5 Tips Mengemas Ransel dengan Cerdas, Minimalkan Beban demi Kenyamanan

 

Keterampilan mengepak ransel tidak bisa disamakan dengan mengepak koper. Dalam hal ini, berat tas perlu dipertimbangkan pertama kali karena kita akan membawanya di pundak bukan menyeretnya.

Selain itu, meletakkan barang-barang dalam ransel pun tidak boleh sembarangan jika tidak ingin mengalami ketidaknyamanan dikemudian hari. Bayangkan bagaimana repotnya mengambil paspor yang tertimbun di bagian dasar ransel sementara satu-satunya kompartemen besar hanya dapat diakses dari atas. Itulah mengapa penting untuk mengetahui cara mengemas ransel dengan cara yang cerdas.

Apakah akan pergi berkemah atau melakukan perjalanan keliling dunia sebulan penuh, kiat-kiat ini akan membantu kalian untuk mengemas ransel tanpa menghabiskan ruang atau risiko cedera.

 

Awali dengan memilih ransel yang tepat

Selain ransel yang biasa, beberapa ransel dilengkapi dengan roda sehingga kalian tidak perlu membawanya di bahu setiap saat. Ada juga ransel hibrida yang dirancang untuk memberikan kemudahan untuk mengakses kompartemen utama tas.

Tergantung pada rencana perjalanan dan gaya pengepakan, ransel dengan roda atau ransel hibrida dapat menjadi opsi menarik ketimbang memilih ransel biasa.

Jika sebagain besar kegiatan yang kalian pilih dilakukan di luar ruangan, maka pertimbangkan untuk memilih ransel yang kedap air untuk melindungi barang-barang kalian.

Apa pun jenis ransel yang kalian pilih, pastikan untuk mencobanya dengan mengisi beban dan memastikan nyaman saat dibawa. Periksa juga kualitas bahan dan kelengkapan ransel.

Jangan sekali-kali membawa ransel baru dalam perjalanan tanpa mengujinya terlebih dahulu.

 

Minimalkan beban

Sebelum mulai mengemas ransel, periksa semua barang bawaan dan pertimbangkan apakah kalian benar-benar membutuhkannya. Jika ada kesempatan mencuci di perjalanan, misalnya, kalian dapat mengurangi baju ganti sehingga bewaan pun berkurang secara signifikan.

Jika tujuan kalian adalah hutan belantara maka mengganti celana jeans dengan celana hiking yang ringan juga berguna untuk mengurangi beban. Alih-alih memilih handuk besar, kalian bisa mengemas handuk yang ringkas dan cepat-kering.

Setelah mendapatkan semua yang dibutuhkan, isi ransel kalian dan berjalan beberapa blok dengan ransel di punggung. Jika masih terlalu berat, cobalah untuk mengurangi beberapa item lagi.

 

Letakkan baran-barang di tempat yang tepat

Untuk menghindari cidera punggung atau beban yang tidak seimbang, simpan barag-barang berat di bagian tengah secara vertikal dan sebisa mungkin dekat dengan punggung. Untuk barang-barang yang lebih ringan, seperti kantung tidur atau pakaian, kalian dapat menyimpannya di bagian bawah dan menggunakan bagian tengah untuk menyimpan barang-barang yang lebih berat seperti laptop atau peralatan masak. Bungkus benda-benda yang runcing untuk menghindari punggung tertusuk.

Manfaatkan saku kecil di bagian luar tas atau bagian paling atas kompartemen utama untuk menyimpan aApa pun yang kalian ingin dapatkan dengan cepat, seperti tabir surya, jas hujan, atau makanan ringan.

Pertimbangkan untuk mengelompokkan barang-barang serupa, seperti perlengkapan mandi, peralatan memasak, atau pakaian dalam, dan disimpan dalam satu kubus kemasan atau kantong plastik.

 

Kompres beban

Barang yang dikompres dengan baik lebih mudah untuk dibawa, jadi pastikan barang kalian tidak menghabiskan lebih banyak ruang daripada yang dibutuhkan.

Misalnya, kalian dapat mengisi sepatu dengan kaus kaki dan menyimpan makanan di dalam panci. Kalian juga bisa menggunakan teknik melipat atau menggulung yang memungkinkan untuk dapat membawa pakaian lebih banyak. Setelah semua barang masuk ke dalam ransel, gunakan tali luar tas untuk mengompres tas sekencang mungkin.

Barang-barang yang tidak muat di dalam tas dapat dijepitkan ke carabiner di luar. Namun, cara ini sebaiknya dihindari karena barang-barang yang menjuntai dapat membuat kalian tidak seimbang atau bahkan terjatuh di tengah perjalanan.

baca juga:

Wisata Sejarah Jogja, Segini Harga Terbaru Tiket Masuk Candi Prambanan

 

Lindungi barang bawaan dari hujan

Mendaki di tengah hujan sangat tidak menyenangkan. Terlebih jika kalian tidak memiliki pakaian hangat dan kering untuk ganti. Itulah alasan mengapa kalian perlu menggunakan ransel kedap air untuk melindungi barang-barang kalian.

Beberapa tas ransel dilengkapi dengan jas hujan bawaan, tetapi jika tidak, kalian dapat membeli secara terpisah.

Dengan mengikuti tips cerdas mengemas ransel, kalian dapat menikmati perjalanan dengan nyaman dan tidak akan ada lagi keluhan sakit punggung sepulang bepergian.

Selamat mencoba!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.