Atasi Sindrom “I Hate Monday” Sepulang Liburan, Ikuti 10 Tipsnya

Liburan adalah waktu yang sangat dinantikan. Saat liburan, biasanya orang-orang akan cenderung bermalas-malasan, makan banyak, malas bergerak dan berolahraga, serta melupakan segala pekerjaannya.

Bahkan ada saja orang-orang yang jatuh sakit ketika liburan karena kurangnya aktivitas atau karena travelling.

Waktu yang tepat untuk berkumpul Bersama keluarga dan kerabat terdekat. Segala moment dan suasana nya benar-benar akan Anda nikmati.

Berbeda dengan waktu weekdays yang sibuk dengan segala pekerjaan. Sebagian besar orang akan merasa nyaman dan senang saat liburan. Apakah Anda juga begitu?

Jika Anda menikmati liburan, berarti ketika liburan Anda keluar dari aktivitas dan rutinitas setiap hari. Mencari hal dan pengalaman yang berbeda seperti travelling agar hidup tetap seimbang.

Seimbang juga dalam artian tidak berlebihan dalam melakukan sesuatu seperti banyak makan yang bisa saja mempengaruhi kesehatan dan pola diet.

Makan harus tetap diseimbangi dengan olahraga meskipun malas akan mempengaruhi Anda setiap liburan. Anda pasti pernah mendengar banyak orang yang berat badannya naik setelah liburan.

Oleh karena itu, semua harus tetap seimbang. Dengan begitu, kesehatan tetap terjaga dan liburan tetap Anda nikmati.

Setelah liburan, biasanya tubuh akan terbiasa dengan suasana santai. Untuk kembali ke rutinitas sebelumnya pasti akan sangat malas. Bagaimana cara mengatasinya? Mari kita simak saja beberapa tips tubuh segar setelah liburan.

1.    Tidur

Memejamkan mata dan meluruskan punggung adalah jalan terbaik untuk mengembalikan kesegaran dan kesehatan tubuh. Tetapkan pola tidur dengan waktu yang cukup dan teratur akan membantu Anda untuk dapat segar kembali saat liburan usai.

Biasanya, waktu tidur saat liburan sangat berantakan. Kembalikan jam tidur selama3-10 jam selama 5 hari usai liburan agar Anda terbiasa.

Pastikan jadwal tidur Anda terbebas dari gangguan dan cobalah bangun di jam normal di pagi hari.

2.    Olahraga

Liburan akan membuat Anda semakin malas berolahraga. Oleh karena itu, biasakan kembali untuk berolahraga dengan porsi yang cukup meskipun tidak sama dengan porsi normal Anda.

Dengan berolahraga, tubuh akan berkeringat dan akan terbiasa saat kembali bekerja.

3.    Minum Teh

Siapa sih yang tidak suka dengan teh? Teh akan membawa efek yang baik bagi tubuh seperti merelaksasi. Minum 1 cangkir teh sehari dan lakukan selama 3 hari agar tubuh Anda terbebas dari radikal bebas karena teh mengandung antioksidan.

Setelah itu, minumlah 2-3 cangkir teh hijau setiap hari hingga sepekan. Dijamin, tubuh Anda akan terasa lebih segar dan sehat.

4.    Air

Minum air 2-3 liter sehari akan membuat tubuh Anda terbebas dari oksidan atau racun yang timbul ketika liburan.

Racun tersebut datang melalui makanan, polusi, dehidrasi, atau stress. Minum air secara teratur juga penting untuk detoksifikasi tubuh.

5.    Peregangan

Peregangan pasti biasa Anda lakukan apalagi ketika bekerja. Melakukan peregangan setelah liburan usai sangat baik bagi otot-otot tubuh yang kaku atau stagnan setelah liburan.

Anda bisa melakukan peregangan mulai dari paha depan dan belakang selama 30 detik lalu berpindah ke bagian tubuh lainnya.

6.    Vitamin

Agar tubuh Anda lebih sehat, bisa dengan mengonsumsi vitamin agar system yang telah habis ketika liburan dapat terisi kembali.

Vitamin juga dapat membantu tubuh mendetoksifikasi serta menyehatkan sel. Tak hanya itu, kulit Anda juga akan lebih sehat dengan vitamin.

Baca juga:

Cocok di Lidah Wisatawan! 10 Masakan Asli Jerman yang Mendunia

 

7.    Kurangi Stress

Liburan tentunya dapat mengurangi stress dan penat akibat rutinitas bekerja. Untuk kembali ke rutinitas tersebut, maka Anda harus mengurangi kadar stress Anda agar pekerjaan terasa lebih ringan.

Lakukan spa atau pijat, menonton film, quality time, hingga kelas yoga yang dapat merilekskan tubuh.

8.    Konsumsi Makanan Sehat

goldenspoonawards.com

 

Liburan biasanya membuat diri Anda bebas dalam mengonsumsi makanan. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang sehat ketika akan kembali ke rutinitas.

Seperti sayuran hijau, lemak sehat, biji-bijian, hingga protein tanpa lemak. Dengan begitu, nutrisi tubuh Anda dapat seimbang dan siap menghadapi aktivitas.

9.    Terorganisir

Maksud dari terorganisir adalah Anda harus mempersiapkan segala aktivitas yang akan dilakukan sesuai dengan prioritasnya masing-masing.

Jangan berlebihan dan sesuaikan dengan deadline. Dengan perencanaan yang baik, maka hari-hari setelah liburan akan terasa lancar.

10.  Kontrol Berat Badan

Selama liburan, bisa saja berat badan Anda bertambah karena sering bermalas-malasan. Agar aktivitas dan pekerjaan Anda tidak terhambat, pastikan Anda mengontrol berat badan Anda.

Jika berlebihan, maka siapkan program diet dan kembali pada gaya hidup sehat.

Itulah beberapa tips agar tubuh siap menghadapi aktivitas usai liburan. Liburan memang menyenangkan dan mengasyikkan, namun setiap orang harus tetap kembali pada rutinitasnya masing-masing. Dengan begitu, hidup juga akan seimbang. Semangat!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.