Awas Malu! Jangan Salah Berikan Gestur Tangan di 8 Negara Ini

Berlibur ke negeri orang memang sangatlah menyenangkan. Apalagi jika Anda mengajak kerabat, saudara, atau teman sehingga liburan terasa ramai. Salah satu yang menjadi hambatan tentunya Bahasa. Tidak semua orang di negara yang Bahasa sehari-harinya bukan Bahasa inggris lancar berbicara Bahasa inggris. Terutama jika Anda berlibur di wilayah Asia.

Dengan begitu, banyak orang yang memanfaatkan Bahasa tubuh atau gestur tangan sebagai alat bantu komunikasi dalam berinteraksi. Namun, jangan sampai salah. Gestur tubuh atau Bahasa tangan yang biasa Anda gunakan saat di Indonesia bisa saja berbeda artinya dengan yang ada di negeri orang. Tiap negara tentu memiliki arti tersendiri dari setiap gestur tangan.

Apa saja gestur tangan yang harus Anda ketahui saat akan berlibur ke luar negeri? Simak berikut ini.

1.    Tanda V

Gestur tangan yang satu ini sering kali digunakan oleh orang-orang ketika ingin berfoto. Tanda ini juga menjadi tanda bermakna damai seperti yang ada di Amerika. Banyak juga yang mengartikan tanda ini sebagai V for Victory, atau kemenangan. Berbeda dengan Tiongkok, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, serta Thailand, gestur ini digunakan untuk menunjukkan posisi imut atau cute.

Di inggris, Afrika Selatan, Selandia Baru, Irlandia, serta Australia mengartikan posisi ini sebagai penghinaan jika punggung tangan Anda menghadap keluar.

2.    Gestur OK

Tanda OK seperti ini menandakan OK atau baik-baik saja di Indonesia maupun di Amerika. Namun, beda lagi jika Anda mengangkat gestur ini saat berada di Jepang. Tanda seperti ini berarti uang. Terkadang orang Jepang juga membalikkan tiga jari ke bawah yang artinya juga sama.

Jangan berikan gestur ini ketika Anda berlibur di Brasil karena berarti kasar. Salah satu orang yang pernah membuat kesalahan adalah Richard Nixon, Presiden Amerika Serikat ke-37 ini mengangkat tangan dengan tanda OK ke arah kerumunan. Hasilnya, ia mendapatkan ejekan dari warga Brasil yang salah paham dengannya.

3.    Jempol di tengah jari

Gestur yang satu ini memang mengartikan sesuatu berbau seksual di Indonesia. Namun, gestur jempol di tengah jari nyatanya berarti menunjukkan hidung yang dicuri dari wajah anak kecil ketika bermain I’ve Got Your Nose di Amerika Serikat.

Sedangkan di Turki, gestur ini bermakna sama dengan jari tengah yang berarti cabul. Gestur ini juga digunakan sebagai betuk ketidaksetujuan maupun menolak permintaan.

Jika di Brasil, gestur ini berarti keberuntungan untuk mengusir iblis dan kecemburuan.

4.    Tanda L

Tanda L di Amerika Serikat biasanya berarti Loser atau pecundang dan digunakan sebagai ejekan kepada orang lain. Lain halnya dengan Tiongkok yang menganggap tanda L berarti angka delapan sehingga dianggap sebagai tanda keberuntungan. Arti yang cukup berbeda, bukan? Itulah mengapa Anda harus berhati-hati dalam memberikan gestur tangan dimanapun dan kapanpun.

5.    Tanda Jempol ke atas

Jika di Amerika Serikat gestur ini berarti baik atau gestur meminta tumpangan kepada orang lain saat tersesat di pinggir jalan atau kendaraan sedang mogok. Namun, berbeda lagi dengan yang ada di Irak serta Iran. Gestur jempol ke atas bisa berarti penghinaan.

baca juga:

Wujudkan Fantasi Jadi Nyata, Kunjungi Destinasi Pecinta Film dan Serial TV 2019

 

6.    Telapak tangan ke arah luar

Gestur telapak tangan ke arah luar berarti stop, berhenti, nomer 5, atau bicara dengan tangan untuk di Amerika Serikat. Namun, akan berarti berbeda jika Anda melakukanya di Yunani dan Pakistan. Tanda ini berarti mountza dan dianggap sebagai bentuk penghinaan.

Sedangkan di Meksiko dan Panama, tanda ini berarti ‘hai’ seperti sapaan. Jika tangan dilambaikan, akan berarti memberikan ancaman layaknya ‘lihat nanti!’. Biasanya digunakan untuk memberikan peringatan pada orang lain bahwa akan melapor pada pihak berwenang.

7.    Finger Crossed

Tanda yang satu ini akan berarti sebagai berharap keberuntungan jika di Amerika Serikat. Namun, di Vietnam akan berarti menyerupai alat kelamin wanita, layaknya memberikan jari tengah.

8.    Paduan Jempol dan Telunjuk

Di Jerman dan Amerika Serikat, tanda yang satu ini diartikan sebagai uang. Di Korea Selatan, paduan jempol dan telunjuk akan berarti sebagai bentuk hati atau cinta.

Berlibur di luar negeri bukan berarti Anda lebih bebas. Ada kalanya Anda harus mengerti apa saja kebiasaan yang dimiliki oleh warga setempat agar tidak salah dalam bertindak. Berhati-hatilah dalam melakukan sesuatu, meskipun itu hanya gestur tangan sekalipun. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selamat berlibur!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.