6 Kuliner Otentik khas Papua yang Wajib Anda Coba

Salah satu pulau terbesar di Indonesia adalah Pulau Papua yang terkenal akan suku dan budaya yang kental. Papua dapat menjadi salah satu destinasi wisata Anda untuk berlibur. Selain dekat dan berada dalam wilayah Indonesia, pulau di bagian paling timur Indonesia ini memiiliki wisata yang tak kalah menariknya dengan pulau lainnya.

Selain wisata alam yang menyuguhkan pemandangan eksotis, ternyata Papua juga terkenal akan kuliner khas yang sangat unik dan jarang diketahui oleh orang luar. Banyak wisatawan yang mengunjungi Papua karena penasaran dengan beberapa kuliner di sana.

Kuliner khas Papua memiliki cita rasa yang sangat lezat. Mungkin beberapa diantaranya akan membuat Anda seperti tertantang untuk mencobanya. Penasaran kan? Beberapa makanan khas unik Papua akan kita ulas berikut ini:

1.Ikan Bakar Manokwari

Sesuai namanya, masakan ini menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Masakan khas yang berasal dari Manokwari ini merupakan ikan tongkol bakar yang disiram sambal khas. Bumbu dan sambal ini lah yang membuat ikan bakar menjadi lebih mantap karena memiliki cita rasa yang berbeda dari sambal lainnya.

Sambal khas ini memiliki rasa yang cukup pedas dan unik. Bumbu sambal ini dibuat dengan cara digiling kasar dan disiram di atas ikan yang sudah dibakar. Sering disajikan di atas daun pisang sebagai penghiasnya.

Menu ikan bakar ini dapat Anda jumpai di warung pinggir jalan atau rumah makan lainnya. Kuliner khas ikan bakar Manokwari memang menjadi salah satu masakan khas yang diburu oleh banyak pelancong.

2.Ikan Bungkus

Ikan yang satu ini diolah dengan cara dibungkus daun pisang lalu dibakar di atas api kecil. Proses pembakaran inilah yang akan membutuhkan waktu cukup lama agar bumbu ikan dapat meresap sempurna.

Bumbu yang digunakan adalah bumbu kaya rempah-rembah dengan cita rasa yang unik serta memiliki aroma yang sedap dan menggugah selera.

Bumbu yang diberikan juga tidak pelit karena seluruh bagian ikan akan tertutup dengan bumbu rempahnya. Hal ini membuat rempah-rempah khasnya dapat meresap ke semua bagian ikan tanpa ada bagian yang terlewatkan.

3.Papeda

Papeda adalah salah satu masakan khas Papua yang terkenal dan menjadi incaran para wisatawan. Teksturnya yang kental menjadi sebuah keunikan sendiri sehingga semua orang menjadi penasaran akan rasanya. Tepung sagu adalah bahan dasar pembuatan papeda yang membuat papeda memiliki tekstur kental.

Selain rasa dan bentuk uniknya, cara menyantap papeda juga tidak biasa yaitu dengan cara digulung. Anda tidak perlu menggunakan sendok dan garpu karena akan disediakan gata-gata yang terbuat dari bamboo.

Jika Anda masih bingung dengan cara makannya, Anda bisa meminta pelayan atau penjual untuk mengajari cara makan yang benar.

4.Udang Selingkuh

Dari namanya saja sudah bisa membuat penasaran, bukan? Masakan ini termasuk makanan paling populer di Wamena. Udang selingkuh merupakan masakan udang yang besarnya menyerupai kepiting termasuk dengan capitnya.

Lalu kenapa diberi nama udang selingkuh? Itu karena capit dari udang yang besar layaknya kepiting membuat udang ini diberi nama udang selingkuh yang artinya udang ini selingkuh dari identitas aslinya sebagai udang. Cukup unik, bukan?

5.Sate Ulat Sagu

Masakan selanjutnya mungkin dapat membuat Anda tercengang. Bagaimana tidak? Sate ekstrim ini menggunakan ulat sagu sebagai bahan dasarnya. Namun jangan salah, ulat sagu ternyata memiliki kandungan yang sangat baik bagi kesehatan.

Ulat sagu dapat meningkatkan energy dalam tubuh serta terhindar dari kolestrol tinggi. Anda bisa menjumpai makanan ini di jajaran pasar serta warung-warung pinggir jalan.

Sate ulat sagu sudah biasa dikonsumsi oleh masyarakat papua. Sate ini memiliki cita rasa manis dan asin dengan tekstur kenyal dari ulat sagu. Merasa tertantang untuk mencoba?

Baca juga:

Bersantai dan Relaksasi, 7 Hotel Terapung Paling Unik di Asia Tenggara

6.Kue Bagea

Masakan unik Papua lainnya adalah kue bagea atau bisa disebut dengan abon gulung. Kue ini menjadi oleh-oleh khas wajib dari Papua. Kue bagea memiliki isian yang cukup beragam seperti cokelat, stroberi, ayam, dan yang lainnya.

Jajanan ini dapat Anda jumpai di berbagai tempat oleh-oleh dan pasar makanan. Selain rasanya yang khas, bentuk dari kue bagea sekilas terlihat seperti roti bolu gulung namun kecil. Unik, ya!

Itulah beberapa masakan khas dan unik dari Pulau Papua. Beberapa di antaranya memang cukup membuat Anda tertantang. Papua memang terkenal akan masakan uniknya sehingga Anda tidak perlu takut lagi untuk mencoba semua masakannya.

***

Selamat wisata kuliner di Papua bersama Jari Adventure tour and travel..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.