Waktu-Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Bali

 

Wisatawan datang dan pergi sepanjang tahun dari pulau Bali. Namun, ketika memutuskan untuk pergi ke sana, itu tergantung pada jenis cuaca yang diinginkan, anggaran, dan budaya pulau yang ingin Anda lihat.

Kapan pun Anda memesan penerbangan, Bali memiliki sesuatu untuk ditawarkan. Musim ramai mungkin mendatangkan banyak orang, tetapi juga menghadirkan pesta-pesta terbaik. Musim hujan mungkin lebih basah, tetapi itu berarti Anda bisa menuju ke kuil terdekat guna melihat budaya pulau yang memesona ini.

Selanjutnya, perayaan dan festival budaya Bali bergantung pada kalender lunar, artinya tidak ada dua tahun yang sama. Berikut adalah panduan untuk menikmati Bali di sisa bulan-bulan terakhir tahun 2021 ini dan persiapan menyongsong awal 2022.

September

Masih musim kemarau, tapi tepat setelah badai turis, September adalah salah satu bulan terbaik untuk mengunjungi Bali. Ombaknya bagus, begitu juga cuacanya, dan harga-harga semakin murah. Festival Lovina biasanya terjadi selama bulan ini, jadi mengapa tidak pergi ke pantai utara di mana desa Lovina berada?

Perjalanan itu sepadan dengan jalan yang berangin, membelai hutan rimbun, ditambah lagi pemandangan dan beberapa tempat air terjun. September adalah bulan Balinale, Festival Film Internasional pulau di Kuta dan untuk penggemar festival musik, UltraBali dan Bestival berlangsung pada bulan September. Inilah waktu terbaik untuk berlibur.

Oktober

Musim hujan akan segera dimulai dan beberapa hari sudah basah di dataran tinggi bagian tengah. Namun, Ubud adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi pada bulan Oktober bagi pecinta makanan vegan dan pecinta buku.

Bali Vegan Festival, acara tahunan tiga hari yang diadakan di Paradiso Ubud dan jalan-jalan sekitarnya berlangsung bulan ini. Itu adalah perayaan kerajaan hewan, lingkungan dan bumi, terbuka untuk vegan dan yang ingin tahu tentang vegan.

Ubud Writers & Readers Festival diadakan pada akhir Oktober dan merupakan acara yang sempurna untuk menemukan buku-buku impian dan berpartisipasi dalam lokakarya penulisan kreatif.

 

baca juga:

5 Website Perjalanan yang Dapat Memberikan Anda Pengalaman Terbaik

 

November

November mungkin adalah bulan paling tenang di Bali. Waktu yang tepat bagi mereka yang datang ke sini untuk mengisi ulang energi, terhubung kembali, dan bersantai. Jadi mengapa tidak merayakan purnama kedasa (bulan purnama) seperti yang dilakukan banyak umat Hindu Bali?

Orang-orang membuat persembahan buah dan bunga, melafalkan mantra dan kitab suci, serta berdoa bersama, sering kali masyarakat setempat mengenakan pakaian tradisional. Kuil juga mengadakan upacara menghormati bulan purnama, kegiatan ini indah untuk mata dan jiwa.

Desember

Meskipun sedang musim hujan, Desember adalah bulan yang sibuk di Bali, karena liburan Natal dan Tahun Baru. Tapi ada lebih dari itu yang terjadi di Pulau Dewata. Saat itulah festival lentera Nusa Dua, di mana gedung-gedung menyala dan pulau dihiasi dengan lentera sesuai tema, berlangsung.

Rencanakan liburan serta akomodasi Anda sebelumnya, dan jika ingin berpetualang, pergilah ke pantai utara, tempat Festival Teluk Pemutaran berlangsung. Di sana diselenggarakan perayaan ekowisata, tarian, musik, dan makanan.

Januari

Dengan rata-rata 16 hari hujan, Januari adalah bulan terbasah dan “terdingin” di Bali. Curah hujan berubah tergantung pada daerah. Dataran tinggi tengah-utara memiliki lebih banyak hujan daripada pantai selatan.

Hujan deras biasanya terjadi pada sore hari. Disarankan untuk tidak berkendara saat itu terjadi karena jalanan mudah banjir. Selalu bawa jas hujan jika Anda bepergian dengan skuter. Jika ingin berselancar, ini mungkin bukan bulan terbaik. Namun, ada beberapa tempat selancar yang bagus di Serangan, Sanur dan Nusa Dua, di pantai timur pulau.

Februari

Ini adalah musim sepi, artinya lebih sedikit turis dan harga pun lebih baik. Jika Anda tinggal di pantai, bawalah bahan katun ringan dan pakaian yang menyerap keringat karena cuaca di luar bisa sangat basah.

Jika Anda menjelajah pedalaman, pastikan untuk membawa jaket karena cuaca menjadi dingin, terutama dengan hujan dan saat malam hari. Musim hujan di Bali berarti sungai-sungai menjadi penuh dengan air, dan sampah.

Setiap tahun, di bulan Februari, asosiasi One Island One Voice menyelenggarakan Bali’s Biggest Clean Up. Dengan sekitar 20.000 peserta, acara ini memiliki dampak besar dan bisa menjadi aktivitas tambahan selama liburan Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.