Bepergian Sendirian Alias Solo Travelling itu Menyenangkan, Bekali Dirimu Dengan 7 Tips Ini

Apa yang terpikirkan jika Anda menjelajahi suatu tempat asing sendirian? Takut, bingung, was- was pastinya campur aduk di dalam benak.

Akan tetapi, jauh di relung hati, pasti keadaan ini juga meningkatkan rasa penasaran dan antusias untuk berani melangkah keluar dari zona nyaman.

Oleh karena itu, bagi sebagian traveller, penting bagi mereka untuk melakukan solo travelling atau bepergian sendirian untuk menantang sebesar apa nyali yang ada pada diri sendiri.

Meski terdengar seru dan menggetarkan adrenalin, solo travelling tak bisa dilakukan sembarangan. Butuh persiapan matang dan juga membekali diri dengan berbagai informasi di tempat destinasi.

Apalagi, jika Anda akan pergi ke luar negeri yang tentunya berbeda adat, budaya bahkan bahasa.

Nah, siap melangkah lebih jauh untuk menapaki luasnya bumi ke negeri seberang? Yuk, simak tips – tips travelling sendirian untuk liburan yang maksimal dan paling berkesan seumur hidup:

Tetap kontak dengan keluarga

Bagaimana pun juga, solo traveller tak boleh melepas kontak dengan keluarga di negara asal. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di negeri orang. Hal – hal tak terduga atau kondisi darurat, tetap membutuhkan referensi kontak keluarga kita di negeri asal.

Jadi, siapkan itinerary atau rincian jadwal perjalanan kita. Tempat – tempat yang akan kita kunjungi, jam berapa saat kita berkunjung, dan pastikan memberikan kontak alamat hotel atau tempat menginap agar lebih mudah saat dihubungi dalam kondisi darurat.

Jaga perhiasan, uang dan dokumen dengan baik

Solo traveller memang menyenangkan. Tetapi, juga terkadang di beberapa negara sangat rentan tindak kriminalitas. Siapkan diri untuk kondisi yang tak terduga, lebih baik simpan perhiasan di rumah. Jangan menggunakan perhiasan mencolok. Dan simpan uang cash secukupnya.

Dengan begitu setidaknya kita dapat meminimalisir tindak kriminalitas seperti pencurian atau penjambretan.

Jangan menaruh barang berharga dan uang di satu tas

Sudah banyak kasus pencurian dokumen atau penjambretan yang menimpa wisatawan asing menyebabkan kerugian besar dari segi waktu dan materi. Usahakan untuk tidak menyimpan dokumen, uang atau benda berharga dalam satu dompet atau tas. Sebaliknya, masukkan uang ke dalam saku celana atau saku jaket yang tersembunyi.

Bila, dompet kita hilang, maka kartu identitas atau paspor masih aman. Uang atau dompet mungkin masih bisa dicari dan dibeli, tetapi keberadaan paspor dan kartu identitas sangat penting bagi turis asing.

Jangan pamer barang mewah

Perhatikan pula kondisi lingkungan sekitar. Apalah di sekitar destinasi wisata cukup aman untuk wisatawan berfoto atau mengenakan barang mahal.

Sebagai contoh, saat kamu berada di dalam hotel atau restoran fine dining, maka tidak masalah mengenakan jam mewah atau perhiasan emas untuk mempercantik penampilan.

Akan tetapi, untuk datang ke tempat – tempat publik yang berdesakan dan ramai pengunjung sebaiknya hindari memakai busana mencolok dan barang – barang mewah agar tidak mengundang para kriminal.

baca juga:

Perbanyak membaca info tentang destinasi

Cari tahu tentang kebiasaan di tempat destinasi. Misalnya, jam malam untuk turis asing, daerah – daerah rawan, atau bahkan budaya di sekitar sana. Anda bisa menelusuri karakter tempat destinasi melalui online atau blog – blog milik para traveller.

Buatlah rincian budget dan jadwal di dalam HP

Akan lebih praktis untuk menghitung budget dan biaya jika Anda telah merancang sejak awal keberangkatan.

Travelling rame – rame umumnya akan lebih hemat. Karena traveller bisa saling patungan dana alias share cost. Akan tetapi, bagi traveller yang bepergian sendiri alias solo travelling, Anda hanya perlu sedikit merencanakan anggaran agar tidak lepas kendali.

Hal terburuk yang bisa menimpa solo traveller adalah kehabisan ongkos di tengah perjalanan. Dan ini sama sekali tidak boleh terjadi.

Belajarlah packing seringkas mungkin, dan efisien waktu

Sebagai seorang solo traveller, kemungkinan besar kemana – mana Anda akan bersiap dengan kondisi sendirian alias mandiri tanpa ada yang membantu mengangkat atau membawa barang – barang.

Daripada repot dan kelelahan karena barang bawaan yang banyak. Lebih baik, packing saja seringkas mungkin. Bawa baju kaos yang bisa dipakai berlapis saat dingin, dan kainnya cepat kering setelah dicuci. Dengan begitu, isi tas tak akan membebani punggung.

***

Solo travelling melanglah buana ke mana saja, menjadi lebih praktis dan menyenangkan dengan bantuan agen travel. Jari Adventure siap mengakomodir segala kebutuhan perjalanan wisata sesuai bujet liburan Anda.

Selamat berlibur..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *