Danau Sentarum, Kawasan Wisata dan Belajar Eco Friendly

Danau Sentarum – Apakah anda sudah menyiapkan kemana liburan anda kali ini? Sudah buat daftar rincian pejalanan kemana saja?Nah, kali ini, cobalah anda memasukan Kalimantan Barat sebagai daftar liburan anda. Pasalnya, di Kota Khatulistiwa ini terdapat sebuah danau yang memiliki keragaman keunikan dan keindahan. Penasaran? Yuk simak sama-sama!

Rute Menuju Danau

Danau yang memilki nama Sentarum merupakan sebuah danau yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Nah, untuk bisa menikmati keindahan danau ini anda bisa menempuh jalur darat selama kurang lebih 18-21 jam dari Pontianak atau bisa melewati Sarawak, Malaisya dengan lama pejalanan kurang lebih 12-14 jam.

Jangan khawatir anda juga bisa melewati jalur udara lho yang hanya menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam dari Pontianak menuju Kabupaten Putusibbau dan kemudian dilanjutkan perjalanan darat menuju Lanjak selama kurang lebih dua jam. Sebenarnya ada banyak rute untuk bisa sampai ke danau ini, apalagi bagi anda para traveler  atau backpacker yang berjiwa petualang. Anda bisa menyusuri sungai Kapuas untuk bisa sampai ke tempat ini.

Keindahan Danau Sentarum

Danau yang merupakan salah satu kawasan cagar alam yang masuk ke dalam daftar Taman Nasional Danau sentarum (TNDS). Sebagaimana dilansir di laman dreamindonesia.me danau ini memiliki luas kurang lebih 132.000 hektar. Danau yang terbentuk melalui proses alam (tektonik) menyimpan keindahan yang hanya ditemukan di Kalimantan Barat.

Danau Sentarum yang merupakan danau air tawar ini terdiri dari bagian rawa yang tergenang air dan bagian daratan . Kawasan Danau Sentarum sendiri merupakan kawasan yang memiliki luas lahan terbersar di Asia Tenggara. Uniknya dalam setiap tahunnya kurang lebih selama 10 bulan danau ini akan dipenuhi air, sedang sisanya danau akan kering layaknya lapangan golf  yang hanya menyisakan  alur sungai kecil di tengah.

Di danau ini anda akan berjumpa dengan jenis flora dan fauna yang mungkin di sebagian sudah tidak ditemukan keberadaanya atau bahkan tidak ditemukan di daerah lain seperti misalnya Ikan Arwana dan ikan-ikan lain yang bernilai ekonomis serta bernilai jual tinggi di kancah pasar Internasional.

Ada yang lebih menarik dari danau yang acapkali menjadi tempat penelitian serta destinasi wisatawan mancanegara ini Kalimantan ini.  Selain menikmati keindahan Danau Sentarum saat melihat mentari terbit atau sekedar bersantai menatap senja, anda juga bisa belajar dan melihat kehidupan masyarakat suku Dayak Iban, Sontas, Sebaruk, Punan yang tentunya masih hidup tradisional. Anda juga mengunjungi Rumah Betang yang merupakan rumah adat dihuni oleh 15 hingga 30 kepala keluarga.

Tidak hanya itu , saat anda berlibur di ujung pulau, anda tentu juga bisa mengunjungi perkampungan nelayan yang rata-rata dihuni oleh masyarakat suku Melayu dan anda bisa

melihat aktifitas masyarakat seperti bertani, berkebun dan menangkap ikan.

Baca Juga: Obyek Wisata Pulau Maratua – Berau, Kaltim Yang Menawan

Di tengah-tengah danau ini anda bisa melihat sebuah pulau yang diberi nama pulau Melayu, unik bukan? Pulau ini terdapat sebuah batu yang merupakan tempat duduk seorang putri Melayu yang melarikan diri saat perang antar suku. Dari atas pulau ini anda bisa menyaksikan keindahan seluruh Danau Sentarum.

 

Satu lagi yang mungkin tidak bisa anda lewatkan, jika anda adalah Bird lover  kawasan ini sangat cocok anda kunjungi. Pasalnya di sini anda dapat melihat buruk Rangkong yang merupakan icon masyarakat Dayak. Tidak hanya itu ada sekitar 20% jenis burung di Indonesia.

 

Fasilitas  dan Souvenir Wisata

Untuk fasilitas, anda tidak perlu khawatir karena di sini terdapat penginap kelas Melati di Lanjak atau jika anda adalah backpacker , anda bisa menginap di rumah penduduk sekitar. Selain itu anda juga bisa menginap di penginapan terapung (lanting) di sekitar danau.

 

Nah, jika anda berkunjung ke kawasan ini jangan lupa untuk membawa pulang madu asli yang diperoleh dari hutan Danau Sentarum, Kerupuk Basah, Ikan Asin khas Kalimantan, pernak-pernik suku Dayak. (jari adventure –det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *