Yuk Ngintip Negara Tentangga dari Dua Gunung Cantik di Pulau Bintan!

Gunung Bintan  – Anda seorang hiker? Pendaki pemula? Atau bingung ingin liburan ke mana? Ingin ngitip negara tetangga?Rasanya anda perlu mencicipi dua gunung cantik di Pulau Bintan ini. Belum lengkap jika anda berkunjung ke Pulau Bintan namun tidak mendaki dua gunung ini. Mau tahu betapa cantiknya gunung yang berada di antara pulau-pulau  ini? Simak ulasan berikut:

Letak Gunung Bintan

Gunung ini berada kampung Bekapur, desa Bintan Buyu, kecamatan Teluk Bintan.  Untuk dapat mencapai gunung ini anda dapat memulai perjalanan melewati Tanjung Pinang hingga kampung bekapur dengan jarak kurang lebih 55 km (kilometer). Dari kampung Bekapur anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk bisa sampai ke gerbang pendakian.

Anda tidak perlu banyak memakan waktu untuk bisa sampai ke puncak,  karena pendakian  gunung ini hanya menghabiskan waktu kurang lebih dua jam. Pasalnya gunung yang merupakan area resapan (catchment area) ini hanya memiliki tinggi kurang lebih 400 mdpl (meter di atas permukaan laut). Gunung Bintan juga merupakan kawasan hutan lindung yang masih terjaga ekosistemnya.

Pesona Gunung Bintan

Gunung Bintan ini merupakan gunung yang banyak di minati oleh para turis mancanegara, hal ini dikarenakan jarak tempuh yang tidak terlalu serta pemanangan dan ekosistem yang ada begitu mempesona. Banyak juga para wisatawan lokal yang  menginap di gunung. Di stop 6 terdapat lahan yang disediakan untuk camping. Nah di sinilah terdapat sungai yang konon ainya tidak kering sepanjang tahun.

Gunung Bintan yang mempesona ini akan menyuguhkan hal menarik selama perjalanan pendakian anda. Anda akan menemukan aneka jenis satwa seperti peladuk, monyet, burung dan sebagainya. Tidaknya hanya satwa liar namun juga berbagai macam  flora yang  tumbuh. Gunung Bintan ini meski terlihat imut namun memiliki pohon-pohon besar yang berfungsi sebagai penyangga atau buffer, sehingga mengurangi resiko erosi.

Tidak hanya sampai disitu, saat perjalanan anda telah sampai di puncak, anda dapat melihat panorama yang begitu indah. Anda bisa melihat dan menikmati sekeliling Pulau Bintan dan  negara tetangga seperti Malaysia dan Singapuradari puncak Gunung Bintan ini. Bagaimana? Anda penasaraan untuk mencobanya?

Air Terjun Gunung Bintan

Gunung Bintan nan imut  ini lagi-lagi memiliki satu tempat yang  perlu dikunjungi sebagai pelengkap perjalanan anda. Anda bisa menuju Air Terjun Gunung Bintan yang  memiliki air yang  jernih dan segar.

Oleh-oleh buah Durian

Kawasan kaki Gunung Bintan dimanfaatkan sebagai lahan pertanian oleh masyarakat setempat. Para petani menanam berbagai jenis buah-buahan dan sayur, seperti durian, manggis, rambutan dan lain-lain. Nah tempat ini sangat cocok bagi anda yang merupakan penyuka buah durian, anda dapat membeli buah durian dengan harga jauh lebih murah.

Gunung Lengkuas dan Panoramanya.

Berbicara dan mengunjungi tentang Gunung Bintan maka kurang lengkap jika anda belum mengenal dan mengunjungi gunung yang satu ini yaitu Gunung Lengkuas. Untuk bisa sampai ke tempat ini anda bisa menempuh perjalanan dari Tanjung Pinang hingga menemukan pertigaan sebelum sebuah masjid Nurul Huda di kelurahan Gunung Lengkuas, selanjutnya anda dapat berbelok ke sebelah kanan. Hingga sejauh 500 meter ke depan anda  akan menemukan plang ‘Gang Wisata’ . Dari sini perjalanan anda tinggal kurang lebih 1 km (kilometer). Setelah sampai di tempat parkiran anda bisa meninggalkan kendaraan anda dan berjalan sejauh kurang lebih 800 meter.

Baca juga: Pesona 4 Pulau Cantik Di Pulau Karimun

 

Gunung yang  terletak di antara Tanjung Pinang dan Kijang ini memiliki tinggi 200 meter. Namun Gunung Lengkuas ini memiliki keindahan yang tersembunyi dan bernilai seni. Gunung Lengkuas ini memiliki air terjun yang bernilai seni, air terjun tersebut mengalir melewati bebatuan yang tersusun menjadi tiga bagian

Meskipun debit air terjun tidak sederas Air Terjun di pegunungan di Jawa Timur, namun air terjun ini tak kalah menyejukkan. Pasalnya di bawah terdapat kolam yang dapat digunakan untuk berenang menikmati sejuknya air terjun.

Gunung Lengkuas ini memang masih perawan terlihat dengan banyaknya tumbuhan yang hidup dengan baik serta ekosistem yang masih terjaga. Meski gunung ini lebih tepat dikatakan sebagai bukit namun tak ada salahnya bagi anda para pendaki pemula untuk menikmati pendakian di Gunung Lengkuas. Kendati masih asri dan belum banyak wisatawan yang berkunjung, dihimbau kepada masyarakat maupun para pendaki untuk tetap melestarikan lingkungan alam yang ada di sekitar Gunung Lengkuas.

Demikian uraian tentang dua gunung cantik di Pulau Bintan. Dua Gunung di sekitar pulau-pulau di Pronvisis Kepulauan Riau ini.

Anda tertarik? Selamat mencoba pendakian dan hubungi agen travel wisata kami untuk mengakomodir perjalanan adventure Anda. Semoga liburan anda menyenangkan. (Jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *