Ajak Orang Tua Berlibur, Why Not! Ada 6 Langkah yang Bisa Diingat

Travelling merupakan salah satu aktivitas yang harus dimiliki oleh setiap orang untuk menghilangkan rasa penat dan stress setelah bekerja.

Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, budaya, hingga sejarah. Bagi orang yang tidak suka backpacker, biasanya akan mengajak teman atau pacar saat ingin melakukan travelling.

Hal itu sudah cukup biasa. Namun, apakah mengajak orang tua untuk travelling pernah terpikirkan oleh Anda?

Travelling bersama orang tua juga sangat mengasyikkan, lho! Ada banyak momen tak biasa yang pasti dapat Anda abadikan bersama keluarga.

Memori masa kecil juga akan ikut terulang seiring waktu saat travelling. Namun, sebelum memulai travelling bersama orang tua, ada baiknya jika Anda mengikuti beberapa tips di bawah agar travelling terasa lebih menyenangkan. Check this out!

1.    Tentukan Waktu yang tepat

Travelling di hari libur Panjang bukan pilihan yang tepat. Kenapa? Ketika libur Panjang tentu sebagian besar lokasi wisata akan dipenuhi pengunjung.

Ingat, Anda travelling Bersama orang tua. Kondisi yang terlalu ramai akan membuat orang tua menjadi kurang nyaman.

Pilihlah waktu dimana Anda dan orang tua memiliki banyak waktu senggang. Selesaikan dulu segala pekerjaan sebelum travelling agar liburan tidak terganggu.

2.    Susun Itinerary

Setelah menentukan waktu yang tepat, kini saatnya untuk menentukan itinerary yang ingin Anda kunjungi.

Menyusun itinerary bisa membuat travelling Anda lebih lancar dan tertata. Dengan jadwal perjalanan yang akan dilakukan, perjalanan akan lebih teratur.

Pilihlah destinasi wisata yang cocok untuk Anda dan orang tua. Jangan ajak mereka ke tempat-tempat yang memiliki wahana terlalu ekstrem.

Apalagi sampai melakukan kegiatan ekstrem yang tentu tidak sesuai dengan umur mereka yang tak lagi muda. Kegiatan tersebut bisa menguras tenaga dan cukup memberatkan.

Oleh karena itu, siapkan semua destinasi Anda dengan cermat dan benar karena orang tua tidak bisa diajak untuk menentukan tujuan perjalanan.

3.    Sedia Obat-obatan

Obat-obatan adalah hal wajib yang harus di bawa kemana-mana termasuk travelling. Biasanya, traveler akan menyediakan obat-obatan ringan seperti obat masuk angin, pusing, flu, atau yang lainnya.

Namun, jika Anda berlibur bersama keluarga tentu obat yang harus di bawa juga lebih diperhatikan.

Jika orang tua Anda mengonsumsi obat-obatan dari dokter, maka obat-obatan itulah yang wajib Anda persiapkan sebelum memulai perjalanan. Jika perlu, konsultasikan dulu kondisi orang tua kepada dokter sekaligus meminta rekomendasi obat apa saja yang akan di bawa.

Jangan lupa untuk mencatat nomer telepon pribadi dokter sekaligus resep obat yang biasa dikonsumsi oleh orang tua. Carilah informasi rumah sakit terdekat yang ada di lokasi tujuan Anda.

baca juga:

Akhir Jalan Daendels 1000 km Anyer-Panarukan dan 10 Destinasi Hits di Situbondo

 

4.    Pilih Akomodasi yang Nyaman

Akomodasi juga hal yang penting saat travelling Bersama orang tua. Hotel nyaman, bersih, serta pelayanan yang ramah bisa menjadi beberapa point utama.

Ingatlah Anda sedang travelling Bersama orang tua yang membutuhkan kenyamanan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari hotel kelas backpacker.

Jangan lupa untuk memperhatikan pola makan setiap harinya. Ketahui segala pantangan agar kesehatan tetap terjaga.

Biasanya, penyakit yang menyerang orang berusia lanjut adalah kolestrol dan kadar gula yang tinggi. Jadi, jangan ajak orang tua untuk makan di rumah makan seafood atau hidangan yang terlalu manis

5.    Transportasi Nyaman

Setelah menyiapkan akomodasi yang nyaman, perhatikan pula transportasi yang akan Anda gunakan. Hindari naik angkot agar tidak membuat orang tua kelelahan.

Sebaiknya pilih kendaraan pribadi atau taksi. Pertimbangkan transportasi yang Anda dan orang tua naik mengingat usia mereka tidak muda lagi sehingga bisa mudah kelelahan dalam perjalanan.

6.    Jangan Terlalu Banyak Mengatur Orang Tua

Meskipun Anda yang mengatur segala persiapan dan tujuan wisata, Anda tidak perlu terlalu banyak mengatur mereka saat berlibur.

Biarkan orang tua berekplorasi sesuka hati agar mereka merasa senang dan bahagia. Buatlah orang tua senyaman mungkin dalam mood sebaik mungkin.

Orang tua biasanya mudah sensitif oleh suatu hal. Perhatikan segala tutur kata dan perilaku Anda setiap harinya.

Itulah beberapa tips penting saat travelling Bersama orang tua. Quality time Bersama orang tua memang cukup sulit dilakukan mengingat kesibukan yang selalu menghampiri kita.

Mengajak orang tua untuk travelling bisa mengusir segala rasa jenuh dari kegiatan mereka yang monoton.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.