Bagaimana Cara Memilih Tas Ransel Untuk Mendaki Gunung yang Ideal?

Backpack atau yang umum dikenal dengan sebutan ransel merupakan senjata ampuh bagi para pendaki gunung dan petualang. Di dalam ransel ada terdapat berbagai keperluan sehari – hari selama perjalanan. Mulai dari pakaian, senter, obat – obatan, peralatan mandi, sepatu, bekal makanan dan minuman dan masih banyak lagi. Bahkan, bagi seorang yang disebut backpacker, tas ransel merupakan pengganti “rumahnya”. Karena di dalam ranselnya, banyak terdapat hal – hal penting agar ia bisa tetap bertahan hidup selama perjalanan.

Di pasaran saat ini, ransel atau carrier (backpack) bisa dijumpai berbagai macam merek dan modelnya. Seperti pepatah lama, “ada harga ada kualitas”, maka tidak ada salahnya memilih jenis ransel yang awet dan kuat dibawa bepergian meskipun harus merogoh kocek sedikit lebih dalam.

Selain itu, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan untuk membeli ransel agar awet dipakai dalam jangka waktu yang lama. Apa saja ya? Baca terus yuk…

1. Ukuran ransel

Pertimbangannya tentu berapa hari Anda akan melangsungkan perjalanan pendakian. Misalnya, ada yang selama 3 – 4 hari atau hanya 1 – 2 hari. Sebenarnya, dengan pintar mengemas barang, tidak perlu membawa tas terlalu besar sudah bisa memenuhi kebutuhan selama beberapa hari pendakian di gunung. Selain itu, tas ransel yang terlalu besar juga akan menambah ongkos untuk bagasi pesawat dan sulit dibawa bepergian atau kurang praktis. Alternatifnya, pilih jenis ransel yang berukuran sekitar 50 liter atau medium. Jadi, masih bisa dipakai jalan – jalan ke kota tanpa terlihat mencolok seperti habis naik gunung.

2. Fitur  ransel

Merek ransel tertentu memiliki kompartemen atau bagian – bagian yang tersembunyi sesuai fungsi masing – masing. Misalnya, ada untuk menaruh botol atau termos mini. Kemudian, di dalam juga ada tempat menaruh laptop, dokumen seperti passport, HP, dompet, hingga benda mini seperti kartu seluler atau SIM Card. Kemudian, perhatikan juga dari segi kenyamanan sabuk di bagian dada atau chest strap agar lebih menempel erat di badan sehingga tidak mudah lelah saat menggendong tas ransel.

Selanjutnya, tas ransel juga memiliki sistem sirkulasi yang baik agar punggung tidak terasa panas saat berkeringat atau cuaca terik. Para pendaki juga sangat memperhatikan material bahan tas ransel. Pilih bahan yang tebal dan anti air seperti jenis kain kordura.

3. Kompartemen ransel

Bagian ransel terbagi menjadi 3 kompartemen. Antara lain kantung kepala luar, kantung kepala dalam, dan kantung utama. Di bagian utama, sudah jelas tempat menaruh peralatan besar seperti pakaian, sleeping bag, kompor, dan lainnya. Sedangkan, kantung kepala sisi dalam, berguna untuk menyimpan peralatan yang berukuran kecil. Dan, terakhir kantung kepala luar dipakai untuk benda penting yang cepat diraih dalam kondisi mendesak. Selain itu, masih ada kantung “tersembunyi” di bagian hip belt untuk menyimpan HP atau uang. Kemudian, di sisi kanan kiri ransel untuk menyimpan botol air minum, dan di sisi bawah ransel untuk menggantung sleeping bag agar lebih praktis.

4. Keaslian ransel

Pertama cek kembali label apakah memiliki hologram dan nomor seri. Cek nomor seri ini di situs resmi produsen tas ransel. Kemudian, cek jahitan, bahan kain dan tali – tali apakah ada cacat atau kerusakan. Dari segi kualitas, produk tas ransel lokal juga tak kalah mumpuni. Selain itu, harganya juga jauh lebih ramah di kantong.

Baca juga:

Cantiknya Situ Patenggang di Antara Hijaunya Kebun Teh Ciwidey

 

5. Menguji coba ransel

Sebaiknya jangan membeli ransel secara online, karena tidak ada yang bisa menjamin kualitasnya bila Anda kecewa karena produk tidak sesuai harapan. Beli saja secara langsung di toko tas ransel terdekat di kota Anda kemudian pastikan semua bagian – bagian dan pendukung tas ransel masih dalam kondisi baru dan berfungsi.

***

Nah, dengan beberapa tips di atas kini tak perlu pusing lagi membeli tas ransel. Silakan Anda melenggang ke toko ransel terdekat untuk membeli tas ransel favorit sebagai peneman petualangan selanjutnya.

Sama halnya dengan Jari Adventure, agen travel wisata berpengalaman bertahun – tahun yang akan menjadi mitra sejati perjalanan wisata Anda ke seluruh destinasi di Indonesia dan mancanegara. Jari Adventuremengucapkan selamat menjelajahi alam rimba Indonesia..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.