Yuk Berkunjung Ke Pulau Tambelan

Jika anda beachhopping [penyuka pantai] nampaknya Pulau Tambelan merupakan tempat yang cocok untuk anda kunjungi. Pulau yang berada terpisah dari kota kabupaten Bintan ini merupakan sebuah kecamatan dengan 84 buah pulau. Uniknya pulau ini justru terletak lebih dekat dengan Provinsi Kalimantan Barat sebelah utara khatulistiwa tepat di Laut Cina Selatan dengan jarak tempuh Tambelan ke Sintete kurang lebih enam jam menggunakan kapal. Sedangkan ke Kota Tanjung Pinang, justru membutuhkan waktu kurang lebih 12 jam hingga 20 jam. Tidak ada penjelasan khusus kenapa Pulau Tambelan ini justru menjadi bagian dari Kepulauan Riau dan bukan bagian Provinsi Kalimantan Barat

Anda bisa memulai rute perjalanan dari Pelabuhan Sri Bayitan Kota Kijang menuju Pulau Tambelan menggunakan kapal cepat selanjutnya perlayaran akan berhenti di pelabuhan Pulau Tambelan Besar kemudian dilanjutkan dengan kapal-kapal kayu.Anda juga bisa memulai perjalanan anda dari Sintete, Kalimantan Barat yang hanya memakan waktu lebih cepat. Nah, selama pejalanan anda akan disuguh pemandangan yang begitu asri nan hijau dari sekitar pulau-pulau.

Anda pasti penasaran bagaiamana mulanya pulau ini ada. Yuk simak dulu bagaimana awal mula adanya pulau ini! Kalau kata pepatah ‘Tak kenal maka tak sayang’ sebelum jalan-jalan dan nggak mau pulang dari pulau ini ada baiknya kenalan dulu.

Kecamatan Ini Dulunya Bernama Pulau Sabde

Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan ini memiliki andil dalam sejarah Kerajaan Johor Riau selama masa Sultan Johor VII Sultan Abdullah Ma’ayat Syah. Nama Tambelan ini awalnya diberi nama Pulau Sabde.

Jika anda ke pulau ini anda juga bisa berziarah ke makam Sultan Johor VII Sultan Abdullah Ma’ayat Syah loh. Karena Sultan Johor VII Sultan Abdullah Ma’ayat Syah akhirnya di makamkan di pulau ini. Sekilas info, di makam beliau dibagun kubu-kubu pertahanan. Benteng pertahanan ini mengelilingi makam hingga ke Padang Keluntak [Bukt Tempurung] yang disebut sebagai Kubu Aur Berduri, kubu ini mengarah ke timur dan diberi nama kubu pertahanan Teluk Abik. Sedangkan sebelahSelatan ada Kubu Sei Penolak [Kubu Air Terbarung]. Nah, di sini juga terdapat Meriam Tua yang berhasil dirampas dari orang Portugis.

Gugusan Kepulauan Tambelan

Kepulauan Tambelan ini merupakan gugusan pulau-pulau loh. Nah, pulau-pulau kecil ini berjejer sepanjang teluk dengan perairan yang tenang sehingga terhindar dari hempasan ombak. Jika beruntung nih, saat perjalanan menuju Pulau Tambelan anda akan melihat lumba-lumba yang  berenang di dekat kapal.

Pulau-pulau ini ditumbuhi banyak pepohon hijau nan rimbun dan gugusan karang yang berjejer di sana. Anda juga bisa menikmati pegunungan yang bisa menyegarkan mata. Salah satu gunung tertinggi yang juga bisa ada kunjungi di kecamatan ini adalah Gunun Kute.

Bagaimana menarikkan?

 

Baca Juga : Wow Lengkuas Bukan Bumbu Masakan! Ternyata Air Terjun Gunung

 

Uniknya menginap di Pulau Tambelan

Dari 84 pulau di kecamatan Tambelan ini, hanya dua pulau yang berpenghuni loh. Tapi anda jangan bingung dan khawatir untuk masalah penginapan. Anda bisa menyewa kamar dari rumah-rumah penduduk. Namun jika anda ingin menikmati kesunyian pulau-pulau kecil di sini anda bisa membwa tenda sendiri. Eits, tapi tetap waspada ya!Karena banyak sekali nyamuk.

Perlu diingat, jika anda menyewa kamar maka bisa sekaligus dengan biaya makan. Jadi anda tidak perlu repot-repot mencari rumah makan, karena di Tambelan jarang sekali dijumpai warung-warung makan. Nah, jika anda sekaligus menyewa kamar dan biaya makan sudah dipastikan anda akan disuguhkan hidangan khas Pulau Tambelan seperti Kakap merah pedas, sop Bawal, kari Ikan Tongkol Tambelan yang lezat mirip dengan Sate Padang. Ada lagi loh makan khas Tambelan yaitu Bingke Tambelan. Bingke Tambelan ini dimakan dengan pisang goreng dan rasanya sangat manis.

Jangan Lupa Berenang di Pulau Tambelan

Anda punya hobi swimming, kalau iya cobalah untuk berenang di laut jernih Tambelan tepatnya di Laguna Tambelan. Anda bisa meluncur ke Tanjung Ayam, sebuah perairan yang banyak terumbu karang.  Nah, jika anda belum bisa berenang jangan takut, saat pasang ketinggian air hanya mencapai kurang lebih 80 cm dan jika keadaan biasa hanya setinggi 50 cm. Anda benar-benar bisa menikmati pemandangan bawah laut sesekali akan ada bintang laut warna biru muncul loh, hati-hati juga dengan Bulu Babi ya! Tapi ingat kalau anda berenang jangan menginjak atau merusak terumbu karang ya!

Jangan lupa pula untuk berkunjung melihat Penyu di Tambelan ini. Karena hanya 4 pulau di Tambelan yang tidak dikunjungi Penyu untuk bertelur yaitu Pulau Betunda, Pulau Kera, Pulau Semut dan Pulau Tukong Berlayar. Bagaimana menarik bukan?Semoga bisa menjadi acuan perjalanan anda. Yuk berkunjung ke Pulau Tambelan. Segera!

Selamat berlibur di Pulau Tambelan! (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *