Wow, Jogjakarta Punya Kolam Alami Dua Warna Berselimut Kabut

Jogjakarta selalu memberikan keindahan alam yang sangat mengagumkan. Mulai dari pantai, gunung, air terjun, dan masih banyak lagi. Kali ini kita akan membahas tentang Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo. Air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter di atas permukaan laut. Orang sekitar menyebutnya dengan Curug Kedung Pedut, dalam bahasa jawa curug artinya air terjun, kedung berarti kubangan atau kolam, dan pedut artinya kabut.

Kedung Pedut letaknya tersembunyi di deretan Pegunungan Menoreh, tepatnya di Kabupaten Kulon Progo. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki warna yang berbeda di tiap kedungnya. Ada yang berwarna biru tosca dan putih jernih. Ini membuat wisatawan tak dapat menahan diri untuk berenang di sini.

Kolam Alami

Kedung Pedut ini terdiri dari beberapa kolam alami. Kedung Pedut memiliki beberapa kedung yang berbeda, yaitu Kedung Merak, Kedung Merang, Kedung Lanang, Kedung Wedok, dan Kedung Anyes. Kedung-kedung tersebut memiliki kedalaman yang berbeda mulai 2 hingga 5 meter. Anda bisa berenang di kola tersebut dengan suasana yang asri dan segar.

Kedung pedut sendiri sebenarnya msih satu aliran dengan wisata alam yang lain nya, seperti wisata alam Air Terjun Kembang Soka yang memiliki air terjun bertingkat dan Tuk Mudal atau mata air mudal yang menjadi sumber air alami bagi Air Terjun Kembang Soka dan Kedung Pedut.

Ditemukannya Air Terjun Kedung Pedut

Dulunya kawasan ini hanya dianggap kawasan mistik semata. Pada 2013 silam datang mahasiswa KKN yang terpesona dengan keindahan riam-riam yang ada. Setelah itu Air Terjun ini mulai terkenal di media sosial. Akhirnya warga Dusun Kembang pun memutuskan untuk lebih serius mengelola tempat tersebut sebagai destinasi wisata baru.

Warga membuat jalan setapak hampir 500 meter menyusur tebing menuju pinggir tepi sungai agar wisatawan yang ingin menyaksikan panorama lembah bersungai dan air terjun. Jalan itu bentuk tangga alam dari tanah keras, batu, ataulah gelondongan bambu. Demi keamanan warga juga membangun pembatas.

Modal pembangunan awalnya berasal dari swadaya masyarakat dibantu dengan oraktisi pariwisata hingga kelompok mahasiswa. Semua fasilitas di destinasi ini dibangun melewati 22 bidang tanah milik warga. Pemilik lahan kemudian akan mendapatkan bagi hasil secara adil per triwulannya.

Kini Kedung Pedut semakin berkembang dengan beberapa warung makan dengan harga yang murah, toilet yang bersih, gazebo-gazebo cantik, gardu pandang, hingga mushola. Harga yang ditawarkan oleh warung-warung di sini juga murah dan seragam. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan menghabiskan uang banyak jika berkunjung ke sini.

Baca juga:

Pantai Pink Hingga Planet Krypton Superman, 6 Tempat Wisata Indonesia Rasa “Luar Negeri”

 

Perjalanan Menantang

Kedung Pedut dekat dengan Kota Wates, ibukota Kulonprogo, hanya berjarak 16 km. Untuk mencapai air terjun Anda harus melewati jalan yang menanjak dan sempit. Walaupun sempit mobil tetap bisa masuk, gunakanlah kendaraan yang sekiranya kuat untuk melewati tanjakan yang panjang.

Setelah Anda memarkir kendaraan, Anda akan jalan sejauh 200 meter untuk bisa sampai di lokasi air terjun. Akses jalan yang dilalui akan berbatu dan melewati perkebunan-perkebunan penduduk. Suasana dan pemandangannya sangatlah asri dan sejuk.

Area parkir di Kedung Pedut cukup luas dan aman. Biaya parkirnya sangatlah murah. Anda hanya perlu mengeluarkan uang banyak-banyak, cukup Rp3.000,00 untuk sepeda motor dan Rp6.000,00 untuk mobil. Dan harga tiket masuk sebesar Rp10.000,00 per orangnya.

Berlibur untuk sekedar menghilangkan kepenatan dan menyegarkan pikiran tidak perlulah jauh-jauh ke luar negeri atau menghabiskan kocek yang banyak. Dengan harga murah dan tempat yang mudah dijangkau sudah bisa memanjakan jiwa dan raga kita. Satu hal yang harus kita ingat saat mengunjungi tempat wisata, terutama wisata alam adalah tidak merusak ekosistem yang ada di sana.

Jangan lewatkan berenang di kolam alami dengan suasana asri dan tenang di Air Terjun Kedung Pedut. Pastikan perjalanan Anda ke tempat wisata berjalan dengan aman dan nyaman. Tentunya dengan menggunakan agen travel wisata yang sudah berpengalaman. Bingung cari agen travel di mana? Jari Adventure-lah solusinya. Selamat berlibur.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.