Yuk Berwisata ke Jembatan Busung

jembatan busung – Sebagian orang pasti bertanya-tanya, “ngapain wisata ke jembatan, kayak nggak ada tempat lain?” Pasalnya memang begitu. Tapi anda perlu coba sekali-kali dan merasakan sebentar sensasi ketika berhenti sejenak di area penghubung yang disebut jembatan ini. Jembatan sudah pasti bisa kita temui di mana saja di Indonesia, mulai dari yang terbuat dari kayu hingga yang sekokoh Suramadu. Dari yang hanya terbangun di atas sungai kecil hingga yang di atas lautan. Ternyata tidak perlu jauh-jauh pergi ke Gateway Amerika Serikat ataupun London Bridge untuk menikmati keindahan pesona wisata perairan di atas jembatan.

Nama unik Busung

Kalau anda berlibur ke Pulau Bintan, singgahlah ke Desa Busung. Busung?? Eits, jangan berpikir kalauarti desa ini sama dengan‘busung lapar’ loh. Dari sekian nama-nama desa yang unik di Pulau Bintan ini, Busung adalah yang paling unik namanya. Desa Busung ini terletak di kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan mayoritas masyarakat Melayu tentunya. Nah, di Busung inilah terdapat tempat jembatan yang dijadikan tempat wisata yaitu Jembatan Busung atau Busung Bridge’.

Jembatan Busung [Busung Bridge] ini berada dekat dengan Kota Tanjung Pinang, Johor dan Sinagpura. Memiliki titik koordinat 1°1’34″N   104°20’22″E

Sekedar info berdasarkan Studi Ekskursi Jembatan Lintas Barat – Bintan Tanjung Pinang oleh Himpunan Mahasiswa Universitas Riau menjelaskan bahwa Jembatan Busung [Busung Bridge]memiliki panjang kurang lebih 290 meter dengan tinggi ruang kurang lebih 10 meter. Jembatan Busung terdiri dari satu bentang dengan bahan rangka terbuat dari baja.

Keindahan jembatan busung

Jembatan Busung [Busung Bridge] menjadi salah satu ikon di desa ini. Anda bisa menikmati keindahan perairan di bawah dan anda bisa menikamati pemandangan nelayan yang hilir mudik pulang mencari ikan serta rutinitas keluarga nelayan yang terkadang sibuk mengecat perahu atau membersihkan ikan dan sebagainya. Tidak hanya siang hari, di malam hari anda juga bisa melihat keindahan Jembatan Busung [Busung Bridge]. Di sekitar jembatan juga terdapat beberapa kafe yang bisa dijadikan untuk tempat bersantai sambil menikmati semilir angin. Dari jembatan ini  anda juga bisa menikamti sunrise dan sunset loh. Indah kan?

 

Nah, siapa bilang jembatan nggak bisa jadi tempat wisata?Tentunya untuk sekedar mencuci mata, menghilangkan kejenuhan dan kepenatan.

Desa Busung memang menyimpan banyak keindahan. Jika anda Ke Pulau Bintan maka nikmatilah setiap sensasi keindahan alam yang dipamerkan oleh Desa Busung ini. Nah, kalau anda sudah puas bersantai-santai menikamati pesona Jembatan Busung, anda juga bisa mengujung tempat lain yang sama menariknya seperti misalnya Gongseng.

Gongseng

Gongseng merupakan ceruk bekas galian tambang pasir  yang berwarna tosca, bisa dibilang Gongseng ini mirip danau. Namun bukan danau yang terbentuk seraca alami tentunya. Di sini anda bisa menikmati pepohon hijau yang mengelilingi Gongseng. Sekilas info, Gongseng ini sacara administratif masuk desa Kuala Sempang. Namun karena berdekatan dengan Busung, Gongseng seperti berada di Desa Busung.

Baca juga : Pantai Tanjung Tinggi, Destinasi Wisata Terpopuler Belitung

Nggak cuman Jembatan Busung [Busung Bridge]dan Gongseng saja yang ada di Busung. Pernah dengar berita yang lagi hits tetang Bukit Pasir. Nah, Busung tempatnya. Bukit Pasir ini berada di jalan Tanjung Pinang-Bintan di sebelah kiri jalan kurang lebih 40-60 menit perjalanan anda akan segera bertembu bukit ini. Konon Bukit ini berasal dari penambangan bauksit. Warana pasir bukit ini terlihat sedikit mengungin dan saat tengah hari pasir akan terlihat lebih merona. Ada juga  Kampung Arang atau Kampung Tua yang memiliki rumah-rumah adat berbentuk kerucut hampir mirip rumah adat Papua ‘Honai’.

Bandara mini

Anda tidak perlu khawatir jika ingin langsung datang ke Desa Busung ini tanpa melakukan penyeberangan via laut. Karena sedang dilakukan pembangunan bandara yang berlokasi di Desa Busung, kecamatan Seri Kuala Lobam sedang dalam pembuatan runway [Landasan pacu] dan akan selesai pada 2017 mendatang (Tribun Batam, 2015).

Nah, menarik bukan?Berawal dari berwisata ke Jembatan Busung [Busung Bridge] anda bisa menemukan banyak tempat menarik di Desa Busung. Yuk berwisata ke Jembatan Busung [Busung Bridge].

Semoga informasi di atas bisa menambah refrensi perjalanan anda untuk berlibur ya. Selamat berlibur ya. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *