Wow Lengkuas Bukan Bumbu Masakan! Ternyata Air Terjun Gunung

Air Terjun Gunung Lengkuas– Para Ibu-ibu pasti sering sekali mendengar istilah lengkuas atau yang dalam bahasa jawa dikenal dengan sebutan laos. Lengkuas atau laos yang merupakan salah satu bumbu rempahan andalan saat memasak daging, soto, rendang dan sebagainya ternyata bukan hanya sekedar bumbu namun ternyata merupakan air terjun. Penasaran??? Simak yuk ulasan tentang air terjun unik ini.

Masih tentang waterfall loving (pencinta air terjun), kali ini benar-benar kurang lengkap jika anda berlibur ke Kepulauan Riau namun belum mengunjungi air terjun super unik ini. Apalagi jika anda sudah berkunjung ke Air Terjung Gunung Bintan namun belum mencicipi air terjun yang satu ini, rasanya pasti kurang. Biasanya air terjun sangat identik dengan suara jatuhnya air dari atas ke bawah, seperti Air Terjun Rondo (Cuban Rondo) di Malang Jawa Timur atau Air Terjun Grojokan Sewu di Gunung Lawu yang menghasilkan air terjun yang cukup besar.

Menurut A.P Krueger dari Jerman menjelaskan list tingkat konsetrasi ion negatif pada lingkungan berbeda. Untuk air terjun memiliki ion negatif 95.000-450.000, menghirup ion negatif sendiri dapat menurunkan menetralkan Superoksida dalam darah, melegakan sakit yang berhubungan dengan pernafasan, anti polutan dan sterilisator, mengurangi stress, membunuh bakteri negatif serta virus [Sumber: doktersehat.com]

Air terjun yang masih asri

Air terjun yang masih terlihat perawan ini berada di Pulau Bintan yang di Bintan Timur. Tepat berada di antara Tanjung Pinang dan Kijang di bawah kaki Gunung Lengkuas. Gunung Lengkuas merupakan bukit yang memiliki tinggi kurang lebih 200 meter sehingga debit air terjun yang dihasilkan tidak besar yang melewati bebatuan layaknya susunan tangga yang mencapai tinggi kurang lebih 50 meter.

Nah di sinilah sisi keunikan Air Terjun Gunung Lengkuas, tersusun bertangga-tangga dengan tiga bagian di mana masing-masing berukuran kurang lebih 5 meter.

Pesona Air Terjun Gunung Lengkuas

Di samping kanan dan kiri air terjun terdapat banyak sekali tumbuhan dan di kelilingi pepohonan yang rindang. Sekilas Air Terjun Gunung Lengkuas ini tanpa begitu besahaja dan sejuk. Di sekitar air terjun ini tidak hanya dihuni oleh bermacam-macam flora, banyak juga fauna seperti burung. Anda bisa menikmati panorama di sekitar sambil mendengarkan kicauan merdu burung-burung Gunung Lengkuas. Kondisi yang masih sangat asri terlihat dari tumbuhan yang berdiri tegak di antara celah-celah batu di pinggir air terjun.

Air Terjun Lengkuas juga memiliki air yang jernih dan segar mengalir, menjejal dan menikmati bebatuan hingga berkumpul di kolam bawah. Di kolam bawah inilah yang menjadi tempat para wisatawan menikmati kesegaran Air Terjun Gunung Lengkuas sambil berenang. Meski udara panas namun jika anda sudah berenang atau sekedar bercuci muka dengan air terjun ini akan terasa segar kembali.

 

Baca Juga : Liburan di Medan? Pilih Tempat Wisata Ini

 

Tips Menikmati Air Terjun Gunung Lengkuas

Ada beberapa tips yang bias anda lakukan menurut beberapa refrensi, jika anda ingin berkunjung kesini bisa datang saat musim hujan. Karena air yang mengalir akan sangat deras dan air di kolam akan sangat berlimpah.

Akses Transportasi

Untuk bisa menikmati pemandangan asri ini anda bisa menggunakan kendaraan beroda dua ataupun empat. Rute perjalanan di mulai dari Kapupaten Bintan Timur, sekitar 22 km dari Tanjung Pinang. Setelah bertemu pertigaan yang berjarak sekitar kurang lebih 500 meter dari masjid Nurul Huda (Kelurahan Gunung Lengkuas) anda bisa berbelok ke kanan dan berjarak kurang lebih 1 km dari plang ‘Gang Wisata’ yang berada di sebelah kanan. Di sini anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang asri dan kebun para petani yang menanam sayur-mayur.  Dari lokasi parkiran anda harus berjalan kurang lebih 800 meter untuk bisa mencapai lokasi Air Terjun Bintan.

Nah bagi Anda yang ingin sejenak menyegarkan fikiran dari hiruk pikuk keramaian kota. Atau ntuk sekedar menghirup ion-ion negatif dari pegungungan air terjun, Air Terjun Gunung Lengkuas sangat cocok untuk Anda kunjungi. Mau mencoba?

Semoga liburan Anda menyenangkan! (jari adventure-det-image:jalankemanagitu.com)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.