Yuk, Wisata Alam ke Danau Toba dengan Budget ala Backpacker

Indonesia memiliki tempat wisata yang tidak kalah cantik dan memikat dibandingkan negara-negara lain. Dengan banyaknya kekayaan alam dan budaya Indonesia menjadi nilai tambah yang dapat menarik perhatian banyak orang tak terkecuali wisatawan asing. Masyarakat indonesia pun patut bangga, karena Candi Borobudur pernah masuk dalam daftar tujuh keajaiban dunia yang masih dilestarikan hingga saat ini.

 

Tak hanya Borobudur saja, Indonesia masih punya banyak tempat wisata lain yang tak kalah bersejarah dan memiliki pemandangan yang indah. Misalnya Danau Toba yang berada di Sumatera Utara. Danau Toba adalah danau alami berukuran besar yang ada di kaldera gunung supervolcano. Menurut cerita, Danau ini adalah lokasi letusan gunung berapi super masif sekitar 69.000 sampai 77.000 tahun yang lalu. Sedangkan menurut tradisi dan budaya, Danau Toba terbentuk dengan disertai cerita legenda Pulau Samosir yang cukup terkenal.

 

Nah kalau kamu berkunjung ke Medan, tak ada salahnya kamu mengunjungi, Pulau Samosir yang berada di tengah-tengah Danau Toba. Dengan berada di Pulau Samosir ini kamu bisa menikmati pemandangan Danau Toba dari berbagai sisi. Hijaunya pegunungan dipercantik dengan warna biru air danau bisa kamu nikmati selama berada di pulau ini. Nah berikut beberapa tempat di sekitar Danau Toba yang bisa kamu nikmati.

 

1.   Pusuk Buhit

Gunung Pusuk Buhit ini adalah fenomena alam ajaib yang berada di Danau Toba karena di dalam gunung berapi ada gunung berapi super lainnya yaitu Pusuk Buhit ini. Berada di kawasan Pulau Samosir dan berada di kaldera pegunungan berapi super Toba, Gunung Pusuk Buhit ini menawarkan keindahannya dengan ciri khas tersendiri.

 

Saat kamu trekking di Gunung Pusuk Buhit, kamu akan melihat Toba dari ketinggian lebih dari 1.900 meter dari permukaan laut dan berhawa sejuk serta panorama yang luar biasa tentunya bisa kamu nikmati ketika berada di Gunung Pusuk Buhit.

 

2.   Paropo, Danau Toba

Bagi yang pernah ke Semeru dan menjumpai Ranu Kumbolo, kemudian berkunjung ke Paropo, pinggiran Danau Toba, mungkin akan teringat dan merasa sedang berada di tempat yang sama. Nuansa yang asyik dengan pemandangan gunung sebagai background dan perairan di depannya, sejenak mampu membius kita untuk melupakan lelah saat berada di kota.

 

3.   Parapat

Parapat merupakan sebuah kota yang akan dilewati sepanjang perjalanan menuju wisata Danau Toba dan berada di sekitar lokasi wisata. Sepanjang perjalanan kamu akan melihat monyet-monyet yang bebas berkeliaran di kota ini. Kamu bisa memberi makan atau sekedar mengabadikan foto bersama monyet-monyet yang lucu ini.

 

4.   Pulau Sibandang

Tak jauh dari Pulau Samosir, Pulau Sibandang ini berada di Muara Tapanuli Utara  dan dikelilingi oleh Danau Toba. Selain itu kamu bisa menikmati keindahan Danau Toba dari berbagai macam. Untuk mencapai pulau ini kamu bisa menyewa kapal yang sudah banyak disewakan oleh penduduk sekitar.

 

baca juga:

Kota Paling Cantik di Jepang, Jadi Pengen Berangkat Sekarang!

 

5.   Togging

Kalau kamu mengunjungi Desa Togging bagian utara , kamu akan menemukan objek Air Terjun Sipiso-piso yang merupakan air terjun tertinggi di Indonesia. Tak kalah menariknya lagi Togging memiliki pantai yang bernama Lumban Silintong Balige. Pantai ini berada di dekat Desa Lumbang Silintong Toba Samosir. Disini kamu bisa menikmati panorama tepian Danau Toba yang dilengkapi dengan deretan kafetaria yang bisa kamu coba.

 

Di desa ini pula kamu bisa melihat kemahiran anak-anak desa menyelam. Kamu biasa melempar koin ke dalam danau kemudian anak-anak akan menyelam untuk mendapatkan koin-koin yang dilempar tadi.

 

6.   Bukit Siadtratas

Di Bukit Siadtaratas ini kamu akan menjumpai jalan setapak. Lalu ikuti jalan tersebut kamu sampai ujung kamu akan menemukan pesisir Danau Toba dan puncak bukit. Ketika kamu melewati lintasan bukit Siadtaratas, kamu akan merasa terkesan dengan pemandangan yang ditawarkan Apalagi kalau kamu berada di puncaknya, kamu akan lebih leluasa.

 

7.   Negeri Bakkara

Berada di pinggiran barat daya Danau Toba, dan diapit oleh dua bukit mampu menghasilkan pemandangan yang luar biasa indah. Pada satu titik terkadang kamu bisa menyaksikan wilayah yang tertutup bayangan dari salah satu bukit yang ada di Danau Toba. Panorama yang cantik dan epic ini sangat sayang bila kamu melewatinya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.