Agar Tetap Fit dan Terhibur, Ini Tips Mudik Naik Pesawat Terbang Selama 17 Jam

Menempuh perjalanan panjang selama mudik, tidak dihiraukan demi berkumpul kembali dengan sanak saudara di kampung kelahiran. Tidak hanya melalui jalur darat atau laut, bahkan bagi mereka yang harus menempuh penerbangan panjang hingga 17 jam menuju negara asal juga sarat perjuangan.

Bagaimana tidak? Berada di atas awan selama lebih dari 15 jam, tentu sangat melelahkan. Terutama untuk fisik yang berubah – ubah suhu, iklim dan bahkan terkadang melintasi perbedaan zona waktu.

Sebagai contoh, penerbangan panjang ini adalah rute Australia langsung mengarah ke Bandara Heathrow, London.

Para penumpang tidak hanya diuji daya tahan fisik, tetapi juga “kewarasan” agar tetap dalam suasana hati yang baik dan tidak cepat jenuh.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda manfaatkan saat menempuh perjalanan mudik naik pesawat terbang dalam waktu yang lama:

1. Perhatikan apa yang Anda makan

Apa yang Anda makan selama naik pesawat terbang ternyata juga berpengaruh dengan kondisi mood atau suasana hati. Mengingat Anda sedang menempuh perjalanan panjang di atas udara. Lebih baik pilihlah jenis makanan yang mengandung banyak sayuran dan buah – buahan.

Hindari jenis makanan kacang  – kacangan yang bisa memicu reaksi alergi. Selain itu, jauhi  juga makanan yang terlalu, pedas, asin dan manis yang akan membuat perut Anda terasa mual dan kurang nyaman.

Untuk penerbangan panjang ini biasanya pihak maskapai memberi kemudahan para penumpang untuk memesan jenis menu makanan yang diinginkan.

Soal camilan, Anda juga masih bisa membawa bekal atau mempersiapkan sendiri dari rumah. Sediakan juga sebotol air putih untuk menambah cairan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama mengudara.

2. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Menghidrasi tubuh selama penerbangan panjang adalah sebuah keharusan. Perubahan suhu udara yang drastis kerap membuat tubuh cepat kehilangan cairan dan ion – ion penting. Oleh karena itu, selama 17 jam penerbangan ini disarankan mengonsumsi air mineral sebanyak 220 ml setiap jam.

Sebisa mungkin hindari kafein dari minuman kopi atau teh, minum saja air mineral yang lebih menyehatkan. Para pakar juga menyarankan agar menjauhi minuman soda ataupun alkohol sebelum penerbangan panjang.

3. Buat diri Anda nyaman

Tak hanya anak – anak, orang dewasa pun akan mudah bosan jika menempuh perjalanan panjang selama 17 jam tanpa melakukan apa pun. Oleh karena itu, selama penerbangan jarak jauh yang melelahkan buat diri sendiri nyaman. Lakukan saja aktivitas rutin sehari – hari seperti jam makan dan jam tidur.

Agar tidak cepat bosan, cobalah berjalan – jalan sekadar meluruskan kaki dan menggerakkan tubuh. Kemudian, manfaatkan juga majalah atau film yang kerap diputar di pesawat.

4. Buat anak – anak tetap terhibur agar tidak rewel

Menempuh penerbangan hingga 17 jam bersama anak – anak tentu bukan perkara mudah. Pastikan anak – anak sudah cukup kenyang dan sesuai jam tidur mereka agar tidak mudah rewel atau menangis. Bawalah camilan favorit anak – anak, mainan dan susu.

Bila perlu, unduh lagu – lagu atau film kartun favorit mereka untuk disimpan di dalam tablet. Jadi, kapan pun mereka ingin menonton film atau melihat video musik, bisa dengan mudah dibuka setiap saat.

5. Olahraga ringan

Duduk menunggu pesawat mendarat selama 17 jam, tentu membuat area sekitar pantat, pinggang dan punggung terasa pegal dan kaku. Maka dari itu, sangat penting untuk berolahraga ringan selama penerbangan bahkan bisa dilakukan di tempat duduk pesawat. Seperti menggerakkan bahu, leher dan kepala. Atau bergerak dan berjalan – jalan agar pantat bisa mendapatkan sirkulasi yang lancar kembali.

Baca juga:

Liburan Sekolah, Bawa Anak-anak Berwisata ke 7 Taman Hiburan Terbaik di Indonesia

 

***

Nah, siap untuk travelling selama libur Lebaran atau mudik? Jangan lupa, selalu menggunakan jasa agen travel wisata Jari Adventure yang siap membantu Anda merancang perjalanan wisata yang berkesan dan bisa dikenang untuk selama – lamanya.

Jari Adventure merupakan agen travel wisata langganan perusahaan, BUMN, hingga rombongan pelajar atau individu untuk berbagai acara event dan kebutuhan perjalanan wisata.

Mudik naik pesawat terbang? Selamat mencoba tips mudik di atas ya..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.