Beli Tiket Pesawat Saat New Normal, Tetap Aman dan Jaga Kesehatan!

Karena telah memasuki era New Normal, berbagai sektor industri termasuk dunia penerbangan akan segera dibuka.

Meski begitu, masyarakat tetap diimbau untuk menjaga kebersihan serta menegakkan protokol kesehatan yang diterapkan oleh Pemerintah.

Virus Covid-19 masih mewabah di Indonesia. Adanya pelonggaran aturan bukan berarti Anda bisa bebas seperti sedia kala.

Bagi Anda yang sempat akan bepergian ke luar kota atau ke luar negeri untuk keperluan bisnis atau sekadar berlibur, sudah bisa dilanjutkan dengan menjaga etika Kesehatan yang baik.

Dibukanya penerbangan di Indonesia membuat banyak sekali maskapai yang membuka promo tiket dengan harga terjangkau. Simak beberapa tips membeli tiket pesawat saat New Normal berikut ini.

 

  1.       Hunting Promo Tiket Pesawat

Promo tiket pesawat dengan harga terjangkau sedang bertebaran akhir-akhir ini. Jika Anda telah memutuskan untuk pergi ke luar kota atau negeri, segeralah membooking tiket dengan harga miring.

Hunting promo tiket pesawat sejak kini. Bisa dari maskapai hingga jasa travel tour. Biasanya mereka memberikan promosi secara tiba-tiba.

Mulai membuka official website di maskapai kesayangan Anda baik dari dalam maupun luar negeri. Bisa juga mencari informasi dari media sosial maskapai, bank, jasa tour dan travel. Cek pula di beberapa aplikasi booking tiket terpercaya karena biasanya aka nada notifikasi bagi diskon besar-besaran.

Jika Anda sudah menemukan tiket pesawat paling cocok di kantong, segera melakukan pembayaran agar tidak kehabisan. Tentunya tidak hanya Anda yang berburu tiket, bukan?

Namun, tetaplah waspada dalam memilih tur dan travel agar liburan tetap safety. Ada beberapa akun media sosial jasa tour dan travel yang mengambil untung dengan melakukan penipuan.

Berbagai maskapai memberikan harga miring dikarenakan kini kita sedang berada dalam wabah virus corona, dimana Sebagian besar orang terkena dampak ekonomi. Manfaatkan sebaik mungkin, ya!

 

  1.       Beli Tiket Jauh Hari Sebelum Keberangkatan

Membeli tiket jauh hari sebelum keberangkatan bukanlah tips baru, namun harus tetap Anda lakukan meski banyak promo tiket yang bertebaran. Waktu ideal bagi Anda untuk membeli tiket adalah 6 hingga 12 bulan sebelum waktu keberangkatan.

Jika Anda sudah memiliki rencana liburan atau destinasi, sebaiknya mulai untuk hunting tiket pesawat sejak dini. Dengan begitu, Anda tidak mendapatkan harga naik jika pesan dekat dengan hari keberangkatan.

Jangan lupa memastikan rombongan Anda yang benar-benar deal untuk berangkat, agar tiket yang dibeli tidak terbuang sia-sia.

 

  1.       Nonstop, Direct, dan Transit

Saat akan mencari tiket pesawat, tentukan dulu jenis tiket penerbangan yang Anda pilih. Ada 3 jenis tiket penerbangan, mulai dari nonstop, direct, serta transit.

Apa maksud dari 3 jenis tiket tersebut?

Yang pertama ialah penerbangan nonstop, sesuai namanya berarti penerbangan tanpa henti hingga sampai ke bandara tujuan.

Hampir sama dengan penerbangan nonstop, penerbangan direct ialah penerbangan yang akan berhenti di bandara lainnya untuk mengisi avtur, namun tidak mengganti nomor penerbangan penumpang alias Anda masih dalam pesawat yang sama.

Sedangkan penerbangan transit ialah pesawat akan berhenti di bandara lainnya dan pengunjung akan pindah pesawat. Dengan begitu, Anda harus memindahkan barang bawaan ke pesawat selanjutnya saat transit.

Ketiga jenis penerbangan ini memiliki perbedaan. Dari segi harga, penerbangan transit dibandrol dengan harga lebih murah. Kelebihan lainnya ialah Anda punya waktu lebih untuk berjalan-jalan di bandara. Kekurangan transit adalah Anda harus mencari penginapan jika transit semalaman.

Jika Anda memilih tiket direct, harganya akan lebih mahal, namun lebih efisien karena tidak harus pindah pesawat.

 

baca juga:

Tips Hemat Travelling Rame-rame ke Raja Ampat

 

  1.       Pilih Penerbangan Sesuai Tujuan

Jika Anda akan berlibur ke Seoul, Korea Selatan, maka Anda bisa memilih penerbangan ke bandara di sana karena harga tiket akan lebih murah.

Sesuaikan tiket pesawat yang Anda beli dengan lokasi tujuan. Jika tidak, Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk mencapai lokasi tujuan Anda dari lokasi bandara.

 

  1.       Beli Tiket Pulang – Pergi

Membeli tiket berangkat sekaligus untuk pulang merupakan cara paling efektif untuk mendapatkan tiket dengan harga ramah di kantong. Namun tetap pastikan untuk memproses pembelian tiket jauh-jauh hari.

Bukti pembelian tiket pulang – pergi biasanya diperlukan saat Anda mengurus visa ke luar negeri dan paspor. Tidak ada salahnya untuk membeli tiket pulang – pergi karena selain jauh lebih murah, juga akan melancarkan proses pengajuan visa.

Meski liburan sudah di depan mata, tetaplah menjaga tubuh tetap fit dengan protokol Kesehatan dan aturan yang berlaku. Memilih lokasi tujuan yang aman juga menjadi salah satu hal terpenting untuk menekan angka terinfeksi virus Covid-19.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.