Beda Tempat Beda Tradisinya! 5 Etika Plesiran di Asia yang Anda Belum Tahu

Berwisata di semua tempat wisata seluruh negara yang akan kita kunjungi membutuhkan suatu peraturan yang harus diperhatikan. Di Setiap negara ada beberapa aturan wajib yang bisa harus anda patuhi untuk dapat lebih nyaman untuk disinggahi.

Jika anda melanggar aturan yang berlaku di negara wisata tersebut maka anda siap-siap terkena sanksi dari pihak terkait. Karena aturan yang berlaku di negara tersebut sudah berlaku secara turun-temurun. Sebaiknya anda bisa mengikutinya secara baik.

Apalagi ini menyangkut etika kesopanan yang berlaku di negara tersebut. Mau tidak mau kita harus mematuhinya agar tidak terjadi apa-apa dengan diri kita sendiri.

Seperti pelancong asal Eropa maupun Amerika yang sering mendapatkan pandangan kurang bagus dari orang-orang Asia. Para pengunjung dari Eropa dan Amerika sering sekali terlihat cekcok terhadap para penduduk asli negara wisata.

Selain itu, para traveler asal negara Eropa dan Amerika suka mengalami penipuan. Karena kadangkala pelancong asal negara Eropa sana suka mengalaminya kendala bahasa. Alhasil membuat mereka suka tertipu terhadap kasus-kasus yang tidak mereka mengerti.

Jadi , kalau anda Ingin berpergian ke luar negeri terbaru terutama di daerah Asia. Sebaiknya perlu diperhatikan peraturan yang berlaku di sana.

Hal yang perlu anda ketahui sebelum berkunjung ke negara tujuan wisata yaitu anda perlu mencari tahu informasi tentang aturan yang ada di negara tersebut. Seperti larangan yang anda harus hindari, terus apa saja yang harus Anda patuhi dll.

Di samping itu anda juga perlu mengetahui adat yang berlaku disana. Jangan sampai anda melanggar dan usahakan paham aturan yang berlaku di negara tersebut. Di bawah ini ada beberapa Etika yang harus anda perhatikan ketika berada di negara Asia :

  1. Memakai Baju Sopan

Kalau anda mengunjungi negara China hal yang perlu anda perhatikan saat berkunjung kesana adalah dengan memperhatikan tata cara aturan di negara China.

Negara yang terkenal dengan hewan panda ini memiliki aturan seperti anda dihari untuk berpakaian sopan saat berpergian. Ketika anda keluar penginapan atau rumah sebaiknya menggunakan pakaian yang tertutup

  1. Tidak Bersentuhan Badan

Jika anda berkunjung ke negara India. Disana memberlakukan aturan yang ketat terhadap para pelancong. Di India sendiri bagi perempuan dan laki-laki dilarang untuk bersentuhan satu sama lain di depan umum.

Mereka harus menjaga kehormatan dirinya agar tidak terjadi pelecehan seksual. Selain itu , anda juga dilarang untuk masuk ke kamar pribadi orang India.

Sebab, hal itu merupakan salah satu hal pribadi yang tidak boleh dirambah oleh orang luar. Di negara ini anda harus mematuhi segala aturan yang ada.

Karena kalau melanggar maka hukumannya tidak main-main yang akan diterapkan oleh aparat berwenang.

  1. Tidak Boleh Mengkritik Makanan

Masih dari negara China yang menerapkan aturan ketat bagi para traveler yang akan berkunjung ke negara tersebut. Ada beberapa aturan yang anda harus dipatuhi.

Salah satunya yaitu ketika anda ditawari oleh orang China makanan. Disini anda tidak boleh mengkritik makanan yang diberikan oleh orang China.

Hal itu juga berlaku di restoran China yang menerapkan aturan untuk tidak boleh siapapun pengunjungnya untuk mengkritik makanan yang disediakan.

Jadi, ketika makanan itu kurang enak. Sebaiknya anda pilih dahulu saat mau memesan makanan itu agar tidak menyinggung perasaan restoran tersebut.

Baca juga:

Suku Alor, Kekayaan Tradisi dan Budaya Nusa Tenggara Timur yang Luhur

 

  1. Selalu Menyapa

Hampir di seluruh negara Asia yang mempunyai adat kental seperti di kawasan Asia tenggara maupun Asia tengah menerapkan aturan khusus bagi para traveler.

Ketika anda bertemu orang-orang asli negara tersebut. Sebaiknya tidak ada salahnya untuk menyapa mereka.

Orang-orang yang anda sapa tentunya sangatlah senang jika anda menyapanya lebih dulu. Kalau yang anda sapa itu orang tua lebih baiknya menggunakan kata Tuan  atau nyonya. Agar anda lebih terkesan dihormati oleh yang menyapa.

  1. Membawa Hadiah

Khususnya di negara India, Uzbekistan, Palestina, Pakistan. Jika anda berkunjung ke salah satu rumah warga di negara diatas, hal yang perlu anda lakukan adalah membawa hadiah untuk tuan rumah.

Hadiah ini bertujuan untuk memberikan kesan hangat dan untuk dapat saling mengenal atau bersilaturahmi. Di negara tersebut hadiah menjadi yang diharuskan dikala tamu akan mengunjungi tuan rumahnya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.