Andalan Transport Mudik Antar Pulau, Tips Naik Kapal Laut yang Wajib Diingat

Tidak terasa kini kita memasuki masa-masa mudik di bulan Ramadhan. Banyak jenis transportasi umum yang bisa Anda pilih, mulai dari bus, pesawat, kereta, hingga kapal laut untuk menyeberangi lautan antar pulau.

Harga tiket pesawat yang naik dan cepat habis di musim mudik ini membuat banyak orang semakin repot mengurus tiket kepulangan.

Salah satu solusi adalah menggunakan kapal laut. Keuntungan lainnya adalah kapal laut lebih murah meriah. Transportasi laut ini tak ada salahnya untuk Anda coba.

Ada berbagai pengalaman seru yang tidak Anda dapatkan dengan menaiki transportasi darat dan udara. Tak perlu risau dan takut, bagi Anda yang pertama kali mudik dengan kapal laut, simak beberapa tips di bawah ini:

1.    Selalu Perhatikan Kesehatan

Sebelum keberangkatan, pastikan tubuh Anda sedang dalam kondisi yang fit dan prima. Kesehatan itu sangat penting sebelum melakukan perjalanan jauh termasuk mudik.

Apalagi jika Anda menaiki transportasi laut. Ombak dan angina laut akan membuat tubuh Anda menjadi parah saat berada di perjalanan.

Oleh karena itu, perhatikan kesehatan Anda agar selalu dalam kondisi fit apalagi bepergian dalam jangka waktu yang lama.

2.    Membawa Obat Pribadi dan Obat Anti Mabuk

Siapkan paying sebelum hujan. Meskipun kondisi tubuh dalam keadaan prima, pastikan untuk selalu mempersiapkan obat-obatan pribadi sebelum melakukan perjalanan.

Bawalah juga obat anti mabuk dan konsumsi obat itu sebelum naik ke kapal. Meskipun Anda bukan orang yang mudah mabuk, namun ombak dan angin laut tidak mudah diprediksi.

Antisipasi diri Anda dari rasa mual dan mabuk laut.

3.    Bawa Barang Seperlunya

Menaiki transportasi laut tentu akan ramai penumpang. Pastikan barang bawaan yang Anda bawa tidak berlebihan agar Anda tidak kerepotan saat membawa dan menjaganya.

Jangan lupa untuk menyimpan barang bawaan berharga. Ada banyak kasus pencurian yang terjadi di kapal laut. Jagalah barang bawaan Anda selama perjalanan di atas laut.

4.    Perhatikan Peraturan dan Petunjuk Keselamatan di Perjalanan

Sebelum naik ke kapal, pastikan Anda telah memahami apa saja peraturan dan petunjuk keselamata yang ada di kapal.

Ingat dimana saja jalur evakuasi serta tempat pelampung demi menjaga keselamatan Anda saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Ikuti semua instruksi agar Anda bisa mudah dalam menyelamatkan diri Bersama penumpang lainnya.

5.    Plih Tempat Duduk yang Aman dan Nyaman

Keadaan di atas laut memang tidak mudah diprediksi. Bisa saja ombak besar menerjang kapal sehingga muncul dampak goyangan dalam kapal.

Oleh karena itu, pilihlah tempat duduk yang aman serta nyaman tepatnya di bagian tengah kapal.

Setiap kapal memiliki tata ruang yang berbeda-beda, cari tempat paling nyaman bagi Anda sebelum didahhului oleh penumpang lainnya.

6.    Usahakan untuk Beristirahat Selama Perjalanan

Waktu untuk melakukan perjalanan laut tentu lebih lama dari perjalanan darat dan udara. Pastikan tubuh Anda mendapatkan istirahat yang cukup agar tubuh tetap fit hingga sampai ke tujuan.

Namun, tetap waspada akan barang bawaan Anda agar tidak terjadi hal yang tidak Anda inginkan. Banyak pencuri yang bertindak ketika penumpang sedang tertidur.

7.    Bawa Bekal

Jika tidak ingin repot, Anda bisa membawa bekal sendiri dari rumah sebelum perjalanan. Makanan yang dijual di kapal cenderung mahal dan bisa membuat budget berkurang.

Membawa bekal bisa menghemat biaya mudik Anda. Bekal sendiri dari rumah juga lebih menyehatkan dan terpercaya.

baca juga:

Bak Tanah Khayalan, Wujudkan Mimpi ke Kawah Ijen Dengan 9 Tips

 

8.    Selalu Berdoa

Semua orang tidak pernah tahu apa saja yang akan terjadi kedepannya. Bisa saja kemungkinan buruk terjadi saat perjalanan di tengah lautan.

Oleh karena itu, tetaplah berdoa kepada Tuhan agar selalu diberikan kesehatan dan keselamatan hingga tiba di tujuan. Berdoa juga bisa membuat fikiran lebih tenang dalam menghadapi keadaan apapun.

Mudik dengan kapal laut tidak semenakutkan itu, kok! Dengan persiapan yang matang, mudik akan berjalan dengan lancar.

Apalagi budget untuk transportasi bisa semakin ditekan dengan menggunakan transportasi laut.

Anda juga akan mendapatkan panorama indah dari lautan selama perjalanan dan  tidak mudah untuk didapatkan saat menaiki bus atau kereta.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.