Banyak Pilihan Lezat Bikin Bingung, Ini 5 Tips Mengunjungi Festival Kuliner

Festival kuliner merupakan salah satu event menarik yang tak pernah sepi pengunjung. Karena mencicipi berbagai makanan yang lezat bisa meningkatkan perasaan bahagia setelah berhari-hari sibuk dengan rutinitas.

Festival kuliner biasanya juga hadir dengan tema menarik misalnya makanan tradisional, franchise terbaru dari brand lokal yang inovatif, hingga festival makanan dengan tema makanan dari negara lain.

Festival kuliner merupakan tempat all-in-one yang akan memuaskan nafsu makanan anda. Namun, terkadang mungkin anda suka bingung harus mulai dari mana karena terlalu banyak pilihan kedai.

Ketika sudah kenyang, masih ada kedai lain yang tampaknya lezat untuk dijajal. Jangan kalap dan bingung, berikut beberapa tips mengunjungi festival kuliner.

1. Tentukan Estimasi Budget

Sama halnya wisata pada umumnya, anda juga patut membuat budget sebelum mengunjungi festival kuliner. Jangan sampai uang makanan mingguan anda harus habis dalam satu malam karena terlalu boros.

Sesuai dengan kemampuan anda dalam menikmati makanan, tentukan berapa menu yang ingin anda coba di festival kuliner. Jalan-jalan melihat keseluruhan lokasi sebelum menentukan apa yang ingin dimakan juga tak ada salahnya.

Anda juga bisa berbagi budget dengan teman maupun pasangan anda. Anda jadi bisa mencicipi banyak makanan dalam porsi yang sesuai karena berbagi. Berbagi makanan juga bisa menjadi kenangan yang manis dengan sahabat maupun pasangan anda.

2. Urutan Memilih Makanan yang Tepat

Bingung harus mulai dari mana? Anda bisa mengikuti urutan memilih menu berikut ini. Untuk awal-awal mengunjungi lokasi festival kuliner, anda bisa mencoba makanan yang cukup ringan untuk menggugah selera makan.

Misalnya snack yang tidak terbuat dari tepung atau nasi. Jika ada pilihan porsi, pilih porsi yang kecil atau besar namun dibagi dua dengan teman.

Setelah mencoba 2 hingga 3 jenis snack pembuka, anda bisa mencari hidangan berat yang mengenyangkan. Misalnya aneka nasi hingga mie. Jika tak keberatan berbagi dengan teman, anda bisa memesan berbagai menu berbeda dan saling mencicipi. Jangan lupa juga pesan minuman yang ada di festival.

Bawa air mineral sendiri agar budget bisa dialokasikan untuk makanan lainnya. Air mineral juga biasanya dijual lebih mahal di festival kuliner.

Setelah kenyang dengan hidangan utama yang gurih, baru anda bisa memilih hidangan penutup yang manis.

3. Beli Makanan Untuk Dibawa Pulang

Jika sudah kenyang, jangan paksa untuk makan lebih banyak sekalipun masih ada makanan yang tampak menggiurkan. Bukannya bersenang-senang, perut yang terasa penuh akan membuat anda tidak nyaman berjalan di festival kuliner.

Anda juga tidak bisa menikmati rasa asli dari makanan tertentu jika sudah terlalu kenyang, yang ada makanan tidak akan habis dan mubazir.

Ketika ada makanan yang tampaknya enak dan anda ingin makan lagi, bungkus saja untuk dibawa pulang. Anda bisa beli dalam porsi besar pula untuk oleh-oleh orang di rumah. Jadi bisa makan bersama dan terasa lebih nikmat.

4. Browsing Review Makanan

Agar makanan yang anda beli benar-benar lezat, anda bisa melihat dulu review makanan di internet. Khususnya untuk festival kuliner dengan stan-stan makanan brand kekinian.

Mereka pasti memiliki akun Instagram maupun terdaftar di Google Review. Memeriksa review makanan merupakan hal yang sudah lumrah agar budget kita tidak habis untuk makanan yang tidak memenuhi ekspektasi kita.

baca juga:

5 Tempat Wisata Alam di Riau Terindah dan Terpopuler sebagai Pusat Hiburan

 

5. Mencoba Hal – Hal Baru

Festival kuliner merupakan salah satu ajang dimana kita bisa mencoba berbagai makanan yang belum kita coba sebelumnya. Daripada mencari menu favorit, anda juga bisa mencoba berbagai menu lain yang belum anda coba sebelumnya.

Dengan melihat branding dan presentasi makanan, anda bisa menentukan mana yang sekiranya belum pernah anda coba namun sesuai dengan selera anda. Seperti point sebelumnya, anda juga mencari review makanan terlebih dahulu sebelum membeli.

Hal inilah yang membuat acara seperti ini merupakan acara yang berbeda dari sekedar jalan-jalan di pasar kuliner umum dan hangout bersama teman-teman. Festival kuliner merupakan acara unik dengan jangka waktu tertentu dengan pilihan makan yang unik dengan tema tertentu.

Itu tadi berbagai tips mengunjungi festival kuliner yang bisa anda terapkan. ADa berbagai pilihan makanan di festival kuliner, dengan trik yang benar, anda bisa menikmati wisata kuliner secara maksimal.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.