Belanja Oleh-oleh di Luar Negeri, Ada 5 Cara Mudah Tukar Uang Rupiah

Salah satu hal terpenting saat melakukan kunjungan ke luar negeri adalah uang. Saat berada di luar negeri, otomatis mata uang yang akan Anda gunakan mengikuti negara yang sedang Anda kunjungi.

Sejumlah dana dengan mata uang asing harus Anda persiapkan, dollar terutama karena mata uang ini digunakan di berbagai negara.

Namun, menukarkan uang rupiah dengan mata uang asing tidak boleh sembarangan. Anda harus hati-hati apalagi ketika Anda ingin menukar uang dalam jumlah besar.

Jangan sampai Anda tertipu dan rugi besar. Menukar uang di luar negeri juga sering membuat banyak wisatawan bingung karena mereka tidak tahu tempat penukaran uang terbaik.

Akhirnya, banyak wisatawan yang memilih lokasi lain yang tidak meyakinkan sehingga membuat mereka rugi.

Oleh karena itu, Anda bsisa memperhatikan beberapa point penting di bawah ini agar mudah ketika menukar uang di luar negeri.

1. Menghitung Jumlah Uang yang Akan Ditukar

Sebelum pergi untuk menukarkan uang, pastikan Anda tahu jumlah uang Anda yang ingin Anda tukarkan. Anda tidak perlu membawa terlalu banyak uang, dan jangan terlalu sedikit juga.

Uang yang cukup akan memudahkan Anda agar tidak terlalu boros. Hitunglah perkiraan budget yang Anda habiskan saat berada di luar negeri.

Pastikan semuanya cukup untuk makan, berwisata, transportasi, akomodasi, hingga yang lainnya agar Anda tidak perlu bolak-balik untuk menukarkan uang.

Menukar uang berkali-kali bisa saja membuat Anda rugi karena nilai kurs yang selalu berubah-ubah. Menukar uang dengan jumlah yang sedikit dilebihkan akan memberi keuntungan tersendiri agar Anda tidak khawatir kehabisan uang.

2. Memilih Tempat Penukaran Uang

Ternyata ada banyak pilihan tempat untuk menukarkan uang dengan mata uang negara yang Anda tuju. Namun, tidak semuanya bisa dipercaya menggunakan kurs yang benar.

Hindari melakukan pertukaran nilai uang di bandara atau bank karena nilai tukar uang di sana akan lebih rendah.

Pilih money changer karena akan memberikan nilai tukar uang paling tinggi dibandingkan tempat lainnya. Anda bisa pergi ke money changer kepercayaan Anda untuk sekedar menukar uang.

Namun, Anda harus tetap berhati-hati mengingat maraknya pencurian yang beredar di berbagai tempat. Pastikan situasi aman lalu mulailah melakukan penukaran uang.

3. PIlih Waktu Penukaran yang Tepat

Jangan lupa untuk mengecek kurs dan pilih waktu saat kurs sudah stabil. Anda bisa memilih waktu di awal pekan karena kurs biasanya akan stabil, terutama saat pagi.

Hal terpenting ialah Anda wajib menukarkan uang sebelum Anda berangkat ke negara tujuan. Sebab nilai kurs pasti meningkat di waktu liburan.

Jangan lakukan secara buru-buru agar Anda tidak rugi. Pastikan kurs stabil dan segera tukarkan di tempat yang tepat.

Jika Anda menukar uang disaat yang tidak tepat, maka siaplah untuk menyesal karena Anda akan rugi. Bagaimana jika ruginya besar? Pasti akan menyebalkan.

Cek kembali kurs di internet saat Anda berada di tempat penukaran uang.

4. Memahami Selisih Nilai Tukar

Anda pasti tahu jika selisih mata uang Rupiah terlampau jauh dengan beberapa negara maju seperti mata uang Euro dan Baht. Nilai tukarnya sangat tinggi dengan nilai Rupiah.

Jika Anda berkunjung ke negara dengan mata uang tersebut, maka Anda harus menyiapkan budget yang lebih banyak. Jika tidak, pertimbangkan lagi destinasi tujuan Anda.

Rugi pasti biasa saat menukar nilai mata uang, namun beda lagi ceritanya jika budget yang Anda miliki pas-pas an dan Anda akan menukarnya dengan nilai yang lebih tinggi.

Jadi, daripada menukarnya secara langsung ke mata uang aslinya, Anda bisa mensiasati untuk menukarnya ke dollar terlebih dulu, lalu menukarnya kembali ke mata uang Euro atau mata uang lain yang nilainya lebih tinggi.

Baca juga:

Waspadalah, Ada 7 Masalah yang Bikin Liburanmu Terbengkalai, Begini Cara Mengatasinya

5. Menukarkan Kembali ke Rupiah

Memungkinkan bila Anda masih memiliki uang sisa dengan jumlah cukup banyak setelah Anda pulang dari kunjungan luar negeri.

Anda bisa menukarnya kembali ke Rupiah bila Anda tidak memerlukannya lagi. Jika Anda masih butuh, maka simpan saja agar tidak perlu menukarnya kembali.

Luangkanlah waktu untuk menukar uang tersebut ke nilai rupiah. Anda harus tetap memperhatikan kurs saat akan menukarnya. Jangan sampai Anda rugi meskipun itu ke mata uang Rupiah.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.