5 Tips Mengikuti Event Lari Sebagai Pemula

Event running atau lari massal merupakan salah satu jenis acara yang cukup populer di kalangan masyarakat urban. Tak hanya diikuti para pelari profesional, banyak masyarakat umum yang tertarik untuk mengikuti event lari yang diadakan di kota-kota besar.

Acara lari massal sekarang ini juga memiliki berbagai tema dan konsep yang menarik. Mulai dari lari pada malam hari dengan aksesoris neon yang menyala, hingga acara lari yang meriah dengan bubuk pewarna yang populer beberapa tahun belakangan.

Bagi anda yang bukan pelari profesional dan ingin mengikuti event lari, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Mulai dari teknik berlari yang benar dan persiapan apa saja yang perlu dilakukan. Berikut beberapa tips mengikuti event lari bagi pemula.

1. Melihat Agenda Acara dan Sesuaikan Dengan Jadwal Pribadi

Jangan sampai anda mengikuti event lari dalam keadaan kelelahan. Hal pertama yang perlu anda pastikan adalah jadwal dari event lari yang hendak anda ikuti. Pastikan anda tidak akan kelelahan dan memiliki acara yang cukup berat sebelum event lari. Berbeda dengan festival meriah lainnya, event lari bukan acara pelepas stres yang pas jika anda sedang kelelahan.

Yang ada nanti malah mengalami gangguan kesehatan dan semakin kelelahan. Agenda event lari di akhir pekan dengan pekerjaan atau rutinitas yang terlalu berat sepanjang minggu bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Menggunakan Busana dan Sepatu yang Lengkap

Olahraga lari dapat memberikan manfaat yang luar bisa jika dilakukan dengan benar. Dimulai dari pemilihan busana yang tepat. Gunakan pakaian yang akan mempermudah dan meringankan langkah anda.

Anda bisa menggunakan t-shirt yang tidak terlalu ketat dengan celana training panjang atau pendek sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk anda yang berhijab bisa menggunakan kaos lengan panjang atau jumper yang modis sekaligus nyaman.

Memilih sepatu yang tepat merupakan salah satu hal yang paling esensial. Gunakan sepatu sport untuk berlari yang elastis dan ringan. Hindari menggunakan sepatu modis berbahan kanvas yang tidak seharusnya digunakan untuk berlari. Selain membuat langkah tidak nyaman, sepatu anda bisa rusak.

3. Melakukan Pemanasan dan Memulai Dengan Kecepatan Rendah

Jangan terlalu bersemangat pada awal lari, pemanasan merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Urutan pemanasan yang tepat sebelum lari adalah dari kepala, tangan dan lengan, punggung, pinggang, hingga kaki.

Perbanyak gerakan pemanasan pada bagian kaki agar peredaran darah lancar dan otot-otot kaki anda tidak tegang sebelum berlari.

Ketika anda mulai berlari, awali dengan kecepatan paling lambat sesuai dengan kemampuan anda dan atur nafas setiap dua langkah. Temukan ritme yang tepat pada awal-awal lari.

Tingkatkan kecepatan secara perlahan seiring berjalannya waktu, dengan begini anda akan memiliki tenaga yang stabil dan mencapai garis akhir dengan lebih cepat. Teknik ini merupakan teknik dasar berlari yang digunakan oleh para pelari jarak jauh profesional.

baca juga:

Wisata Camping Keluarga untuk Maksimalkan Libur Lebaran, Ini 8 Lokasinya

 

4. Teknik Berhenti yang Tepat

Mungkin anda merasa di tengah – tengah lari dan ingin berhenti dan melanjutkannya dengan berjalan sejenak. Jangan berhenti secara tiba – tiba, turunkan kecepatan secara perlahan lalu mulai berjalan normal.

Untuk menstabilkan detak jantung dan napas, berjalan ‘lah sambil mengayunkan tangan ke atas dan ke bawah sambil menarik nafas yang dalam. Lalu lanjutkan berlari ketika anda sudah merasa sanggup.

Setelah melewati garis akhir, anda juga perlu melakukan lari-lari dan berjalan santai. Ketika sudah tenang, mulai lakukan pendinginan untuk melemaskan otot-otot tubuh anda.

Duduklah di tempat yang nyaman dengan meluruskan kaki anda, hindari menekuk kaki setelah berlari jarak jauh.

5. Jangan Lupa Makan Sebelum Berlari

Beberapa event lari paling ideal dilakukan pada pagi hari. Jangan lupa sarapan sebelum mengikuti event lari jarak jauh. Karena ngemil saat sedang berlari juga bukan pilihan yang tepat. Waktu sarapan yang ideal adalah satu jam sebelum berlari. Jangan sampai anda berlari dalam keadaan perut kosong.

Setelah berlari, jangan lupa minum air mineral segar. Air mineral dingin memang akan terasa menyegarkan, begitu pula berbagai minuman es manis yang biasanya tersedia di area festival lari.

Namun, minum air mineral dengan suhu normal merupakan pilihan paling tepat setelah berlari. Air mineral dengan suhu normal juga bisa anda minum di sela-sela lari anda.

Itu tadi beberapa tips mengikuti event lari yang perlu anda perhatikan. Event lari bisa memberikan manfaat yang maksimal untuk kesehatan anda jika dilakukan dengan benar.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.