Wisata Yogyakarta Saat Musim Hujan, Gerimis Romantis!

Musim hujan biasanya menjadi salah satu penghalang saat akan pergi travelling. Destinasi wisata menarik yang aman dari musim hujan nyatanya lebih sulit ditemukan.

Padahal, ada beragam tempat wisata indoor yang bisa Anda kunjungi saat musim hujan datang, seperti galeri seni, spot berfoto hingga museum.

Jika Anda sedang berkunjung ke Yogyakarta, tak perlu khawatir untuk berwisata selama musim hujan. Yogyakarta punya segalanya! Berikut destinasi wisata Yogyakarta saat musim hujan yang harus Anda kunjungi.

 

  1. Ullen Sentalu

Museum yang satu ini menyimpan kisah pecahnya Kerajaan Mataram Indonesia yang menjadi dua keraton, yakni Solo dan Yogyakarta.

Uniknya, Anda akan didampingi pemandu wisata yang siap menceritakan sejarah menyenangkan mengenai seluk beluk Kerajaan Mataram.

Namun, Anda tidak boleh sembarangan untuk berfoto saat berkunjung, ya! Museum Ullen Sentalu terletak di Jalan Boyong KM 25, Kawasan Kaliurang, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Hanya dengan 20-40 ribu saja, Anda sudah dapat berkunjung di jam 08.30 hingga 16.00 WIB.

 

  1. Museum Gunung Api Merapi

Sesuai namanya, Anda akan mendapatkan sejarah mengenai dibalik letusan Gunung Merapi. Mulai dari proses meletusnya gunung, peralatan yang digunakan, sisa harta hingga koleksi foto.

Selain itu, Anda akan diajak untuk menonton film mengenai Gunung Merapi sepanjang 24 menit dalam teater mini, lho!

Museum ini bisa Anda kunjungi di Jalan Kaliurang, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman di jam 08.00 hingga 15.30. Tiket masuknya hanya dibandrol dengan harga 5-10 ribu saja.

 

  1. Langgeng Art Space

Langgeng Art Space kerap menjadi lokasi pameran seni kontemporer yang sangat artistic. Bila tidak ada pameran, maka koleksinya tak sebanyak saat pameran. Namun, Anda bisa bersantai di kafe.

Langgeng Art Space bisa Anda kunjungi di Jalan Suryodiningratan Nomor 37, Kelurahan Suryodiningratan, Kecamatan Mantrijeron di jam 10 pagi hingga 6 sore. Harganya? Gratis!

 

  1. Up Side Down World Jogja

Bila Anda ingin berfoto di tempat instagramable, maka datanglah ke Up Side Down World. Spot foto di sini serba terbalik, lho!

Lokasinya berada di Jalan Ring Road Utara, Kelurahan Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Bika pada jam 9 pagi hingga 7 malam dengan tiket seharga 25-80 ribu rupiah.

 

  1. Sangkring Art Space

Selain beberapa galeri seni di atas, ada juga Sangkring Art Space, lokasi terbaik untuk menikmati pameran seni kontemporer sambil ngopi di kafe.

Di sini juga sering diadakan diskusi dengan para seniman, lho! Berada di Jalan Nitiprayan Nomor 88, Kelurahan Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Bantul. Anda bisa masuk tanpa dipungut biaya apapun!

baca juga:

Liburan Akhir Tahun Impian! 5 Tempat Wisata di Jepang Terbaik Saat Musim Dingin

 

  1. Museum De Mata

Di dalam Museum De Mata, terdapat De Arca dan De Walik. Untuk museum De Arca, di dalamnya terdapat berbagai patung lilin para tokoh popular.

Sedangkan di De Walik, sesuai namanya, Anda akan berfoto di tempat yang serba terbalik. Design tiga dimensinya terlihat sangat nyata.

Museum ini bisa Anda kunjungi di XT Square, Jalan Veteran Nomor 150-151, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo di jam 10 pagi hingga 6 sore.

 

  1. Jogja Galery

Satu lagi gallery seni yang menarik banyak peminat, Jogja Gallery memiliki banyak daya Tarik mulai dari pameran lukisan, seni rupa 3D, serta menonton film documenter.

Tersedia berbagai jenis lukisan mulai abstrak hingga futuristic, sedangkan tersedia banyak patung dan instalasi menarik untuk seni rupa 3D.

Film dokumenternya bercerita mengenai perjuangan Kota Yogyakarta.

Jogja Gallery berada di Jalan Pekapalan Nomor 7, Kelurahan Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan.

 

  1. Museum Affandi

Sesuai namanya, museum ini mengangkat nama salah satu pelukis ekspresionis dari Indonesia yang mendunia.

Museum ini menceritakan perjalanan hidup seorang Affandi hingga berbagai karyanya. Anda juga dapat mengikuti latihan melukis yang terletak di Studio Sorrandu Museum Affandi.

Museum ini bisa Anda kunjungi di Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167, Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Itulah beberapa destinasi Yoyakarta yang bisa Anda kunjungi selama musim hujan, Tidak perlu khawatir kehujanan dan tak akan mengganggu travelling Anda. Selain itu, bisa menambah wawasan mengenai kota Yogyakarta yang penuh sejarah.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.