5 Cara Hemat Ongkos Travelling ke Luar Negeri Menurut Travel Advisor

Siapa sih yang tak suka travelling? Apalagi, travellingnya menjelajahi negara – negara asing yang belum pernah dikunjungi. Melancong ke luar negeri merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang kebudayaan baru, bahasa baru, kebiasaan baru, makanan lezat yang belum pernah dicicipi, serta berjumpa dengan orang – orang yang unik di tempat destinasi.

Bagi setiap pelancong, travelling ke negara – negara asing adalah goals tahunan yang harus dicapai. Bahkan, rela sejak awal tahun menabung agar bisa mewujudkan impian pergi berlibur ke luar negeri.

Tentunya, travelling ke luar negeri membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun, dengan beberapa trik sebenarnya melancong ke luar negeri tidak perlu menguras rekening tabungan. Nah, dengan langkah – langkah sederhana berikut pelancong bisa lebih hemat ongkos dan tidak akan kehabisan uang di luar negeri:

1. Bawa botol air minum

Di sejumlah fasilitas umum di luar negeri, biasanya terdapat fasilitas isi ulang air minum gratis. Seperti di bandara, obyek wisata, penginapan dan sebagainya. Daripada membeli sebotol air mineral yang dibanderol hingga Rp 20 ribu per botol, lebih baik bisa dialokasikan untuk dana lain yang lebih urgensi. Jadi, bawalah sendiri botol air minum atau tumbler yang dengan mudah bisa diisi ulang di berbagai tempat saat haus.

2. Berjalan kaki atau transportasi umum

Tour jalan kaki adalah salah satu cara terbaik mengeksplorasi perjalanan wisata di luar negeri. Terlebih biasanya di pusat kota atau kota tua, jarak landmark atau bangunan ikonik tidak terlalu jauh. Sehingga masih bisa dijangkau dengan jalan kaki.

Agar lebih mudah, pilih penginapan yang berada di pusat kota atau dekat dengan atraksi wisata yang akan dikunjungi. Jadi, dari hotel ke berbagai tempat wisata akan relatif lebih mudah.

Bila ingin menjangkau tempat wisata yang lokasinya agak jauh, daripada menyewa mobil atau taksi, pilih jenis transportasi umum seperti bus atau MRT. Bila ingin menyewa mobil, pilih jasa transportasi online yang ada di luar negeri. Soal biaya, nantinya bisa ditanggung bersama beberapa orang rombongan atau share cost. Uang tetap hemat, liburan juga makin nyaman.

3. Memilih jenis penginapan yang sesuai

Bila kegunaan atau fungsi hotel hanya sebagai sekadar tempat meluruskan punggung atau memejamkan mata selepas lelah berkeliling kota, pilih saja penginapan kelas standar. Selain lebih hemat ongkos, fasilitasnya juga sudah lebih dari cukup. Seperti TV, AC, dan kamar mandi.

Terlebih jika Anda termasuk golongan turis yang senang mengeksplorasi kota dan kembali ke hotel hanya untuk beristirahat, maka losmen atau hostel akan sangat ideal.

Baca juga:

6 Wisata Kuliner Menu Indonesia di Jepang Untuk Pengobat Rindu Rumah

 

4. Makan di luar hotel

Agar menghemat ongkos atau biaya makan, tak ada salahnya mencoba makan di luar hotel. Seperti diketahui, makanan di hotel memang dibanderol harga yang cukup mahal dibandingkan restoran yang ada di luar hotel.

Tanyakan saja pada warga lokal di mana mereka biasanya makan enak tapi yang tidak menguras kantong. Atau cobalah jajanan kaki lima alias food street yang beragam. Selain itu, di malam hari juga kerap terdapat pasar malam atau night market yang menjual makanan, souvenir atau barang yang berkualitas dengan harga terjangkau. Memang sih harus pandai menawar, tapi tenang saja, untungnya masih ada pemandu lokal yang siap membantu.

5. Mencatat transaksi

Traveller yang bijak dan sadar anggaran, memang sudah sepatutnya memiliki anggaran yang dirinci atau ditulis dengan rapi. Agar tidak ribet, catat saja pengeluaran di smartphone dengan aplikasi yang bisa diunduh via Google Store. Memang boleh saja dicatat di kertas, tapi akan lebih ribet dan kurang rapi.  Jenis aplikasinya sudah sangat beragam kok! Dengan pencatatan ini, setidaknya Anda akan mengetahui sudah seberapa banyak uang yang dikeluarkan selama beberapa hari di luar negeri. Hal ini untuk menghindari kehabisan ongkos yang justru akan menyulitkan diri sendiri.

***

Jangan khawatir, bepergian ke luar negeri itu sangat menyenangkan dan juga hemat kok! Ingin yang lebih praktis dan hemat budget? Pastikan Anda sudah menghubungi agen travel wisata, Jari Adventure yang berpengalaman selama puluhan tahun melayani kebutuhan wisata dan perjalanan untuk destinasi seluruh Indonesia dan Asia Tenggara. Jari Adventure, mitra sejati perjalanan wisata Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.