Bepergian Selama Wabah Covid-19, 6 Barang Ini Wajib Ada dalam Tas Kamu

Wabah coronavirus yang bahkan sudah ditetapkan sebagai pandemi terus meningkat secara global. Banyak dari kita mungkin menunda atau bahkan membatalkan rencana perjalanan untuk menghindari terkena atau menularkan penyakit.

Namun sebagian orang mungkin tidak memiliki pilihan karena harus melanjutkan perjalanan dengan sejumlah alasan, seperti keadaan darurat keluarga atau komitmen pekerjaan yang sangat penting.

Bagi yang akan bepergian di tengah wabah, kamu bisa melakukan perjalanan seaman mungkin dengan mengikuti panduan dari profesional. Yuk, simak benda-benda apa yang mesti kamu bawa selama wabah corona?

 

1.  Hand Sanitizer

Meskipun pemerintah telah menekankan pentingnya sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama pandemi, hand sanitizer atau pembersih tangan dengan setidaknya 60 persen alkohol adalah alternatif terbaik dalam perang melawan penyebaran penyakit saat air dan sabun susah untuk didapatkan.

Hand sanitizer wajib digunakan setiap kali selesai menyentuh sesuatu dan hindari terlalu sering menyentuh mata, hidung atau mulut sebelum tangan benar-benar bersih.

Lakukan pencucian secara benar dengan menggosok seluruh permukaan tangan selama 20 detik.

Perhatikan saat kamu harus membawa pembersih tangan cair ini di bandara AS karena petugas hanya mengizinkan untuk membawa bawang bawaan dalam wadah seberat 12 ons atau dibawahnya.

Namun, kaleng semprotan desinfektan tidak diperbolehkan di dalam tas jinjing. Semua cairan lain, gel, dan aerosol setidaknya 3,4 ons atau dibawahnya untuk melewati pos pemeriksaan.

 

2. Tisu

Kamu punya alergi yang kadang-kadang menyebabkan bersin atau batuk ringan? Untuk menjaga keamanan orang lain selama perjalanan, kamu wajib mengepak tisu kecil dalam tas tangan untuk menutup mulut saat bersin atau batuk dan harus segera dibuang setelah digunakan. Kamu juga bisa berbagi tisu dengan orang lain saat orang di dekatmu memerlukannya.

Penyebaran Covid-19 dari orang ke orang diperkirakan terjadi ketika seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin dan mengenai orang-orang di sekitarnya atau permukaan benda yang kemudian disentuh oleh orang lain.

Penyebaran virus corona memang mirip dengan penyebaran influenza dan patogen pernafasan lainnya.

 

3. Tisu antibakteri dengan alkohol

infosurabaya.id

Bila kamu berencana untuk naik pesawat, kereta api, bus atau perahu saat bepergian selama wabah maka mengelap area pribadi sebelum digunakan dengan tisu antibakteri yang mengandung alkohol sangat dianjurkan.

Menurut spesialis penyakit menular Universitas Negeri Ohio Debra A. Goff, Pharm.D., tempat-tempat yang paling sering disentuh seperti sandaran tangan, pegangan sabuk pengaman dan meja nampan wajib untuk diseka dengan tisu anti bakteri untuk memastikan bebas kuman sebelum digunakan. Goff juga menyarankan untuk membagikan tisu tersebut ke sesama teman duduk.

Tisu desinfektan juga harus digunakan untuk membersihkan lingkungan sekitar terutama saat memasuki kamar hotel atau tempat usaha terutama pada bagian atas meja, meja samping tempat tidur, wastafel, dan gagang pintu.

Pastikan untuk mencuci tangan kembali setelah bersih-bersih.

 

4. Masker

Semenjak virus corana menyebar, banyak orang melakukan aksi borong Alat Pelindung Diri atau APD sehingga barang-barang tertentu hilang dari pasaran.

Salah satunya adalah masker wajah. Apakah masker termasuk benda yang wajib dibawa saat melakukan perjalanan?

Untuk melindungi diri sendiri, seseorang seharusnya tidak membeli masker secara membabi buta karena masker tidak efektif untuk mereka yang tidak memiliki gejala sakit.

Membeli masker atau bahkan menimbunya untuk keperluan pribadi akan menghabiskan persediaan yang seharusnya diperuntukkan bagi para profesional tenaga medis yang berada di garda depan dalam menanggulangi wabah.

baca juga:

Siapkan Fisik Anda! 5 Tips Hiking di Camino de Santiago Spanyol yang Perlu Diingat

 

5. Bekal sehat

countynewscenter.com

 

Harry Oken, M.D., anggota dewan penasihat penyakit dalam dan medis untuk Persona Nutrition menyarankan untuk lebih berhati-hati terhadap makanan yang kamu makan selama bepergian.

Memilih sayur dan buah yang sudah dikupas daripada yang belum dikupas atau daging yang dimasak daripada yang mentah.

Oleh karena itu, lebih aman bila kamu menyiapkan segala keperluan makan sendiri selama dalam perjalanan.

Perhatikan nutrisi makanan dan pilih makanan yang mengandung Curcumin yang diketahui memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri. Oken juga menyarankan untuk menghindari segala minuman yang mengandung es.

 

6. Bantal dan sarung bantal

shopify.com

Tidur memiliki peran penting dalam menyegarkan sistem kekebalan tubuh. Jika kurang tidur maka tubuh akan melemah dan kemungkinan besar menyebabkan sakit.

Jadi pertimbangkan untuk bepergian dengan membawa bantal atau sarung bantal sendiri sehingga waktu istirahatmu tetap terjaga.

Semoga tips di atas dapat membantumu saat harus bepergian di tengah wabah. Stay safe and good luck!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.