Bencana Gempa, 6 Hal yang Pantang Dilakukan Petualang Sejati di Tempat Wisata

Melakukan traveling ke destinasi wisata andalan memang merupakan momen-momen yang tak terlupakan. Baik itu wisata alam, wisata sejarah, maupun wisata penuh wahana permainan. Namun, salah satu hal yang patut kita perhatikan dan kita jaga adalah etika serta tingkah laku sesuai aturan di dalam tempat wisata.

Meskipun kita sebagai seorang turis, tata krama dan perilaku juga harus dijaga sepanjang melakukan wisata. Hal itu baik untuk diri sendiri, dan juga pihak pengelola tempat wisata. Setiap destinasi wisata pasti punya larangan yang harus kita patuhi sebagai pengunjung.

Namun, ada juga pariwisata yang tidak menjelaskan secara detail aturan yang harus kita patuhi. Meskipun begitu, sebagai manusia kita harus punya kesadaran sendiri bagaimana harus bersikap.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika berada di tempat wisata adalah sebagai berikut :

1.Buang Sampah Sembarang Tempat

Membuang sampah sembarangan memang merupakan larangan nomer satu dimana saja dan kapan saja. Sampah yang Anda buang di sembarang tempat akan membuat pencemaran di tanah dan membuat lingkungan tidak asri lagi. Apalagi sampah menjadi menumpuk dan membutuhkan penanganan khusus.

Di tempat wisata pasti sudah disediakan tempat sampah di masing-masing tempat untuk makanan dan minuman. Bahkan sampah organic juga dipisah dengan non organic. Tapi tetap saja masih banyak turis yang selalu membuang plastic makanan dan minuman yang mereka bawa di sembarang tempat, di bawah pohon contohnya.

Jika Anda tidak melihat tong sampah disekitar Anda, simpan saja dulu sampai Anda menemukan tempat sampah. Anda juga bisa bertanya kepada petugas setempat dimana letak tempat sampah. Meskipun sudah pasti ada petugas pembersihan, namun bantulah mengurangi lelahnya dengan membuang sampah pada tempatnya.

2.Melakukan Tindakan Asusila

Meskipun berada di tempat wisata, ternyata masih banyak orang yang tidak bertanggung jawab dengan melakukan tindakan asusila di tempat umum.

Bahkan, banyak orang sering memanfaatkan tempat yang sepi untuk melakukan tindakan itu. Apalagi di tempat wisata alam yang sering memiliki beberapa tempat yang remang-remang dan jauh keramaian.

Harusnya, tempat wisata alam itu untuk dinikmati keindahannya, bukan menjadi ajang melakukan hal yang tidak-tidak. Jauhi hal yang satu ini ya!

3.Mencorat-coret

Kebiaasaan yang satu ini sudah melekat terutama pada para remaja yang tidak bertanggung jawab. Biasanya mereka akan mencoret dinding dengan menggambar, menulis organisasi, nama pasangannya, serta tulisan-tulisan lainnya dengan menggunakan spidol bahkan pilok.

Tidak hanya dinding, tempat wisatapun menjadi sasaran empuk bagi anak-anak yang tidak tahu aturan. Mereka beraksi dengan mencoret bebatuan di gunung dan tempat lainnya sehingga membuat tempat wisata menjadi kotor. Selain itu, pemandangan menjadi terganggu karena dirusak.

Biarkan tempat wisata menjadi tempat yang indah dan asri tanpa ulah tangan-tangan yang tidak mau bertanggung jawab.

4.Mencuri

Tindakan yang paling tidak terpuji dimanapun dan kapanpun adalah mencuri. Mencuri tentu dilarang keras karena merugikan orang lain.

Di tempat wisata, biasanya Anda akan mendapat perhatian untuk selalu berhati-hati dengan barang bawaan Anda. Itu hanya untuk melindungi barang Anda dari serangan para pencuri yang mencuri dompet dan barang lainnya. Bahkan, tidak jarang pencuri yang melakukan aksinya dengan mencuri fasilitas dan barang di tempat wisata seperti barang bersejarah, situs purbakala, dan yang lainnya.

Untuk tempat wisata seperti museum yang memiliki barang sangat berharga pasti sudah memiliki keamanan yang tinggi. Jauhilah tindakan yang dapat membuat orang lain merugi serta tidak terpuji itu.

5.Membuat Gaduh

Hal yang satu ini memang tidak ada larangan jika tidak berlebihan. Berlari, tertawa, melompat tentu diperbolehkan, namun jika sampai mengganggu pengunjung lainnya, Anda dapat mendapat teguran dari pengurus tempat wisata. Jangan lupa untuk menjaga kesantunan diri agar tidak membuat orang lain terganggu.

Baca juga:

Curug Pangeran Beri Sensasi Mandi Raja Sunda

 

6. Merusak Fasilitas

Untuk yang satu ini sering menjadi himbauan penting di tempat wisata bersejarah seperti candi dan museum. Fasilitas yang disediakan tidak boleh sembarangan kita mainkan dan kita pegang.

Bisa-bisa barang akan rusak atau jatuh tanpa disengaja. Kalau tanpa sengaja saja sudah mendapat sanksi berat, apalagi merusak dengan disengaja? Merusak fasilitas wisata justru tidak ada untungnya, malah membuat rugi saat ketahuan oleh petugas.

Banyak orang tak bertanggung jawab yang merusak fasilitas seperti pintu, kamar mandi, lampu, pagar, gazebo, dan fasilitas lainnya.

***

Sebagai petualang sejati yang bijak, sudah sepatutnya untuk menjaga kelestarian lingkungan tempat wisata. Persiapkan perjalanan wisata Anda bersama agen travel wisata yang berpengalaman. Jari Adventure tour and travel siap mengakomodir perjalanan wisata Anda ke berbagai destinasi di Nusantara dan Mancanegara.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.