6 Tips Cerdas Merencanakan Liburan Saat Lebaran

Tips cerdas merencanakan liburan lebaran – Selain liburan panjang sekolah, liburan saat lebaran juga sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Saat lebaran, masyarakat beramai-ramai melakukan aktifitas mudik atau pulang ke kampung halaman. Tak hanya berkumpul dengan keluarga, momen libur lebaran juga biasanya dimanfaatkan untuk berlibur atau berwisata ke berbagai tempat. Setiap orang pasti menginginkan liburan yang nyaman. Hal ini bisa diraih bila Anda mempersiapkan perencanaan liburan lebaran Anda dengan matang. Asal tahu tips cerdas merencanakan liburan lebaran, Anda tak akan dibuat pusing oleh resiko kemungkinan kegagalan ataupun ketidaknyamanan saat liburan lebaran. Seperti apakah tips cerdas merencanakan liburan lebaran? Berikut ulasannya…

Perhatikan dan Hitung Jumlah Hari Libur

Tips cerdas merencanakan liburan lebaran yang pertama adalah jumlah hari libur lebaran yang Anda miliki. Berapa hari Anda akan libur saat lebaran? Lama waktu liburan saat lebaran ini akan berpengaruh pada jumlah tempat wisata yang akan Anda kunjungi serta berbagai keperluan yang akan dibawa saat liburan. Jangan lupa, sisakan beberapa hari untuk beristirahat di rumah sebelum memulai kembali aktifitas rutin setelah liburan.

Manfaatkan Situs Traveling

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi dan informasi, beraneka-ragam situs banyak bermunculan di dunia maya, salah satunya adalah situs traveling. Nah, demi kesuksesan liburan lebaran Anda, tak ada salahnya  memanfaat situs traveling yang sekarang ini banyak bertebaran. Dari situs-situs ini, Anda bisa melihat-lihat berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat libur lebaran. Setelah itu, Anda tinggal memilih satu atau bahkan beberapa destinasi wisata yang sekiraya cocok untuk liburan lebaran Anda. 

Menyusun jadwal perjalanan dengan bijak

Tips cerdas merencanakan liburan lebaran yang berikutnya adalah menyusun jadwal perjalanan dengan bijak. Hal ini sangat penting dilakukan agar Anda bisa memanfaatkan waktu liburan saat lebaran secara maksimal. Buat daftar tempat wisata mana sajakah yang akan dikunjungi baik bersama keluarga ataupun teman agar Anda tidak perlu kebigungan lagi setelah tiba di tempat tujuan. Memperhitungkan jarak antara tempat wisata yang satu dengan yang lain juga patut Anda pertimbangkan dalam proses ini agar efisiensi waktu selama liburan bisa optimal.  

 

Baca Juga : Tips Mudik Lebaran Dengan Kereta Api

 

Selalu ingat untuk booking hotel

Apabila destinasi wisata yang akan Anda kunjungi saat lebaran berlokasi jauh dari tempat tinggal, maka tips cerdas merencanakan liburan lebaran untuk selalu ingat booking hotel harus Anda terapkan. Booking hotel sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari karena saat liburan lebaran tiba tempat wisata biasanya dipadati oleh pengunjung hingga resiko akan kehabisan tempat menginap bisa saja terjadi. Anda pasti tak mau bukan bila harus terpaksa menginap berdesak-desakan di rumah kerabat, misalnya, hanya untuk bisa berlibur di tempat wisata yang Anda inginkan selama lebaran. Booking hotel jauh-jauh hari juga memberikan kemudahan Anda untuk memperhitungkan anggaran biaya akomodasi yang dibutuhkan selama liburan saat lebaran.    

Perkiraan biaya

Liburan yang sukses memang tak bisa dipisahkan dengan dana atau biaya. Namun bukan berarti bila anggaran biaya kecil maka liburan Anda akan gagal. Dalam hal ini, perhitungan biaya yang tepat mutlak dibutuhkan. Kalkulasi semua biaya yang dibutuhkan untuk liburan lebaran, seperti tiket masuk, biaya makan dan menginap hingga sampai hal-hal yang kecil. Semua informasi tentang biaya masuk wisata, hotel, rumah makan, dan sebagainya, dapat dengan mudah Anda akses melalui situs-situs traveling. Membawa uang cadangan juga patut Anda pertimbangkan terutama bila Anda bepergian seorang diri.

Siapkan Fisik

Liburan saat lebaran pasti tak bakalan asyik lagi bila kesehatan Anda tiba-tiba menurun karena kelelahan atau bahkan sakit. Oleh karena itu, tips cerdas merencanakan liburan lebaran yang terakhir ini sangatlah penting untuk diperhatikan. Ya, mempersiapkan fisik yang baik saat akan berangkat liburan dengan istrahat yang cukup serta memakan makanan yang bergizi wajib Anda lakukan. Bila perlu, tambahkan suplemen untuk menambah stamina Anda. Anda juga harus rutin berolahraga agar tubuh Anda bugar.

Semoga uraian tentang tips cerdas merencanakan liburan lebaran saat lebaran di atas bisa membantu Anda hingga Anda tak perlu lagi dipusingkan oleh hal-hal yang bisa menganggu suasana liburan. Selamat menikmati liburan lebaran bersama sahabat, keluarga maupun kerabat tercinta.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *