain itu, tips di atas akan membantu Anda untuk tidak kalap mata ketika berbelanja di lokasi wisata.

Bagaimana? Tertarik untuk berwisata belanja? Pastikan dulu agen travel wisata Anda menggunakan jasa Jari Adventure ya.. Happy travelling as always..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.